4 Minggu Jadi Fit Secara Finansial di Tahun 2015


Pelatihan untuk kantong Anda bisa dimulai sekarang juga! Jangan khawatir, ini sangat mudah diikuti karena dilengkapi dengan tugas mingguan dan lembar kerja alias  template yang bisa Anda cetak sendiri di manapun Anda berada. Klik di sini untuk mengunduh dokumen dalam format PDF

Minggu Pertama: Mengetahui Arah Tujuan

Gunakan template: “Target Anda” (halaman 2)

Dengan adanya target, Anda mengendalikan hidup serta tentunya… uang Anda! Target besar, kecil, atau sedang –yang terpenting adalah membuat target-target tersebut realistis (menurunkan berat badan 10 kg dalam 2 minggu tidak termasuk realistis atau aman untuk dilakukan).

Ini dia beberapa contohnya:

Bicarakan dengan keluarga atau pasangan supaya Anda dan mereka sama-sama menyetujuinya dan sejalan dalam hal tujuan akhir, waktu pelaksanaan dan jumlah kekayaan yang Anda ingin dedikasikan untuk tujuan tersebut. Untuk  target jangka panjang, tentukan jumlah uang yang diperlukan sesuai biaya saat ini.

Minggu kedua: Mengetahui Posisi Sekarang

Gunakan template: “Dimana Posisi Anda?” (halaman 3)

Sebelum Anda bisa memulai perjalanan menuju target, pertama-tama Anda perlu tahu posisi Anda saat ini.

Template penghitung Kekayaan Bersih akan membantu Anda mengenali aset (harta yang Anda miliki) dan tanggung jawab (utang Anda). Jumlah aset setelah dikurangi oleh utang sama dengan kekayaan bersih.

Minggu ketiga: Mengatur Pengeluaran

Gunakan template: “Pengeluaran Rutin” (halaman 4)

Memiliki anggaran tidak sama dengan berkata ‘tidak’ kepada segala hal, tetapi merencanakan gaya hidup yang Anda inginkan.

Dalam template, tuliskan pengeluaran rutin mingguan, bulanan, dan tahunan Anda.

Lihat apa saja yang tertera dan apakah Anda sudah puas dengan pola belanja Anda. Apakah ada yang mengejutkan? Apakah ada pos pengeluaran yang ingin Anda kurangi atau tambahi jumlahnya? Berapa % dari uang penghasilan dihabiskan untuk hiburan atau bersantai? Jika jumlahnya melebih 30% (jangan khawatir, Anda tidak sendiri!), sebaiknya Anda mulai menguranginya.

Minggu keempat: Cek Perlindungan

Gunakan template: “Cek Perlindungan” (halaman 5)

Salah satu asumsi paling berbahaya yang sering kita buat adalah, “Saya atau anggota keluarga saya tidak akan pernah jatuh sakit” atau “Keluarga saya bisa bertahan sendiri jika suatu kemalangan terjadi pada diri saya.”

Template untuk yang satu ini memberi Anda catatan pengingat tentang asuransi dasar yang perlu Anda miliki. Seandainya Anda tidak yakin produk asuransi yang sudah dimiliki dan berapa besar perlindungannya, salin saja email yang tercantum dalam template (halaman 6) dan kirimkan ke agen Anda.

Setelah semuanya sudah dilakukan, Anda bisa menggabungkan hasilnya dalam lembar “Apa yang Harus Dilakukan” (halaman 8-9). Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, isi berdasarkan informasi yang sudah Anda cantumkan sepanjang minggu-minggu yang lalu.

Target:

Kami sarankan buat 3 kategori target: jangka pendek (untuk satu tahun), jangka menengah (untuk 5 tahun ke depan), dan jangka panjang (diatas 6 tahun).

Kekayaan Bersih:

Kurangi jumlah A dan B, kemudian tuliskan angkanya di kotak yang disediakan dalam template (halaman 8).

Seperti apa sih kekayaan bersih yang “sehat”? Pertama, angkanya harus positif. Dengan kata lain, utang harus lebih kecil dari aset. Kedua, jumlahnya terus berkembang stabil setiap tahun.

Pengeluaran Rutin:

Untuk mengetahui apakah pengeluaran gaya hidup Anda terkendali atau tidak, kenali 3 pos pengeluaran yang bisa Anda kurangi, lalu tetapkan anggaran revisi untuk ini. Cantumkan ke halaman 9.

Pegang 3 pos pengeluaran ini supaya Anda bisa mudah mengingat dan menepatinya.

Cek Perlindungan:

Cantumkan jenis asuransi – baik yang sudah atau belum Anda miliki – ke dalam kolom yang tersedia.

  • Selanjutnya, letakkan template yang sudah diisi dengan lengkap di tempat yang mudah terlihat oleh Anda, sehingga Anda pun bisa terus diingatkan – dan menjadi termotivasi – untuk menepati target dan tujuan Anda. Bisa juga Anda satukan ke dalam map binder supaya praktis.
  • Terakhir, cek kembali setiap kuartal, alias tiga bulan sekali.

Hal-hal yang perlu dipastikan:

1. Peningkatan jumlah kekayaan bersih secara stabil 

2. Ada 3 pos anggaran yang Anda kendalikan

3. Anda sudah mengambil tindakan untuk melindungi diri Anda dan keluarga

Dengan demikian, Anda pun siap untuk menjalani hidup yang penuh makna!

Baca juga: Tips Menyemangati Rencana Anda Sepanjang Tahun

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×