Seberapa Berharga Kemampuan Media Sosial Anda?


Tips Menghasilkan Uang dengan Jejaring Sosial

Sudah nonton  Republik Twitter? Film Indonesia yang sempat popular di awal tahun 2012 ini menunjukkan bagaimana maniak Twitter bisa menghasilkan uang dengan menjadi buzzer. Sebenarnya ada sederetan pekerjaan online lainnya yang bisa anda andalkan sebagai profesi jangka panjang, seperti Social Media Marketing Manager, Social Media Specialist, Social Media Strategist, Online Community Manager, hingga Content Specialist.

Di negara-negara maju telah banyak bermunculan perusahaan  Virtual Consulting. Di Indonesia,sendiri profesi ini mulai aktif berjalan tiga tahun belakangan. Lantas berapa penghasilan yang dikantongi profesi-profesi semacam ini? The United States Bureau of Labor menyatakan,seorang Social Media Specialist dalam setahun bisa menghasilkan USD51,280 atau lebih dari Rp400 juta!

Anda tergiur? Maksimalkan kemampuan berjejaring anda dengan  tips berikut

1. Tak kenal maka tak sayang. Pepatah tua ini berlaku pula dalam strategi online marketing. Kenali karakter audiens anda. Perhatikan profil dan status update mereka melalui Facebook dan Twitter. Beberapa katagori yang perlu anda perhatikan adalah umur, penghasilan, kelas sosial, gaya hidup, tingkat pendidikan, agama, dan lokasi yang senang mereka datangi. Kategori-kategori ini membantu anda untuk mendapatkan gambaran siapa mereka, kebiasan dan juga kebutuhan mereka.

2. Bangun Percakapan. Menurut anda apa arti kata ‘sosial’ dalam ‘media sosial’? Kunci kesuksesan dalamsocial media  adalah interaksi. Pancing percakapan dengan mengajukan pertanyaan atau membangun cerita terlebih dahulu. Hindari hard selling. Menjawab pertanyaan dan memberi solusi permasalahan kepada audiens akan jauh lebih efektif daripada menawarkan produk layaknya iklan baris di koran. Tanggapi status teman di Facebook dan Twitter, komentari foto Pinterest, tulisan di Blog, postingan You Tube, hingga bergabung dalam komunitas online di Kaskus dan Linked In.

3. Killer Content. Media apapun sangat bergantung pada isi, begitupun media sosial. Buatlah content yang menginspirasi, mengedukasi dan sedemikian kerennya hingga setiap orang ingin membagi tulisan anda. Menulis secara reguler dan konsisten juga sangat membantu agar orang terus berkunjung ke web anda. Ikuti aturan: 80% konten yang berguna – 20% promosi diri. Jangan lupa membuat link di web ke semua akun jejaring sosial yang anda punya.

4. Foto dan Biodata Asli. Sebagian besar pengguna media sosial menghindari akun anonim. Untuk itu sebisa mungkin gunakan nama dan foto asli anda, atau nama brand untuk setiap akun yang anda punya. Hindari penggunaan titel berlebihan, asli maupun karangan semacam guru atau master. Orang tidak suka tukang pamer.

5. Pay it Forward. Media sosial adalah jalan yang tepat untuk mempromosikan brand anda, terutama jika anda mempromosikan brand orang lain terlebih dahulu. Berbagi artikel dan link produk lain adalah cara efektif mengkomunikasikan brand anda tanpa mempromosikannya secara eksplisit. Seperti di dunia offline, anda bisa menjadi menarik dengan cara tertarik pada orang lain dan dengan membicarakan hal-hal yang terjadi di sekitar kalian.

6. Cintai Media Sosial. Kunci pemasaran online yang utama adalah bersenang-senang dengan media sosial. Jika anda frustasi, segala strategi anda akan kacau dan anda akan membenci apa yang sedang anda lakukan. Dalam jangka panjang anda akan merasa telah membuang-buang waktu anda. Jadi pastikan sedari awal niat anda menggunakan media sosial sebagai alat bekerja, dan nikmati pekerjaan baru anda tersebut.

Baca juga: Profesi Keren dengan Bayaran Bagus

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×