5 Aset yang Mungkin Anda Punya Di Rumah


Aset apa saja yang anda punya di rumah? Uhm, mungkin anda akan bertanya balik, “Aset itu apa sih?”

Oke, pertama-tama anda perlu tahu barang-barang apa saja yang bisa anda kategorikan sebagai aset.

Aset adalah barang milik anda yang punya nilai ekonomis. Barang yang bisa dijual. Dan biasanya harga jualnya lebih tinggi daripada harga beli.

Sudah dapat gambarannya? Yuk, kita lihat apa saja contohnya.

1.     Perhiasan

Ini adalah aset yang paling mungkin dimiliki wanita. Saya yakin anda punya, misalnya  cincin emas yang sekarang anda pakai di jari manis. Cincin itu merupakan aset anda, karena dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada harga belinya.

Akan tetapi tidak semua perhiasan bisa dijual dengan harga lebih tinggi. Bisa jadi perhiasan yang anda punya ditawar dengan harga lebih murah saat akan dijual karena harga desain-nya tidak diperhitungkan. Desain perhiasan biasanya tergantung selera pembuatnya, dan juga anda yang dulu memutuskan untuk membelinya.

Emas dan permata seperti berlian merupakan aset yang berharga. Lebih baik anda simpan di Safe Deposit Box untuk mencegah hilang tercuri.

2. Barang antik

Bagaimana tatanan rumah atau apartemen anda? Gaya minimalis? Jadi kemungkinan besar  meja rias model kuno yang anda dapat dari nenek tidak akan cocok dengan desain interior rumah anda.

Tapi, jangan keburu dibuang atau dijual ke pasar loak. Cari toko antik terdekat dan tanyakan tentang nilai meja rias yang anda punya. Anda mungkin akan terkejut dengan harganya.

3. Tas ber-merk atau branded

Well, tidak semua tas ber-merk bisa dikategorikan sebagai aset. Hanya tas-tas mewah seperti Hermes, Louis Vuitton, atau BottegaVeneta bisa anda anggap sebagai aset.

Sebelum anda mulai mengoleksi aset tas, pastikan dulu keuangan anda sudah tertata rapi (dana darurat, investasi, dan lain-lain). Ironis sekali kalo anda punya tas mahal tetapi dompet di dalamnya kosong.

4. Benda seni bernilai tinggi

Lukisan atau karya seni lainnya, terutama hasil karya seniman ternama, adalah aset yang sangat berharga. Harganya akan naik terus dari waktu ke waktu.

Dapat warisan lukisan  Affandi dari ayah? Anda beruntung!

Tahukah anda salah satu lukisannya yang terkenal berjudul  “Ayam Jago” terjual seharga Rp 3,9 Milyar (USD465,170) dalam salah satu lelang di Hong Kong.

Perlu diingat bahwa anda sebaiknya melakukan pemeliharaan rutin untuk mempertahankan keawetan karya seni yang anda punya.

5. Koleksi

Anda mengalami masa di mana surat-menyurat masih dilakukan dengan surat berperangko? Anda menulis surat, memasukkan ke amplop, tempelkan perangko ke amplop, dan mengirimnya melalui kantor pos.

Dan apakah anda suka mengumpulkan perangko? Jika anda kebetulan punya sebuah perangko langka di koleksi anda, itu merupakan aset yang berharga.

FYI, perangko termahal di dunia yang disebut  Treskilling Yellow terjual seharga USD2,060,000 di tahun 1996.

Mungkin anda punya koleksi uang kuno, miniatur kereta api, dsb. Siapa tahu harganya akan naik berkali lipat sekian tahun ke depan. Itu adalah aset anda.

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×