Saya Ingin Membeli Kamera GoPro


PERTANYAAN:

Saya senang sekali traveling dan ingin membeli kamera GoPro yang mudah saya letakkan dan bawa kemana-mana. Berhubung harga kamera cukup mahal, saya tidak yakin apakah lebih baik membeli kamera ini atau sebuah kamera mirrorless.          

JAWAB PERTANYAAN BERIKUT:

1. Berapa jumlah tabungan yang Anda miliki?
A. Kurang dari Rp 72 juta
B. Sekitar Rp 80 juta
C. Lebih dari Rp 100 juta

2. Mengapa Anda butuh membeli barang ini sekarang?
A. Semua teman sesama pecinta traveling memilikinya  
B. Saya ingin bergabung ke dalam komunitasnya
C. Saya sering mengikuti olahraga ekstrim

3. Bagaimana Anda akan membelinya?
A. Saya akan gunakan cicilan kartu kredit
B. Saya akan pakai tabungan saya
C. Saya akan memakai gaji saya bulan depan    

HASILNYA:

Jika Nilai Anda 50 atau Kurang:

Kamera GoPro termasuk produk niche yang belakangan ini sangat diminati para pecinta fotografi, terutama mereka yang sering berpetualang ke lokasi yang tidak konvensional –misalnya berselancar, mendaki gunung, terjun di udara, dan lain-lain. Sebelum membeli barang tersier apapun, kumpulkan dulu dana darurat sebesar 6 bulan yang bisa menopang keuangan Anda saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, karena Anda juga perlu membeli lebih banyak lagi aksesoris untuk memaksimalkan penggunaan kamera mungil ini.    

Jika Nilai Anda Antara 50 dan 80:

Harga kamera ini mungkin tidak terlalu mahal, tapi sejumlah aksesoris yang mendukungnya –batere cadangan, LCD terpisah, casing selam, chest mounts, head mounts, dan lain-lain– akan menambah pengeluaran Anda sekarang dan di masa mendatang. Coba tanyakan beberapa teman yang sudah memiliki barang tersebut dan minta pendapat mereka tentang kelebihan dan kekurangannya sebelum memutuskan untuk mengeluarkan Rp 5 juta atau lebih untuk barang pendukung hobi. Seandainya kegiatan foto Anda bisa dilakukan dengan kamera mirrorless, maka Anda tidak perlu membeli kamera yang tidak memiliki LCD ini.   

Jika Nilai Anda 80 atau Lebih:

Meski gaji Anda cukup untuk membeli barang ini, tapi Anda perlu mempertimbangkan frekuensi penggunaannya dibandingkan harga yang Anda bayar. Harga barang tersebut setara harga jual dibagi jumlah pemakaian barang, jadi seandainya harga barang tersebut Rp 5 juta dan Anda berniat untuk memakai kamera tersebut sekali dalam sebulan selama dua tahun ke depan, maka Anda mengeluarkan sekitar Rp 208.000 untuk sekali pemakaian. Jika Anda yakin barang tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda, maka tidak ada salahnya untuk membeli sesuatu yang bisa mendukung hobi Anda. Siapa tahu dengan memupuk hobi tersebut, Anda bisa mendapat kesempatan untuk menghasilkan uang tambahan.
 

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×