Dimana Baiknya Menyimpan Dana Darurat

created
17 Sep 14
last post
11 Jul 17
10 users 26099 views 15 posts

 Share topic

       

post #1
17 Sep 14
babyblue

Hai mau nanya dong, sebenarnya mau nanya di thread dana darurat sebelah, tapi lagi ada yang ngeyel jadi mending buat baru aja.

Kan gw baru tau berapa besar dana darurat yang harus gue punya, nah pertanyaan selanjutnya adalah dimana nih baiknya duitnya disimpen?

 Share post

       

post #2
17 Sep 14
cookiegirl

Kebetulaaann.. mau tau juga dong. Sebenernya selama ini dana darurat aku simpan di tabungan aja. Trus tiba-tiba baca artikel liveolive yang lama. Katanya hal paling buruk yang bisa kita lakukan terhadap uang kita adalah ditabung di bank.. ah trus gimana dong >.<

 Share post

       

post #3
17 Sep 14
kateyes

Gw bukan mau jawab pertanyaan soal dana darurat hehe, mau minta link artikel yang disebutin sama cookie.. maaf yaa :p

 Share post

       

post #4
17 Sep 14
cookiegirl

Yaahhh.. kirain mau jawab soal dana darurat :p ini nih link artikelnya: http://ow.ly/tqKyc

 Share post

       

post #5
17 Sep 14
babyblue

Belum ada yang jawab nih, ayo dong.. masa ga ada yang ngerti nih.. ga mungkin kan :p ulang deh sapa tau ada yang mau jawab sekarang. Kalau dana darurat tuh baiknya disimpan di tabungan apa diinvestasikan yah? Kalo diinvestasikan, sebaiknya diinstrumen apaan?

 Share post

       

post #6
17 Sep 14
sangdewi

Hahaha.. tau aja sih kalau disebelah lagi ada yang ngeyel, makanya kabur kesini aja. Bantu jawabin nih. Seperti yang aku jelasin tadi, dana darurat itu sifatnya harus likuid alias mudah dicairkan,jadi ya memang harus ada yang di tabungan biasa, tapi ga semua!

 Share post

       

post #7
17 Sep 14
babyblue

trus kalau emang ga boleh semua ditaro di tabungan, di pencarnya gimana? Maksudnya disimpan dalam instrumen apa? Yang tepat yah..

 Share post

       

post #8
17 Sep 14
cookiegirl

Sekalian sama prosentase masing-masing investasi yah.. misalnya tabungan 50%, reksadana 20%, dkk. Thanks dewiii

 Share post

       

post #9
17 Sep 14
sangdewi

Jadi gini, dana darurat yang disimpan di bank cukup satu kali pengeluaran, misalnya di PHK bulan ini, maka bulan depannya ga perlu khawatir karna sudah ada duit yang bisa dipake. Sisanya? Ya disimpan dalam instrumen yang sifatnya LIKUID! Jangan dibelikan rumah/apartemen, nanti pas butuh susah kan cari orang yang mau beli/sewa.

 Share post

       

post #10
17 Sep 14
fuddyduddy

Yah dia kesini ternyata hahaha. Kesel bu disebelah? :p eniwei, nambahin contoh instrumen investasi yang dimaksudkan si dewi. Deposito, reksadana (tapi yang resiko rendah kayak pasar uang), dan emas (ini biasanya paling populer). Untuk emas, inget belinya EMAS BATANGAN yeee.. jangan beli emas perhiasan. Sama aja boong :p

 Share post

       

post #11
17 Sep 14
moonpark

Mau sharing aja.Kl dana darurat gw pembagian penyimpanannya kayak gini: 25% di tabungan biasa. 25% deposito. 25% reksadana (tapi saham :p), 25% lagi di logam mulia.

 Share post

       

post #12
17 Sep 14
sangdewi

Moon, kenapa baginya kayak gitu? Alasannya apaan? Trus kok masukkin ke reksadana saham? Apa ga takut ilang?

 Share post

       

post #13
17 Sep 14
moonpark

Hehe.. alasannya sederhana banget. Karna gw ga ngerti gimana cara baginya, alias patokannya gimana, jadi ya gue bagi rata aja masing-masing seperempat..

Trus kenapa RD saham? Karna masih kurang 1 bulan lagi haha. Ngarepnya kalo pake RD saham nanti nambah sendiri dana daruratnya.. lumayan deh kalo gitu.

 Share post

       

post #14
17 Sep 14
sepatukaca

Ikutan nanya.. gue single mother punya anak..apakah dana daruratnya HARUS 9-12x pengeluaran bulanan? Terus terang sekarang paling ada tabungan 2x pengeluaran bulanan, itu pun bukan dikhususkan untuk dana darurat tapi duit tabungan...

 Share post

       

post #15
17 Sep 14
sangdewi

Hai sepatukaca, sebenernya fuddy di topic sebelah udah kasih panduannya untuk besar dana darurat sih.. ini gue copas lagi disini:

Lajang: 4x pengeluaran rutin bulanan

Menikah: 6x pengeluaran rutin bulanan

Menikah plus 1 anak: 9x pengeluaran rutin bulanan

Menikah plus 2 anak: 12x pengeluaran rutin bulanan

 Share post