Saya Ingin Jual Emas


PERTANYAAN:

Setelah hari raya berakhir, saya bermaksud menjual sebagian simpanan emas saya untuk menutup biaya rumah tangga yang melebihi anggaran normal. Meski begitu, saya ragu apakah ini cara yang paling tepat untuk memperoleh tambahan uang tunai. 

 

JAWAB PERTANYAAN BERIKUT:

1. Berapa jumlah tabungan Anda sekarang?

A. Saya punya kurang dari Rp 20 juta 

B. Saya punya sekitar Rp 25 juta

C. Saya punya lebih dari Rp 30 juta


2. Sudah berapa lama Anda memiliki simpanan emas?   

A. Kurang dari 4 tahun

B. Sekitar 5-10 tahun

C. Lebih dari 10 tahun
 

3. Apakah Anda mempunyai utang? 

A. Saya masih punya utang kartu kredit  

B. Saya masih punya cicilan rumah

C. Saya tidak punya utang 


HASILNYA:

Jika Nilai Anda 50 atau Kurang:

Anda mungkin sudah terlalu banyak menghabiskan anggaran belanja selama perayaan hari raya kemarin. Menjual emas terlihat sepele, tetapi bisa jadi merugikan jika Anda terpaksa menjual saat harga emas sedang mengalami penurunan. Jika Anda masih bisa bertahan selama satu bulan ini tanpa menjual aset, cobalah bertahan dengan melakukan penghematan, terutama untuk transportasi dan biaya makan atau jalan-jalan keluar.   

Jika Nilai Anda Antara 50 dan 80:

Menjual emas bukanlah pilihan ideal seandainya harga emas saat ini sedang turun. Ada pilihan lain untuk memanfaatkan aset Anda, yaitu menggadaikannya hingga Anda menerima gaji di bulan mendatang. Usahakan tidak menjual lebih dari jumlah uang tunai yang Anda butuhkan, karena ada kemungkinan Anda malah akan tergoda untuk menghabiskan lebih banyak hingga akhirnya sulit untuk menebus aset tersebut.

Jika Nilai Anda 80 atau Lebih:

Emas yang Anda simpan sudah berkembang cukup lama, sehingga saat ini posisi Anda cukup kuat untuk menjual aset tersebut. Jika ini adalah pilihan terakhir, usahakan untuk menjual secukupnya di tempat yang resmi. Setelah itu, gunakan uang tunai yang Anda peroleh untuk membayar utang dan melunasi kewajiban bulanan, sebelum Anda menggunakannya untuk membeli barang-barang konsumtif lain.

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×