Perkiraan Biaya Cek Kesehatan di 3 Kota di Indonesia


Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Pepatah di atas seharusnya kita anut jika bicara mengenai masalah kesehatan. Sayangnya, penerapan kata-kata tersebut memang lebih susah dilakukan. Hal yang sering terjadi pada orang-orang di sekeliling kita, atau bahkan kita sendiri, ialah mengetahui tentang kondisi kesehatan setelah mengalami tanda-tanda sakit.

Untuk mencegah hal ini, kita bisa memanfaatkan layanan cek kesehatan atau yang biasa disebut medical check-up (MCU). Dengan MCU, kita bisa mengetahui kondisi organ-organ tubuh vital kita sehingga bisa mengambil tindakan pencegahan jika diperlukan.

Biaya cek kesehatan bisa beragam, dari beberapa ratus ribu hingga lebih dari sepuluh juta rupiah, tergantung dari seberapa lengkap pemeriksaan yang dilakukan,  pilihan rumah sakit, serta jenis kelamin pasien. Pada umumnya, biaya pemeriksaan untuk perempuan lebih tinggi daripada pria.

Jadi, apa saja yang bisa kita temukan dalam paket cek kesehatan pada umumnya?

Paket cek kesehatan (MCU) biasanya meliputi:

  • Pemeriksaan fisik
  • Tanya-jawab riwayat kesehatan dengan dokter
  • Pemeriksaan berat (BMI), pemeriksaan jantung melalui ECG
  • Analisa urine
  • Pemeriksaan X-ray untuk memeriksa bagian dalam tubuh
  • Pemeriksaan hematologi (untuk mengetahui keadaan darah) dan biochemistry

Sebagai gambaran, berikut harga paket MCU dari beberapa rumah sakit terkemuka di area Jabodetabek, Surabaya dan Bandung. Selain rumah sakit, ada juga beberapa laboratorium serta perusahaan farmasi yang menyediakan layanan cek kesehatan dasar.

klik untuk perbesar tampilan

Melihat besarnya biaya yang harus dikeluarkan, sangat disarankan untuk memasukkan pengeluaran yang satu ini ke dalam anggaran. Jika biayanya sudah ditanggung oleh  asuransi atau perusahaan tempat Anda bekerja, jangan ragu untuk memanfaatkan fasilitas tersebut secara rutin. Dengan begitu, Anda pun bisa memonitor kesehatan dan bebas dari kekhawatiran.

Baca juga: Cara Menabung dengan Menghentikan Kebiasaan Buruk

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×