​Panduan Diet Keuangan untuk Jadi Lebih Kaya dalam 4 Minggu


Pisahkan Uang Tersebut dari Tabungan atau Dompet

Sebagai penggemar kopi, CS selalu merasa bahwa harinya kurang lengkap tanpa kehadiran espresso. Maka, Starbucks pun menjadi tempat kesayangannya karena mudah ditemukan di mana saja dan bisa berfungsi sekaligus sebagai tempat meeting.

“Dalam sebulan, saya melakukan minimal 4 kali top-up sebesar Rp 100.000 ke dalam kartu Starbucks dan itu selalu habis,” katanya.

CS memasang target menabung sebesar 5% lebih tinggi dari bulan-bulan sebelumnya, untuk melihat apakah hal tersebut bisa dilakukan saat akhir tahun atau tidak. Kesalahannya ialah tidak menyisihkan uang ekstra tersebut ke dalam ‘wadah’ lain, entah sekedar ditabung ke dalam celengan fisik atau ditransfer ke rekening lain. Akhirnya, ia kesulitan mengontrol arus keluar uang dan merasa bebas untuk menggesek kartu debitnya saat melakukan top-up kartu Starbucks.

Berbeda halnya dengan FR, yang menggunakan celengan transparan untuk menyisihkan uangnya setiap hari. Menurutnya, hal ini bisa memotivasinya untuk menambah isi celengan tersebut, sekaligus mengingatkan dirinya jika ia lupa menabung.

Cari Solusi Alternatif untuk Berhemat

Dengan adanya kemauan, setiap orang pasti bisa mencari alternatif atau substitusi untuk hal yang serupa, misalnya seperti yang dilakukan RG untuk memenuhi hobi nonton film yang cukup menguras kantongnya, terutama di hari libur dan akhir pekan. Jenis hiburan yang satu ini memang paling populer di kalangan muda-mudi dan keluarga.

“Aku kurangin pengeluaran untuk snacks and beverages, misalnya dengan makan dulu di rumah sebelum nonton,” jelasnya.

Pengeluaran untuk nonton bioskop setiap minggu bisa mencapai Rp 150,000 untuk berdua, belum ditambah popcorn dan minuman yang menghabiskan sekitar Rp 60.000. Tanpa disadari, dalam sebulan Anda sudah menghabiskan Rp 850.000 untuk pos pengeluaran yang satu ini. Bagi cewek-cewek yang senang memanjakan diri, uang sejumlah itu bisa habis dalam 1-2 kali kunjungan ke salon – entah untuk hair spa atau manicure dan pedicure gel.

Pastikan saja jumlah pengeluaran tersier Anda tidak lebih besar dari jumlah uang yang Anda tabung setiap bulan, ya. Jika ternyata Anda belum menabung paling sedikit 20% dari penghasilan setiap bulan, mulai lakukan diet keuangan dalam minggu ini. Tentunya Anda juga ingin tahun ini lebih baik daripada tahun lalu, kan?

Baca juga: Apakah Tabungan Anda Cukup untuk Masa Depan?

  2 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×