5 Langkah untuk Membeli Investasi Properti


Akuilah, kita semua pernah berpikir untuk berinvestasi di properti. Seseorang tidak harus mengenal Donald Trump untuk mengetahui kalau real estat adalah investasi bagus untuk dimiliki dalam portofolio.

Meski begitu, berinvestasi di properti bisa jadi terlalu berat untuk ditanggung. Jumlah keputusan yang harus dibuat bisa dibilang tak terhitung. Membuat kesalahan bukanlah pilihan karena akan mengikat atau menghambat arus kas Anda. LiveOlive telah merangkum beberapa hal yang layak diketahui sebelum Anda terjun lebih dalam lagi.

1. Tentukan Anggaran Anda

Ada dua hal yang harus Anda seimbangkan; uang muka atau down payment, serta cicilan bulanan. Semakin tinggi uang muka yang dibayarkan, semakin rendah jumlah cicilan bulanan yang harus Anda bayar.

Nah, berapakah yang Anda mampu? Lihat berapa banyak uang yang telah Anda kumpulkan untuk uang muka pembelian, kemudian putuskan berapa banyak jumlah cicilan yang dapat Anda tanggung. Sebagai aturan dasar, seseorang tidak boleh mengeluarkan di atas 35% dari penghasilannya untuk pembayaran utang. Contohnya, jika penghasilan seseorang adalah Rp 10 juta per bulan, maka jumlah cicilan KPR nya tidak boleh lebih dari Rp 3,5 juta.

Dengan KPR Rp 3,5 juta dan tabungan sebanyak Rp 50 juta untuk uang muka, maka  anggaran untuk properti tersebut sekitar Rp 250 juta.

2. Rumah atau Apartemen?

Menyewakan properti adalah salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat, dibandingkan menunggu beberapa tahun untuk kenaikan nilai properti kemudian menjualnya. Oleh karena itu, seseorang harus memikirkan terlebih dahulu siapa yang akan menjadi penyewa potensialnya. Apakah ekspatriat dengan anak-anak? Orang  Indonesia dari luar kota? Lajang?

Ekspatriat yang memiliki anak-anak kemungkinan besar akan memilih rumah dengan setidaknya empat kamar tidur dan sebuah dapur dengan ukuran yang cukup besar. Sebuah dapur kotor tidak akan berguna untuk segmen ini. Mereka juga mungkin memilih apartemen, tapi harus dalam ukuran yang cukup besar, antara lain memiliki 3 kamar, dan bisa menampung anak-anak dan teman serta sanak saudara yang berkunjung. Sebuah balkon atau teras yang enak dipakai akan menjadi nilai tambah, karena ekspatriat –terutama dari Barat– tidak begitu suka AC dan mereka senang mengundang beberapa teman untuk sekedar ngobrol dan menikmati  barbeque.

Calon penyewa lokal akan memilih rumah atau apartemen. Namun, sebuah dapur kotor akan dicari, karena kemungkinan besar mereka akan memiliki asisten rumah tangga dan akan memasak jenis masakan yang beraroma kuat. Terkadang, mereka juga mencari sebuah kamar ekstra untuk asisten rumah tangganya.

Calon penyewa ekspatriat yang lajang biasanya memiliki preferensi yang berbeda –mereka hanya butuh ruang kecil, mungkin satu atau dua kamar. Dapur akan lebih digunakan untuk memanaskan makanan dan sebuah meja makan akan lebih dipakai untuk meja kerja. Oleh karena itu, sebuah penataan ruang yang praktis serta memiliki beragam fungsi akan bernilai lebih.     

3. Lokasi, lokasi, lokasi

Seberapa cepatnya sebuah properti dapat disewakan sangat tergantung pada lokasi. Berikut ini beberapa area yang hampir pasti akan menarik penyewa:

  • Berlokasi di dekat sekolah bagus

Hal ini terutama penting untuk keluarga dengan anak-anak. Mereka akan lebih memilih tinggal di area dimana anak-anak mereka akan bersekolah, meski itu berarti orang tua yang bekerja harus berpergian lebih jauh.

  • Berlokasi dekat pusat perbelanjaan atau area komersial

Bagi para lajang dan pasangan menikah yang tidak menghabiskan banyak waktu di rumah dan jarang memasak, berada dekat dengan tempat belanja kebutuhan sehari-hari akan sangat membantu –restauran yang cukup terjangkau, fasilitas laundry, bahkan dekat dengan transportasi umum.

  • Berlokasi dekat area perkantoran

Bagi mereka yang tidak memiliki mobil atau tidak ingin berkendara jauh, berlokasi dekat dengan tempat kerja adalah sebuah keuntungan. Ruang adalah sesuatu yang sanggup dikorbankan, terutama jika mereka sebelumnya lama tinggal di kota-kota besar.

  • Tidak 'disiram' matahari siang

Jika Anda memilih untuk membeli apartemen, pilihlah unit yang hanya terkena matahari pagi atau tidak terkena sama sekali. Unit yang terkena matahari akan membutuhkan lebih banyak pemakaian AC di siang hari, dan ini akan menaikkan biaya listrik penghuninya. Apartemen yang menghadap timur mungkin akan dihargai lebih mahal, tapi ini sepadan dan bisa jadi nilai jual lebih untuk ditawarkan ke calon penyewa.

4. Keuntungan Penjualan Barang Modal

Capital gains merupakan perbedaan nilai properti sekarang dari harga pembelian. Contohnya, jika seseorang membeli sebuah properti seharga Rp 500 juta dan menjualnya kembali dengan harga Rp 700 juta, maka keuntungan penjualan barang modalnya sebesar Rp 200 juta.

Properti di daerah sedang berkembang adalah pilihan yang terbaik untuk meningkatkan ini, terutama jika orang tersebut cukup beruntung untuk membeli hunian tersebut sebelum resmi diluncurkan –harganya tentu akan sedikit lebih murah.

Bagaimana dengan tanah pertanian? Jenis lahan ini bisa jadi murah, tapi kenaikan harganya tidak pasti dan biasanya sulit untuk menyelesaikan urusan perijinannya.

5. Selidiki Developer atau Pemilik Proyek

Seringkali, kualitas dari developer properti bisa mempengaruhi besarnya keuntungan dari penjualan barang modal. Pilih developer yang biasa menyelesaikan proyek tepat waktu dan terkenal mau mengembangkan properti tersebut berikut daerah sekitarnya dengan baik, misalnya dengan membangun jalan dan infrastruktur pendukung lainnya.

Sebelum menandatangani perjanjian hitam-putih yang akan menjadikan Anda pemilik properti, ingat bahwa investasi jenis ini tidaklah likuid –dibutuhkan berbulan-bulan, bahkan tahunan, untuk bisa menjual kembali dengan harga bagus. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memastikan bahwa Anda sebelumnya sudah memiliki dana darurat dan asuransi yang cukup, karena menjual properti secara terburu-buru –saat seseorang tengah dalam kondisi butuh uang atau putus asa– bisa sama dengan kehilangan uang hasil kerja keras Anda selama ini.  

Baca juga: Renovasi Rumah yang Menambah Nilai Properti Anda

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×