​Jangan Percaya Ramalan! Siasati 2016 dengan Keahlian Ini


Memasuki tahun baru, sudah selayaknya kita bersiap menghadapi perubahan dan tantangan baru. Salah satu perubahan yang akhir-akhir ini sering kita dengar ialah seputar pembentukan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), yang singkatnya merupakan pasar tunggal untuk barang, jasa, modal dan tenaga kerja di kawasan regional Asia Tenggara.

Oleh sebab itu, penguasaan keterampilan tertentu bisa memberi dorongan bagi peningkatan karir Anda, diantaranya:

1. Bahasa Asing

Menuju 2016, Anda akan menemukan lebih banyak pekerja asing yang mengincar berbagai posisi penting di perusahaan lokal maupun multinasional. Kemampuan berbahasa asing akan membuat Anda menonjol diantara staf lainnya. Ini saat yang tepat untuk mengambil kursus atau berlatih bahasa asing yang kelak atau saat ini sudah sering digunakan di dalam perusahaan tempat Anda berkarier.

Dea, 23, pernah sekali mendapatkan hambatan karena gagal dalam tes Bahasa Inggris tertulis maupun lisan. “Perusahaan yang saya lamar memang bukan perusahaan asing, tapi kemampuan standar berbahasa Inggris ternyata dibutuhkan,” katanya.

“Sewaktu perusahaan mengetahui kekurangan saya, (diberitahu) bahwa pekerjaan saya akan banyak berhubungan dengan beberapa terjemahan dan menulis laporan dalam Bahasa Inggris, sehingga saya akan kesulitan nantinya. Saya tidak dipanggil lagi setelah dua minggu,” kenang Dea.

Menurut Sidharta Tedja, Senior Consultant dari perusahaan talent managament SHL Indonesia, beberapa perusahaan lokal saat ini memberikan syarat kemampuan berbahasa Inggris, meski belum tentu digunakan sehari-hari. “Sudah sering terdengar keluhan dari manajer, dimana staf-nya ketika diminta presentasi dalam bahasa Inggris ke klien, nggak mau karena merasa tidak percaya diri,” tuturnya.

2. Penyampaian Pesan dan Presentasi

Kolega atau klien Anda mungkin tidak mengerti apa yang Anda lakukan atau inginkan apabila Anda tidak mampu mengkomunikasikannya dengan baik. Ilmu atau bidang yang Anda miliki akan semakin sempurna jika didukung oleh  kemampuan presentasi yang efektif, sehingga Anda tak perlu bergantung pada orang lain untuk ‘menerjemahkannya’.

“Banyak pekerjaan yang cepat atau lambat akan menuntut kemampuan menjelaskan dan menjual gagasan secara ringkas, jelas, sekaligus menarik,” tutur Sidharta, yang juga sering dipanggil Idhar.

Menurutnya, keterampilan tersebut meliputi kemampuan mengenali lawan bicara serta mengemas pesan yang harus disampaikan. “Kemampuan menggunakan perangkat dan software untuk bisa menghasilkan presentasi yang menarik jadi penting,” jelasnya.

  1 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×