Tips Liburan ke Maldives untuk Bulan Madu


Maldives atau Maladewa, sebuah negara yang berada di lokasi strategis di jalur Samudera Hindia, terkenal dengan keindahan pantai dan pemandangan bawah lautnya. Tak heran, negara kepulauan ini kerap menjadi destinasi bulan madu bagi para selebriti, seperti Tom Cruise dan Katie Holmes, juga Katy Perry dan Russel Brand – ketika dulu mereka masih bersama.

Jika Anda berencana berbulan madu ke Maldives bersama pasangan, simak dulu tips berlibur ke negara tropis terkecil di Asia ini.

Mata Uang dan Visa

Maldives menggunakan mata uang Rufiyaa, dimana 1 rufiyaa nilainya setara Rp 949 per September 2015. Beberapa tempat menerima pembayaran dengan kartu kredit, meski untuk amannya Anda bisa membawa uang tunai cukup di tangan.

Turis Indonesia tidak perlu mengajukan visa untuk berlibur ke Maldives selama tidak lebih dari 30 hari.

Tiket pesawat

Harga tiket pesawat pulang-pergi dari Jakarta ke ibukota Maldives, Male, bisa dibeli mulai sekitar Rp 5 juta dengan budget airline seperti Tiger Air, hingga sekitar Rp 13 juta dengan maskapai Singapore Airlines. Umumnya, penerbangan dari Jakarta memerlukan 1-2 kali transit di Singapura atau Sri Lanka, sehingga total waktu perjalanan bisa mencapai antara 7-12 jam – tergantung lama transit.

Tip: beberapa budget airlines sering menawarkan tiket promo dengan selisih harga Rp 1 juta-Rp 3 juta lebih murah, dengan keberangkatan dari Singapura. Anda bisa menghemat uang dari selisih harga tersebut, dengan membeli tiket promo pulang pergi Jakarta-Singapura. Pastikan saja jadwal penerbangan Anda tidak terlalu ketat; siapkan minimal 4 jam transit untuk menghindari resiko tertinggal pesawat selanjutnya.


Transportasi

1. Menuju pulau penduduk

Pulau penduduk di Maldives di antaranya Male, Hulhumale, Maafushi, Villingilli, Thilafushi. Transportasi umum yang digunakan antar pulau penduduk ini ialah kapal feri umum, yang berangkat hampir setiap jam. Dengan durasi 10-30 menit, tarifnya berkisar antara 3-11 rufiyaa sekali jalan.

Agama resmi di Maldives adalah Islam, karena itu kapal feri tidak beroperasi selama waktu dzuhur pada hari Jumat.

Untuk transportasi di darat, Anda bisa menggunakan taksi yang bertarif flat 25 rufiyaa. Ada juga bus umum dengan tarif 3 rufiyaa yang mengelilingi pulau.

2. Menuju resort

Semua resort yang ada di Maldives hanya dapat diakses dengan layanan transportasi yang ditetapkan resort tersebut, dengan speedboat atau jet pribadi. Biaya menggunakan speedboat dari airport ke resort terdekat, yaitu Kurumba, besarnya USD 80 per orang untuk perjalanan pulang-pergi berdurasi sekitar 5-10 menit.

Jika Anda memilih menggunakan seaplane, biaya pulang-pergi ke resort bisa mencapai sekitar USD 350 per orang, dengan durasi perjalanan sekitar 15 menit.


Akomodasi

Penginapan di Maldives sangat beragam – dari guest house sederhana hingga resort mewah bisa ditemukan dengan mudah di sini.

  • Guesthouse

Penginapan murah paling mudah dijumpai di pulau Male, Hulhumale, dan Maafushi. Di pulau-pulau inilah biasanya para backpacker menginap. Biaya penginapan per malam mulai dari Rp 300.000. Perhatikan peraturan setempat jika menginap di pulau-pulau lokal, karena ada larangan memakai bikini atau pakaian seksi, serta konsumsi alkohol.

  • Hotel

Jika tidak ingin bermalam di penginapan murah namun dana tidak mencukupi untuk bermalam di resort, maka hotel bisa menjadi pilihan. Di pulau Male dan Hulhumale, banyak sekali hoteldengan biayasekitar Rp 500.000 hingga Rp 1,5 juta per malam. Pihak hotel umumnya juga menyediakan jasa shuttle ke bandara dengan biaya USD 10 per orang sekali jalan.

  • Resort

Untuk menginap di resort privat, Anda harus menyiapkan dana minimal USD 200 per malam. Jika menginginkan kamar di atas air (overwater villa), maka siapkan setidaknya USD 350 per malam. Saat melakukan booking,cek apakah rate yang ditawarkan sudah termasuk makan dan minum, sebab biaya makan selama di resort bisa sangat mahal. Sebaiknya pilih layanan full board yang sudah mencakup sarapan, makan siang, dan makan malam.

Tip: Pesan kamar dengan tipe termurah melalui situs online, kemudian jika Anda ingin upgrade ke overwater villa, lakukan saat check-in di resort. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat beberapa ratus dolar dibandingkan jika memesan overwater villa melalui situs online.

Makanan dan minuman

Sesuai letak geografis yang berada di antara Sri Lanka dan India, makanan asli Maladewa pun kebanyakan seperti makanan India yang kaya rempah seperti kari. Jika Anda menginap di pulau berpenduduk lokal, biaya makan bisa ditekan hingga USD10- USD 30 per orang sehari. Namun, jika Anda menginap di resort dan tidak memilih opsi full board atau all inclusive, siapkan anggaran minimal USD 50- USD 100 per hari untuk makan dan minum.

Aktivitas selama di Maldives

Kegiatan yang paling populer selama berada di negara tropis ini, antara lain:

  • Snorkeling. Biaya mulai dari USD 25 per orang. Gratis jika menginap di resort.
  • Island hoping. Biaya mulai dari USD45 per orang.
  • Sunset cruise. Biaya mulai dari USD26 per orang.
  • Parasailing. Biaya mulai dari USD85 per orang.
  • Seaplane photo flight. Biaya mulai dari USD 150 per orang.
  • Scuba diving. Biaya mulai dari USD60 per orang – hanyatermasuk tabung dan pemberat
  • Sunset/night fishing. Biaya mulai dari USD45 per orang.
  • Dolphin safari. Biaya mulai dari USD45 per orang.
  • Visit local island. Biaya mulai dari USD30 per orang.
  • Submarine tour. Biaya mulai dari USD170 per orang.

Asuransi Perjalanan

Anda bisa saja membeli asuransi perjalanan dari maskapai penerbangan, tapi manfaatnya hanya sebatas melindungi saat terjadi kecelakaan pesawat, kehilangan bagasi dan penundaan penerbangan. Jika Anda menginginkan perlindungan yang mencakup biaya perawatan Rumah Sakit, Anda bisa membeli asuransi travel guard mulai dari USD 5 per orang untuk perjalanan 4 hari.

Baca juga: Liburan ke Nepal di bawah Rp 7 Juta

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×