Kuis: Apakah Anda Siap Memulai Bisnis Sendiri?


Hari-hari berada di balik cubicle desk menjadi tak tertahankan bagi Anda. Atas dukungan sahabat dan keluarga, Anda bertekad untuk keluar dari pekerjaan dan memulai bisnis. Namun, merintis usaha dari nol tidak hanya berarti jam kerja fleksibel dan menjadi bos bagi diri sendiri.

Kuis ini akan memberi sekilas gambaran tentang sesiap apa diri Anda untuk menjalani tantangan ini dan bertahan hingga tahun-tahun mendatang.

1. Mengapa Anda ingin mulai berbisnis?
A. Saya tidak ingin bekerja 9 pagi ke 5 sore lagi
B. Saya butuh lebih banyak penghasilan
C. Saya ingin memanfaatkan kesempatan dan potensi yang saya punya

2. Kondisi keuangan Anda saat ini…  
A. Cukup baik (punya tabungan, pemasukan rutin dan fasilitas kantor)
B. Biasa-biasa saja (punya dana darurat 6-8 bulan, dana liburan)
C. Sangat baik (punya dana darurat 12 bulan, investasi dan atau penghasilan pasif)

3. Ketakutan terbesar Anda saat menjalankan bisnis:
A. Saya akan kehabisan modal
B. Saya akan kehilangan jaringan
C. Saya akan berhenti berkembang menjadi lebih besar/ lebih baik

4. Apakah Anda punya utang?
A. Ya, saya masih memperbaiki  performance kredit saya
B. Saya punya cicilan rumah
C. Tidak, tapi saya mungkin perlu mengajukan pinjaman dari bank 

5. Apakah Anda kini memperoleh penghasilan lain di luar gaji bulanan?  
A. Tidak punya
B. Ya, saya punya pekerjaan sambilan
C. Ya, saya punya penghasilan pasif dari beberapa investasi

6. Berikut ini gambaran kepribadian Anda di kantor:
A. Bagi Anda, kerja adalah kerja. Anda tidak suka terlalu dekat dengan karyawan lain, serta berusaha menghindari tanggung jawab atau aktivitas lain seperti outing dan kegiatan diskusi sepulang kantor.
B. Anda selalu berusaha menjadi yang terbaik. Rekan kerja dan klien Anda menganggap Anda ambisius dan kompetitif
C. Anda sangat menyukai pekerjaan Anda. Bisa dibilang semua orang di kantor mengenal Anda dan hubungan Anda dengan rekan kerja dan klien-klien sudah seperti teman baik.

7. Dalam bayangan Anda, 5 tahun ke depan…
A. Anda tidak suka membayangkannya
B. Anda masih berjuang membesarkan usaha Anda
C. Anda sudah melewati break-even point

Penilaian:

Hitung jumlah tiap huruf yang Anda pilih!
A: ____
B: ____
C: ____

Huruf yang paling banyak Anda pilih menggambarkan kondisi Anda saat ini.

Posisi Anda di perusahaan tempat Anda bekerja saat ini sudah cukup stabil dan nyaman. Untuk memulai sesuatu yang baru dari nol, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal seperti konsep usaha, strategi marketing dan perencanaan keuangan selama setidaknya 12 bulan ke depan. Cek kembali kondisi keuangan Anda, asuransi, dan tambahi dana darurat sehingga Anda punya “jaring pengaman” yang bisa menopang biaya hidup selama setahun. Saat memulai usaha, bersiaplah untuk tidak menerima gaji, tunjangan di bulan-bulan pertama, serta kekurangan banyak tidur.

Sebagai orang yang aktif dan suka bekerja keras, Anda termasuk berambisi. Bagi Anda, bekerja untuk sebuah perusahaan atau orang lain bukanlah sesuatu yang ingin Anda lakukan seumur hidup. Langkah Anda dalam bersiap-siap sebelum mengundurkan diri dari perusahaan sudah baik. Sebelum memantapkan diri untuk memulai langkah sebagai pengusaha, Anda perlu membangun jaringan untuk mencapai klien dan vendor yang akan mempermudah pekerjaan Anda. Perbanyak frekuensi pertemuan Anda dengan teman-teman dan komunitas yang akan membuka lebih banyak kesempatan untuk berkembang.

Anda sudah melakukan persiapan untuk merealisasikan konsep usaha yang selama ini tersimpan di benak Anda. Bagi Anda, bekerja sendiri bukanlah sebuah pelarian dari profesi Anda selama ini, namun lebih merupakan langkah pengembangan karier yang besar. Untuk itu, Anda sudah meminta bantuan beberapa teman di lingkungan terdekat Anda untuk membantu Anda di awal dan mereka pun menyambut ide tersebut dengan baik. Pertahankan hubungan baik Anda dengan perusahaan, rekan kerja dan jaringan yang telah Anda bangun selama karier profesional Anda. Di sisi finansial, Anda bisa menekan biaya operasional di awal tahun dengan menggunakan sedikit SDM dan memanfaatkan fasilitas start-up yang bisa Anda temukan di sekitar Anda, misalnya memakai cloud service untuk menyimpan data-data dan kolaborasi kerja, menyewa virtual office untuk melakukan meeting, bergabung di sebuah incubator, memanfaatkan coworking space, ataupun website untuk mencari talent potensial seperti freelancer.com atau odesk.com.

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×