Bagian 1: Hidup Untuk Kerja Atau Kerja Untuk Hidup


“Remaja dan pemuda – pemudi – yang biasa disebut Generasi Y – telah melihat orang tua mereka susah payah bekerja keras membanting tulang demi mendapatkan uang serta status mereka sekarang. Saat ini, ketika generasi mereka mencari pekerjaan, mereka memiliki prioritas yang berbeda – beda. Mereka tidak begitu peduli pada gaji, namun memilih pekerjaan yang fleksibel serta keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sehari – hari.” Begitu kata Anushka Asthana.

Jadi menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan hidup pribadi adalah faktor penting dalam mencapai kebahagiaan dan produktifitas. Semakin sedikit stress yang anda dapatkan dalam hidup, semakin produktiflah anda. Lihat lebih dekat lagi pekerjaan anda.

1.       Apakah pekerjaan anda memuaskan?

2.       Apakah pekerjaan anda menyenangkan?

3.       Apakah pekerjaan anda sesuatu yang anda benci?

4.       Apakah pekerjaan anda sesuatu yang anda hindari?

Ingat, suka atau tidak – pekerjaan anda adalah sumber penghasilan anda. Semakin cepat anda menghargai nilai dari apa yang anda kerjakan, semakin mudah segalanya berjalan.

KENALILAH DIRIMU

Penting sekali jika anda mengetahui jenis manakah anda: Hidup untuk Kerja atau Kerja untuk Hidup? Ini akan mengembangkan ekspektasi anda terhadap diri anda sendiri, serta produktivitas anda dalam pekerjaan.

Nikmatilah hidup anda, nikmatilah pekerjaan anda. Kami mengerti tantangan sehari – hari yang anda hadapi, terutama bagi wanita. Namun lihat sejauh mana anda sudah berhasil capai! Beri selamat kepada diri anda sendiri!

Berikut ini daftar yang LiveOlive buat untuk karyawan baru:

1.BICARALAH DENGAN BAGIAN PERSONALIA SEBELUM BAGIAN PERSONALIA BICARA DENGAN ANDA

Bicara dengan bagian Personalia/Human Resources mengenai protocol perusahaan, tunjangan kesehatan, potongan gaji, dan sebagainya. Jadikan bagian Personalia teman anda namun jangan berlebihan. Anda baru masuk ke perusahaan tersebut, maka anda memerlukan bimbingan dari bagian Personalia/Human Resources.

2.PELAJARI TENTANG PERUSAHAAN ANDA

Kami berasumsi bahwa ketika anda melamar pekerjaan tersebut, anda tahu mengenai perusahaan dimana anda melamar tersebut. Namun banyak protocol, isu, prosedur dan dinamika yang tidak dapat anda baca di website mereka. Baca Company Profile perusahaan tersebut, flyer serta brosur, juga bicara dengan karyawan – karyawan lain yang bekerja di sana. Pelajari lebih lagi!

3.KENALILAH DIRIMU

Dapatkan penjelasan mengenai pekerjaan anda, klasifikasi dan spesifikasi serta titel pekerjaan anda. Cari tahu apa ekspektasi orang – orang terhadap anda.

4.KENALILAH ORANG LAIN

Orang lain mungkin terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka, namun mereka pasti akan menerima dengan tangan terbuka kedatangan kolega baru. Cari tahu mengenai struktur organisasi perusahaan serta visi dan misi departemen anda.

5.MASA PERCOBAAN

Dengan supervisor anda, diskusikan masa percobaan anda  yang umumnya tiga bulan tersebut. Apakah ekspektasi yang dia harapkan, evaluasi pekerjaan anda selama masa percobaan maupun setelahnya, rencana pelatihan/training anda selama masa percobaan.

6.MASUK ATAU TIDAK MASUK

Pelajari jadwal pekerjaan anda, prosedur jika anda berhalangan hadir, penggunaan cuti, jadwal pembayaran, serta aturan pekerjaan di departemen anda.

7.JADILAH TURIS

Lakukan tur di perusahaan anda. Cari tahu dimana benda – benda yang anda mungkin butuhkan berada, dimana orang – orang yang mungkin akan anda perlukan berada, familiarisasikan diri anda terhadap hal – hal tersebut, bagaimanapun juga anda akan berada di situ dalam jangka waktu yang laaaama...

 

Bagikan tulisan



Translation

BACAAN LAIN

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×