Berita Berguna

Pemerintah Batal Naikkan Premi BPJS Kesehatan Kelas III
01 Apr 2016

Seperti diberitakan Kompas.com, pemerintah mengubah kebijakannya untuk tidak menaikkan iuran BPJS Kesehatan Kelas III bagi peserta pekerja bukan penerima upah (PBPU) dan bukan pekerja. Ini artinya tarif iuran bagi peserta golongan PBPU Kelas III tetap sebesar Rp 25.500 per bulan. Perubahan kebijakan dikatakan dilakukan untuk melindungi masyarakat ekonomi rendah setelah mendengar berbagai reaksi dan masukan dari banyak pihak.

Pemerintah Berencana Naikkan Iuran BPJS Per 1 April 2016
22 Mar 2016

Seperti dilaporkan Kompas.com, pemerintah berencana melakukan penyesuaian iuran BPJS Kesehatan mulai 1 April 2016, sesuai Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016. Perubahan iuran tersebut akan menaikkan iuran sekitar 17%-34%; untuk kelas III naik menjadi Rp 30.000, kelas II menjadi Rp 51.000, dan kelas I menjadi Rp 80.000. Beberapa pihak memperkirakan bahwa kenaikan ini akan menimbulkan resiko gagal bayar yang makin tinggi.

Pemerintah Akan Sertakan Akupunktur ke dalam BPJS
18 Nov 2015

Seperti dilaporkan Kontan, jenis pengobatan alternatif berupa akupunktur, alias tusuk jarum, akan menjadi salah satu pelayanan yang ditanggung Badan Penyelanggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Saat ini pemerintah sedang merumuskan revisi Peraturan Presiden Nomor 12/2013 tentang Jaminan Kesehatan, untuk menyertakan akupunktur ke dalam daftar klaim. Alasannya, akupunktur sudah diakui secara medis; bahkan di perguruan tinggi sudah terdapat program spesialis akupunktur. Calon peraturan ini tidak akan mengurangi jenis-jenis pelayanan kesehatan yang sudah dijamin BPJS.

Pemerintah Menaikkan Dana Perlindungan Investor Empat Kali Lipat
11 Aug 2015

Seperti yang diberitakan oleh Kompas.com, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan bahwa dana perlindungan investor dinaikkan menjadi empat kali lipat dari sebelumnya Rp 25 juta per pemodal menjadi Rp 100 juta per pemodal. Ini dimaksudkan untuk melindungi investor dari kecurangan atau fraud. Kapitalisasi yang naik lebih dari 60% dalam lima tahun menyebabkan perlindungan terhadap fraud sangat penting bagi investor. IHSG saat ini berada dalam titik terendah dalam 16 bulan terakhir sejak April tahun lalu.

Pertalite Tidak Gantikan Premium
25 Jul 2015

Seperti diberitakan Bisnis.com, bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite dipastikan tidak akan menggantikan keberadaan premium di pasaran. Pertalite adalah varian baru dari produk "gasoline" nonsubsidi Pertamina yang dilempar ke pasar sejak 24 Juli lalu di 101 SPBU du Jakarta, Bandung dan Surabaya. Pertalite memiliki nilai oktan yang mencapai 90 atau lebih tinggi dibandingkan dengan premium (88) sehingga lebih ramah lingkungan. Pada tahap uji pasar, pertalite dijual seharga Rp8.400 per liter.​

Stasiun Gambir Kini Punya Penginapan untuk Transit
04 Jul 2015

Menurut Metrotvnews, PT KAI menyediakan fasilitas baru berupa akomodasi transit yang diberi nama “Rail Transit Suite Gambir” bagi penumpang yang ingin berpergian jarak jauh. Rail Transit Suite yang berlokasi di lantai satu Stasiun Gambir ini terdiri dari 23 kamar dengan penggunaan minimum selama enam jam. Selain itu, tersedia juga empat unit kamar mandi – dilengkapi pemanas air dan setrika uap – dengan tarif Rp 40.000 hingga Rp 55.000.

OJK Ingin Tingkatkan Literasi Keuangan dan Jumlah Pengguna Jasa Bank
09 Jun 2015

Jakarta Post melaporkan bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan program inklusi keuangan, termasuk pemanfaatan bank maupun literasi keuangan, akan meningkat sebesar 90% pada tahun 2017. Data survei OJK menunjukkan bahwa tahun 2013 lalu, tingkat literasi keuangan di Indonesia sebesar 21%, sementara keterlibatan publik sebagai konsumen bank baru mencapai 59,7%. Di antara usaha pemerintah untuk meningkatkan inklusi keuangan, salah satunya ialah dengan mengadakan berbagai program branchless banking, yakni layanan perbankan tanpa kantor.

Google Indonesia Ingin Bantu Promosi UKM Lewat "Google Bisnisku"
08 May 2015

Menurut Jakarta Globe, Google Indonesia memperkenalkan sebuah platform bernama "Google Bisnisku" yang akan memungkinkan Usaha Kecil dan Menengah mendaftarkan dan mempromosikan usaha mereka di mesin pencari Google. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia memiliki 56,5 juta UKM dengan nilai penjualan antara Rp 100 juta dan Rp 4 miliar per bulan. Pemilik bisnis bisa mendaftar ke program ini dengan masuk ke bagian "Bisnis" di halaman Google.com. Pemilik bisnis tersebut kemudian harus menunggu sekitar dua minggu untuk menerima kiriman kode verifikasi melalui email.

Pemerintah Ingin Tingkatkan Kontribusi E-commerce
16 Apr 2015

Pemerintah berharap nilai transaksi online akan mencapai 8% dari total nilai penjualan ritel dalam 10 tahun mendatang seiring dengan bertambahnya orang yang memiliki akses internet. Menurut Jakarta Post, pemerintah berencana membuat road map e-commerce sekitar Juli atau Agustus 2015. Diharapkan ini akan menjadi panduan bagi pelaku industri untuk mencapai tingkat kematangan dalam dekade berikutnya. Meski sektor e-commerce di Indonesia termasuk yang paling pesat perkembangannya di dunia, keberadaannya bisa dibilang masih baru, dengan kontribusi terhadap total penjualan ritel kurang dari 1%. Kominfo memperkirakan nilai transaksi e-commerce Indonesia akan mencapai $24 miliar pada tahun 2016, atau naik dua kali lipat dari tahun lalu.

Twitter Lirik Potensi Pasar Indonesia
26 Mar 2015

CEO Twitter, Dick Costolo, dikabarkan telah berkunjung ke Istana Wakil Presiden Indonesia (26/3). Jakarta, kota yang dikenal sebagai "ibu kota Twitter" dengan pengguna paling aktif di dunia, akhirnya dilirik Twitter. Akhir 2014 lalu, perusahaan asal AS in membuka kantor perwakilan di Jakarta. Seperti dikutip dari CNN Indonesia, Twitter melihat Indonesia sebagai salah satu pasar paling menguntungkan dengan jumlah pengguna mencapai 50 juta orang dan terus bertambah. Tak hanya untuk pengguna individu, media sosial raksasa ini juga ingin menjangkau pemerintah dan segmen korporasi. Menurut APJI, Indonesia memiliki lebih dari 88 juta pengguna internet tahun lalu, dengan penggunaan lewat mobile mencakup 85%.

×
×
×
×