Bagian 1: Hutang Kartu Kredit Lambat Laun Akan Menghilang


Tidak benar! Bukankah kita semua berharap mempunyai jin yang akan mengabulkan tiga permintaan kita dan salah satunya adalah membuat utang kartu kredit kita menghilang?

Realitasnya bahwa mengingat utang kartu kredit itu tidak aman karena bank tak berwenang menagih, maka ada masalah serius utang tidak dibayar.  Bila itu terjadi, maka:

  1. Perusahaan pemberi kredit akan terus mengejar anda agar membayar atau menyelesaikan masalah utang anda. Apakah anda benar-benar menginginkan hal ini?
  2. Hal ini akan mempengaruhi reputasi anda dan, oleh karena itu, kemampuan anda untuk meminjam dari institusi keuangan lainnya secara otomatis terpengaruh. Bank Indonesia memiliki daftar hitam (blacklist) orang-orang yang gagal membayar utang kartu kredit mereka. Ketika memohon pinjaman jenis apa pun (perumahan, mobil, kartu kredit), sejarah kredit seseorang akan dicek di Bank Indonesia. Jika anda kebetulan berada di daftar hitam itu, sangatlah kecil kemungkinan permohonan pinjaman anda akan disetujui.

Kini, kabar baiknya adalah: Kenyataan bahwa anda mendaftarkan diri untuk mendapatkan modul ini berarti anda serius ingin menyelesaikan masalah utang kartu kredit anda. Selamat!

Hari ini, yang anda perlu lakukan adalah mengumpulkan semua bukti tagihan anda. Ambil nafas panjang dan buka semua amplop tagihan, barangkali kasusnya seperti itu. Begitu anda telah melaksanakan hal ini, anda sudah setengah jalan menuju penyelesaikan masalah utang anda!

Percaya atau tidak, berutang adalah masalah umum. Jadi, jangan malu mengakuinya. Sekitar 50%- 70% orang Indonesia menggunakan kartu kredit mereka. Anda tidak sendiri.

Masih melototi amplop-amplop yang belum dibuka? Berikut beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mendorong diri anda:

  • Kehebatan sebuah daftar. Jika anda termasuk orang yang suka daftar pengecekan, masukkan hal ini dalam lembar “AKAN DIKERJAKAN”. Dengan cara begini, anda merasa puas jika bisa mencoret dari daftar begitu suatu hal sudah dilaksanakan.
  • Hadiahi diri anda sendiri untuk setiap tagihan yang anda buka. Pikirkan hal-hal yang anda ingin lakukan tapi tanpa harus mengeluarkan uang lagi (atau tambah berat badan), dan manjakan diri anda dengan hal-hal itu.

 

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×