6 Tips Terbaik Sebelum Anda Memutuskan Untuk Kos


Memilih kos bisa jadi lebih murah atau malah lebih mahal, mudah atau sulit, tergantung pada seberapa besar rasa nyaman yang ingin dimiliki untuk pindah, mengangkut barang-barang, secara berulang-ulang. Jadi daripada menyesal, alangkah baiknya jika Anda melakukan beberapa penelitian kecil.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kos.

1. Pilih tempat dengan fasilitas yang memadai. Setiap kos menawarkan fasilits yang berbeda. Biasanya, paket standar menyediakan ranjang dan kamar mandi. Fasilitas lainnya yang mungkin termasuk adalah AC, meja dan kursi, koneksi internet, TV berlangganan, dan servis laudry. Pastikan apa-apa saja yang Anda butuhkan karena fasilitas lainnya berarti harga yang lebih mahal.

2. Lokasi, Lokasi, Lokasi. Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, hindari lokasi yang terlalu jauh dari tempat bekerja atau kampus Anda. Walaupun harga bulanan tempat kos Anda cukup murah, tetapi biaya yang akan Anda keluarkan untuk transportasi akan membengkak. Khususnya di kota yang penduduknya padat seperti Jakarta, walau Anda memiliki kendaraan pribadi, waktu yang akan Anda habiskan di jalan juga harus dipertimbangkan, terlebih jika sampai menghabiskan waktu berjam-jam untuk menempuh jarak dekat. Di samping lokasi yang dekat dengan tempat beraktifitas Anda, juga dirasa perlu untuk memperhatikan berbagai akses menuju fasilitas umum seperti tempat makan, pusat kebugaran, kafe yang menyediakan internet, pasar atau pusat perbelanjaan, dan bahkan mal. Ingatlah prinsip perumahan yang terkenal: Lokasi, Lokasi, Lokasi.

3. Lingkungan yang aman dan tenang. Perhatikan apa saya yang berada di sekitas tempat kos. Lewatkan daerah yang terlalu ramai dan berisik. Pilih tempat yang menurut Anda cukup kondusif terkait dengan keselamatan, pekerjaan, atau waktu belajar Anda.

4. Perhatikan peraturan kos. Beberapa rumah kos memiliki peraturan yang cukup ketat. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga kenyamanan penghuni. Terkadang, mungkin, beberapa peraturan tidak sesuai dengan kegiatan lain yang Anda miliki, seperti halnya jam malam, melarang untuk membawa teman lawan jenis ke dalam kamar, dan lain-lain.

5. Perhatikan kamar mandinya baik-baik. Di samping kondisi ruangan, coba tengok kamar mandinya. Jika kamar mandi berada di luar, pastikan jumlah yang tersedia seimbang dengan jumlah penghuni. Perhatikan kebersihan dan bak mandinya, dan juga persediaan air. Air tanah terkadang berbau dan tidak bersih.

6. Kepribadian pemilik kos. Kenali pemilik atau tukang sewa kos yang akan Anda tinggali. Seringnya penghuni mengeluh bukan hanya tentang fasilitas, tapi juga pemilik. Anda bisa menanyakannya kepada penghuni lama untuk masalah ini. Hindari pemilik kos yang kira-kira bertingkah nakal dan genit, emosi yang buruk, atau gila uang. Beberapa pemilik kos bahkan hobi untuk ikut campur ke dalam urusan pribadi penghuninya

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×