Peluang Usaha yang Laris Pembeli saat Ramadan

created
12 May 17
last post
12 May 17
 users 282 views 1 posts

 Share topic

       

post #1
12 May 17
halomoney

Bulan Ramadan tinggal beberapa hari kedepan. Banyak persiapan yang sudah dilakukan oleh sebagian masyarakat untuk menyambut bulan ramadhan tersebut. Salah satunya dilakukan oleh berbagai pusat perbelanjaan yang sudah mulai rajin menggelar promo seputar persiapan kebutuhan puasa. Contohnya hipermarket dan supermarket besar sudah banyak yang memajang botol-botol sirup dan parcel Ramadan.Bagi kamu yang tengah mencari ide peluang usaha yang bisa mendatangkan untung lumayan, mengapa tidak memanfaatkan momentum kedatangan bulan puasa untuk berbisnis kecil-kecilan? Ada banyak inspirasi peluang usaha menarik yang mudah dijalankan, minim modal, tapi berpotensi besar mendatangkan untung di bulan Ramadan nanti. Berikut ini peluang usaha yang bisa kamu jalankan:

Berjualan takjil dan minuman segar

Bagi kalangan yang berpuasa, berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang manis adalah anjuran, setelah berpuasa kurang lebih selama 12 jam. Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang usaha menarik yaitu dengan menjual menu takjil dan minuman segar. Apa saja menu takjil dan minuman segar yang selalu laris diburu oleh para pembeli? Di daftar menu takjil, ada kolak biji salak, bubur sumsum, lontong, bubur kacang hijau, lopis, puding, kolak pisang, kolak ubi, aneka gorengan, es buah, sop buah, es kelapa muda, es cendol, dan lain sebagainya. Modal berjualan menu takjil dan minuman segar ini tidak terlalu besar. Dengan modal Rp 300.000 pun kamu sudah bisa memulai berjualan. Untungnya juga lumayan, lho. Usaha makanan dan minuman rata-rata mampu mencetak margin keuntungan minimal 30%.

Berbisnis kurma

Buah yang paling banyak dicari selama bulan Ramadan boleh jadi adalah kurma. Kurma yang dijual di Indonesia kebanyakan sudah berupa manisan alias bukan lagi kurma segar. Kurma banyak dipilih orang menjadi menu pembuka acara berbuka puasa. Walau bisa diolah menjadi tambahan kue, masakan, atau minuman, kebanyakan orang memakan manisan kurma langsung ketika membatalkan puasa. Kamu bisa mencoba peluang usaha berjualan kurma menilik potensi permintaan pasar yang cukup besar. Kamu bisa kulakan kurma grosir atau kurma curah di pusat penjualan kurma yang banyak berdiri di seantero Jabodetabek, atau melalui toko kurma online. Harga jualnya bervariasi, mulai Rp 20.000 per kilogram. Kamu bisa menawarkan kurma dagangan kamu ke teman-teman kantor, tetangga rumah atau membuka lapak khusus di keramaian.

Membuat katering menu sahur

Mencari makanan saat berbuka puasa jauh lebih mudah ketika waktu sahur tiba. Maklumlah, waktu sahur berlangsung pada dini hari. Banyak orang yang malas pergi ke warung terdekat untuk sekadar makan sahur apalagi memasak sendiri. Di sinilah peluang usaha membuka katering menu sahur terbuka lebar. Memang, usaha ini membutuhkan tenaga tidak sedikit untuk begadang memasak dan menyiapkan makanan juga mengantarkan menu katering ke para pelanggan. Namun, tidak ada salahnya mencoba. Pasarnya terbuka lebar, terlebih ketika di lingkungan sekitar kamu banyak anak kos atau pekerja.

Modal membuka usaha ini lebih besar dari modal usaha berjualan takjil. Untuk 100 porsi seharga Rp 20.000, modalnya kurang lebih mulai Rp 1 juta. Rata-rata usaha katering makanan bisa membukukan margin keuntungan 30% hingga 50%. Agar memudahkan strategi produksi, kamu bisa menyusun daftar menu yang bisa dipesan para pelanggan setiap hari selama sepekan. Dengan demikian, kamu bisa menerapkan strategi modal dan produksi yang efisien.

Menjual kue kering

Kue kering juga banyak diburu saat bulan puasa tiba. Selain biasa menjadi pelengkap menu berbuka, banyak orang semakin aktif memburu kue kering untuk persiapan lebaran atau sekadar untuk dijadikan buah tangan kepada kerabat. Kamu bisa memproduksi sendiri atau menjadi reseller dengan membeli (kulakan) untuk dijual lagi. Banyak grosir kue kering yang bisa kamu datangi, misalnya di Pasar Jatinegara, Pasar Senen, Mayestik, dan lain sebagainya. Kue kering yang menjadi favorit saat bulan puasa antara lain nastar, kacang mede, biji ketapang, dan lain sebagainya. Bisa juga kamu membeli kue kering curah lalu mengemas ulang menjadi kemasan sesuai sasaran pasar yang menjadi target.

Jualan parcel

Masih berkaitan dengan makanan dan minuman. Peluang usaha yang juga potensial laris manis diserbu pembeli adalah berjualan parcel. Banyak kalangan yang saling mengirimkan parcel berisi beragam jenis makanan kering dan minuman kepada kerabat dan kolega mereka. Kamu bisa menjajaki bisnis ini dengan merilis promo parcel Ramadan hingga nanti saatnya parcel Lebaran. Yang dibutuhkan oleh bisnis ini selain barang-barang yang mengisi parcel, kemasan parcel/pembungkus, kamu juga perlu terampil membuat tampilan parcel yang cantik dan menarik pembeli. Parcel yang banyak diburu juga bukan hanya parcel makanan, lho. Kamu bisa pula menawarkan parcel berisi perlengkapan ibadah seperti sajadah, mukenah, sarung, AlQuran, dan lain-lain.

Nah itu berbagai macam peluang usaha yang diharapkan dapat menjadi inspirasi kamu dalam memulai usaha di dalam bulan Ramadhan. Jika kamu memerlukan biaya tambahan untuk memulai usaha kamu. Kunjungi Halomoney.co.id

 Share post