Catatan Pengingat Januari (2016)


1. Buat target baru

Memasuki tahun 2016, saatnya Anda menyiapkan rencana baru dan belajar untuk menjadi lebih baik dari tahun lalu. Seandainya target tahun kemarin tercapai, Anda mungkin perlu menambah atau menaikkan target yang nantinya akan berguna bagi Anda di masa mendatang. Jangan ragu untuk senantiasa belajar hal-hal baru dan menantang diri sendiri.

2. Siapkan kewajiban lapor pajak

Sebagai tenaga kerja Indonesia, Anda perlu meminta formulir 1721-A1 (atau 1721-A2 untuk pegawai negeri) dari perusahaan tempat Anda bekerja sepanjang tahun lalu. Intinya, dokumen ini membuktikan kalau perusahaan sudah membayarkan pajak penghasilan (PPh) Anda kepada pemerintah, kemudian Anda harus menyertakan fotokopi formulir ini bersama dengan Formulir SPT Tahunan yang Anda kirimkan ke kantor pajak sebelum akhir Maret. Jika Anda punya usaha sendiri, ini saatnya untuk menghubungi akuntan pajak bersertifikat yang dapat membantu Anda melakukan pelaporan.

3. Evaluasi produktivitas

Pernahkah Anda mengukur kadar produktivitas Anda sebagai seorang karyawan atau pengusaha? Jumlah hari dan jam kerja Anda sebenarnya tidak mencerminkan produktivitas Anda; coba evaluasi berapa banyak jumlah pekerjaan yang terselesaikan dan hasil yang tercapai. Lebih dari itu, ukur kadar keberhasilan dan usaha Anda selama periode tersebut. Dengan begitu, Anda pun bisa mencari cara untuk meningkatkan kinerja dan efektivitas kerja Anda.

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×