5 Tips Memaksimalkan Uang untuk Liburan


Banyak keluarga di Indonesia akan menikmati libur panjang saat Idul Fitri, entah karena mudik atau hanya perlu jauh dari rumah sementara asisten rumah tangga pulang kampung.

Jadi, sementara Anda giat mempersiapkan rencana liburan, LiveOlive punya beberapa tips untuk menghemat uang:

1. Buat anggaran per hari

Membuat anggaran adalah satu hal yang akan terus kami ingatkan kepada Anda, karena berlibur tanpa ini sama dengan mengundang masalah. Di akhir perjalanan, Anda mungkin sudah menguras tabungan di bank, memakai seluruh limit kartu kredit, atau membeli terlalu banyak oleh-oleh.

Menentukan batas pengeluaran liburan adalah awal yang bagus untuk merencanakan agenda perjalanan Anda. Jika ingin lebih hemat lagi, tentukan batas pengeluaran per hari sepanjang liburan. Contohnya, jika Anda sudah membeli tiket pesawat ke Bali untuk libur lebaran nanti, tanyakan ekspektasi mereka yang pergi berlibur dengan Anda dan batasi pengeluaran Rp 300.000 sehari. Lebih baik menekan ekspektasi sebelum berangkat, daripada nanti terkejut atau merasa sebal karena diajak makan di restoran mahal setiap hari atau harus membayar sewa mobil harian.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan Rp 300.000 sehari, bahkan di negara lain seperti Malaysia, Vietnam, atau Thailand.

2. Cari diskon, gratisan dan promosi serupa

Hindari stres dengan menyelesaikan rencana perjalanan Anda berminggu-minggu sebelum hari keberangkatan. Umumnya, saat terbaik untuk memesan tiket perjalanan saat musim liburan adalah sekitar tiga minggu hingga tiga bulan di muka. Pertengahan minggu juga menawarkan harga lebih murah untuk banyak hal – tiket pesawat, hotel, tiket bioskop, taman hiburan, dan sebagainya – dibandingkan akhir pekan.

Kami mengenal beberapa orang yang senang menunggu penawaran "menit-menit terakhir" untuk tiket pesawat, akomodasi, dan lain-lain. Jika Anda ingin melakukan hal tersebut, pastikan saja Anda sudah punya Rencana B jika ternyata harga yang Anda tunggu tidak berkurang sebanyak yang Anda harapkan, misalnya Anda mungkin terpaksa berangkat pada saat tanggal merah tersebut.

Jika Anda memiliki kartu kredit dan keanggotaan maskapai penerbangan tertentu, gunakan reward point kartu kredit untuk membayar tiket pesawat Anda dan cek apakah kartu Anda menawarkan diskon dan cicilan bunga 0% untuk hal-hal yang berhubungan dengan tamasya. Situs seperti Groupon, Tiket.com, Traveloka akan menawarkan promosi travel dari waktu ke waktu, maka pastikan Anda sudah berlangganan newsletter mereka.

3. Bawa barang seringkas mungkin

Dari pengalaman liburan sebelumnya, Anda mungkin menyadari bahwa Anda membutuhkan barang lebih sedikit dari yang Anda kira – terutama jika Anda bermaksud mudik. Membawa tas seringkas mungkin tidak hanya menyisakan bagasi lebih banyak untuk perjalanan kembali, namun juga mengurangi biaya bagasi ketika Anda berpergian dengan maskapai murah.

Tak hanya itu, jika Anda membawa satu tas saja, Anda akan lebih mudah berpergian dengan transportasi umum – yang jauh lebih murah daripada naik taksi.

4. Makan seperti orang setempat

Selama liburan, kegiatan makan akan menyedot sebagian besar anggaran kita. Cara terbaik untuk menghemat pos yang satu ini ialah dengan makan seperti orang setempat, dimanapun Anda berada. Misalnya, Anda bisa menghabiskan Rp 20.000 hingga Rp 400.000 untuk satu kali makan di Bali – tergantung dari tempat yang Anda pilih. Lebih baik hindari "jebakan turis", misalnya restoran yang sering direkomendasikan oleh pengemudi mobil sewaan. Anda selalu bisa mengandalkan mobile app seperti Foursquare untuk mencari restoran atau minimarket terdekat.

Jika Anda berlibur bersama keluarga, cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan membawa makanan dan cemilan sendiri. Pertimbangkan untuk membeli makanan di supermarket lokal dan memasak sendiri.

5. Tinggal di sebuah rumah, bukan hotel

Meski tinggal di hotel mudah dan nyaman, hal tersebut juga akan membatasi gerak Anda sehari-hari, misalnya ketika Anda ingin memanaskan makanan, mencuci baju, dan sebagainya.

Ada alternatif lain yang bisa Anda coba di luar sana, misalnya menyewa vila teman, menyewa apartemen lewat Airbnb, Wimdu, atau tinggal di hostel yang menyediakan tempat tidur untuk 4 orang dalam satu kamar, berikut fasilitas umum seperti ruang laundry, dapur, dan ruang hiburan. Bahkan, banyak hostel menyediakan ruang permainan dan mesin penjual makanan/ minuman. Jika durasi liburan Anda cukup lama, trik ini bisa menghemat banyak uang hanya dari hal-hal kecil tersebut.

Baca juga: Trik Rileks di Jakarta Saat Libur Lebaran

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×