Cara Cerdas Memanfaatkan Uang Rp 100.000


Bagi sebagian orang, seratus ribu rupiah bukanlah jumlah yang banyak, bahkan uang tersebut bisa dihabiskan dalam sekejap di mal. Namun, sebenarnya hanya dengan selembar uang kertas merah tersebut, atau bahkan kurang, Anda sudah bisa memperoleh produk-produk keuangan yang akan berguna di masa depan.

Beberapa produk ini termasuk mudah dimiliki dan tidak memerlukan persyaratan rumit atau memakan waktu lama, meskipun Anda belum pernah memiliki tabungan atau investasi sebelumnya.

Reksa Dana

“Kelebihan investasi di reksa dana itu kita bisa investasi dengan modal awal yang kecil. Aku memilih reksa dana campuran karena lebih menantang dari segi risiko dibanding reksa dana pasar uang,” kata Fany, 21, seorang mahasiswi yang sudah mulai berinvestasi reksa dana melalui Manulife Aset Management Indonesia, selama setahun terakhir.

Menurutnya, investasi reksa dana cocok bagi pemula yang belum mengerti tentang saham atau obligasi, karena ada manajer investasi yang akan mengelola dana kumpulan tersebut.

[Baca: 5 Hal yang Perlu Diketahui Investor Saham Pemula]

Dengan dana seminim Rp 100.000 per bulan, Anda sudah bisa mulai merencanakan target keuangan Anda. Ada berbagai jenis reksa dana yang bisa dipilih, misalnya reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap, atau reksa dana pasar uang.

Perlahan tapi pasti, pelajari tentang produk-produk tersebut. Kemudian, saat penghasilan Anda meningkat, utamakan untuk menambah porsi investasi Anda, sehingga hasil yang didapat pun lebih terasa dan Anda menyebar risiko investasi untuk mengurangi risiko investasi.

Untuk membeli salah satu produk reksa dana Manulife, calon nasabah tinggal mengisi formulir aplikasi pembelian reksa dana dan melampirkan fotokopi KTP. Setelah itu, setorkan dana melalui teller bank atau transfer ke rekening yang tercantum dalam formulir aplikasi.

Tabungan BTN Perumahan

Kesulitan yang sering dihadapi pasangan yang baru menikah atau orang-orang muda yang ingin membeli rumah pertama adalah mengumpulkan uang muka rumah.

Tabungan BTN Perumahan diluncurkan untuk memotivasi seseorang untuk menabung secara rutin dengan sistem auto debit. BTN sendiri sudah dikenal sebagai bank yang berfokus di bidang pembiayaan kredit perumahan rakyat.

Dengan menjadi nasabah tabungan ini, Anda otomatis akan dibebaskan dari biaya administrasi, dan bisa memperoleh informasi terkait lokasi perumahan, rumah second dan rumah lelang BTN. Nasabah tabungan ini juga akan memperoleh kemudahan mendapatkan KPR melalui BTN.

Untuk membuka tabungan Perumahan BTN, Anda memerlukan KTP, rekening BTN, dan mengisi formulir pembukaan rekening. Setoran awal memang sebesar Rp 2 juta, namun setelah itu Anda bisa menyetor minimal Rp 100.000 per bulan.

“Jika tidak ada transaksi selama enam bulan, maka rekening tidak akan ditutup, namun hanya menjadi rekening pasif yang dapat diaktifkan kembali,” kata Dewi, salah seorang customer service BTN.

Perlindungan untuk Diri Sendiri dan Orang yang Ditinggalkan

Bagi Anda yang berada dalam usia produktif, Asuransi Jiwa Gemilang dari Generali Indonesia memberikan manfaat tambahan yang melindungi dari penyakit kritis dan risiko kematian karena kecelakaan.

Produk unit link ini memiliki nilai investasi, jadi jika Anda memiliki dana lebih, Anda dapat melakukan top up minimal Rp 500.000 di luar premi bulanan untuk menambah nilai investasi tersebut. Dengan bertambahnya usia, jumlah uang pertanggungan akan semakin kecil karena diasumsikan risiko kematian juga meningkat.

Contohnya, jika seseorang membayar premi sebesar Rp 100.000 per bulan dan ia meninggal saat berusia 39 tahun, maka uang pertanggungan yang akan didapatkan ahli warisnya ialah Rp 50 juta. Namun, jika seseorang berusia antara 41-50 tahun, uang pertanggungan yang diberikan sejumlah Rp 20 juta.

  1 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×