5 Ide Pekerjaan Tambahan Menjelang Valentine


Setiap bulan Februari orang-orang di seluruh dunia merayakan Valentine dan meski ini bukan satu-satunya hari untuk mengekspresikan cinta kita kepada seseorang, ini saat yang tepat untuk melakukan pekerjaan tambahan. Supermarket dan departement store sudah dipenuhi oleh berbagai tawaran untuk mengundang konsumen yang jadi lebih royal daripada biasanya.

Berikut ini lima ide usaha sampingan yang patut dicoba jika Anda memiliki waktu luang:

1. Membuat kudapan enak

Entah itu membuat kue atau coklat, Anda punya kesempatan untuk memanfaatkan waktu luang dengan menciptakan sesuatu yang enak. Kami sangat merekomendasikan bisnis sampingan ini bagi mereka yang sehari-sehari akrab dengan dapur karena, percaya atau tidak, kegiatan memasak dan membuat kue bisa menyusahkan juga. 

Berpikirlah untuk menjual sesuatu yang dapat diproduksi dengan cepat dan langsung dikirimkan ke konsumen.  Tetapkan anggaran untuk produksi sehingga Anda tidak akan melebihi batas. Sebarkan tentang produk baru Anda kepada teman-teman, rekan kerja dan keluarga, serta minta mereka menyebarkan berita tersebut. Untuk makanan buatan rumah, rasa dan kebersihan adalah standar yang paling perlu dijaga – Anda perlu memastikan agar konsumen Anda mau memesan lagi di waktu-waktu mendatang, untuk perayaan ulang tahun anak, Natal, dan lain-lain.

2. Menjual bunga

Buat para lelaki, bunga tidak akan mendapatkan hati seorang wanita, tapi akan menambah pesona Anda – terutama jika Anda membawa buket bunga tersebut dan menyerahkannya sendiri. Sesuatu yang sederhana seperti bunga bisa dijadikan sebuah kado istimewa dengan menambahkan selera artistik Anda. 

Dapatkan kesepakatan terbaik dari penjual bunga di pasar-pasar bunga beberapa minggu sebelum perayaan Valentine, karena biasanya mereka menaikkan harga setinggi mungkin menjelang hari "perayaan cinta". Di Pasar Bunga Rawa Belong, misalnya, satu rangkaian bunga berisi 20 tangkai mawar merah bisa dihargai Rp 250.000 – naik lima kali lipat dari harga Rp 50.000 di hari-hari biasa.

3. Membuat kreasi parsel Valentine

Jika Anda menyukai aktivitas membungkus kado dan menawar harga di toko, maka Anda mungkin ingin mencoba ini. Pekerjaan sambilan ini membutuhkan perbandingan harga, kemampuan menawar, membeli barang secara grosir, dan tentunya membungkus paket. Agar sukses, Anda perlu menciptakan katalog produk yang memungkinkan pembeli untuk langsung memilih parsel yang diinginkan.  

[Lihat video: Tips Mudah Membuat Foto Produk]

Kalau Anda siap menerima tantangan ini, pekerjaan paruh waktu yang sifatnya musiman ini akan memakan banyak waktu luang Anda, tetapi sangat layak untuk dilakukan karena mampu menghasilkan margin keuntungan yang cukup besar.

[Lihat video: Cara Membuat Parsel Cantik dengan Modal di bawah Rp 200.000]

4. Menjadi personal stylist

Ini adalah pekerjaan paruh waktu menyenangkan yang bisa memberikan uang tambahan paling sedikit Rp 250.000 per klien. Jika pasangan Anda termasuk yang tidak terlalu suka dengan ide  merayakan cinta di hari Valentine, Anda bisa memanfaatkan waktu luang dengan menjadi personal stylist di antara lingkungan teman-teman Anda. Ini pekerjaan tambahan yang bagus bagi siapapun yang senang berdandan dan memakai make-up tanpa harus menghabiskan waktu tidak produktif selama berjam-jam di salon. 

Anda bisa mulai dengan mendandani seorang teman yang berpenampilan menarik, yang tidak keberatan untuk dijadikan endorser untuk mempromosikan jasa Anda di Instagram atau Facebook. Satu klien bahagia akan membawa satu atau dua klien baru, dan sebelum Anda sadari, Anda menjadi penata gaya paling populer di kalangan teman Anda.  

5. Mengadakan pesta untuk para jomblo

Bagi beberapa orang yang tidak punya ikatan romantis dengan siapapun, perayaan hari Valentine bisa jadi sangat menyebalkan. Bagi yang baru mengalami putus cinta, perayaan ini menjadi sulit untuk dilalui sendiri. 

Beberapa perusahaan bahkan sudah menyiapkan beberapa acara " anti-mainstream" menjelang Valentine tahun ini, misalnya acara yang diberi nama "Festival Melupakan Mantan" di Yogyakarta – yang pada dasarnya menerima donasi dalam bentuk barang-barang peninggalan mantan – atau "Festival Mantan" yang disponsori oleh perusahaan telco besar. 

Jadi, mengapa tidak coba ciptakan konsep Anda sendiri untuk pesta para lajang? Dengan begitu Anda pun bisa berkumpul dengan teman-teman sesama lajang dan bersenang-senang sambil  menghasilkan uang saku tambahan. Tidak ada yang bilang kalau hari perayaan cinta ini hanya boleh dirayakan para pasangan, kan?  

Kuis untuk Anda: Apakah Anda dan Pasangan Cocok Secara Finansial?

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×