Bertemu Dengan Agen Asuransi Anda: 7 Pertanyaan untuk Ditanyakan


Apakah anda sudah membaca seluruh item yang tercantum pada polis asuransi anda? Well, saya tidak. Huruf yang kecil-kecil membuat saya ‘malas’ membacanya.

Sebenarnya ini tidak baik. Sangat tidak bagus. Anda HARUS membaca dan memahami semua klausul polis asuransi sebelum menandatanganinya. Jadi, trik apa yang saya lakukan agar saya tidak perlu membaca seluruhnya?

Saya menanyakan banyak pertanyaan pada si agen asuransi, dan dia akan menunjukkan klausul yang saya maksud pada polis asuransinya. ;-)

1. Apa saja yang dilindungi asuransi

Jika anda beli asuransi kesehatan, tanyakan jenis penyakit apa saja yang di-cover asuransi. Apakah juga meng-cover penyakit kritis? Sebutkan jenis penyakit yang mungkin akan anda dapatkan di masa depan karena merupakan penyakit keturunan keluarga.

Jika anda membeli asuransi kendaraan, tanyakan pada si agen apakah asuransi meng-cover comprehensive loss (partial loss dan total loss) atau total loss only. Juga tanyakan apakah mereka menjamin kerugian apabila kendaraan hilang dicuri.

2. Besar pertanggungan

Tanyakan pada agen anda, untuk besar premi yang dia tawarkan berapa besar pertanggungan yang akan anda terima. Jika tidak sesuai kebutuhan anda, tanyakan alternatif besaran premi lainnya.

3. Rider atau manfaat tambahan

Jika anda akan beli asuransi jiwa, tanyakan rider apa saja yang disediakan. Beberapa manfaat tambahan yang ada antara lain: waiver of premium (penggantian biaya premi), asuransi kematian akibat kecelakaan (accidental death benefit),  dan asuransi kesehatan.

Jika anda membutuhkan manfaat tambahan ini, tanyakan dengan rinci masing2 fiturnya dan berapa premi tambahan yg harus dibayar.

4. Pembayaran premi

Tanyakan apakah pembayaran premi per bulan, per semester atau per tahun. Tanyakan juga bagaimana pembayarannya, apakah transfer sendiri via bank, langsung ke kantor cabang terdekat, atau autodebet kartu kredit/rekening bank anda.

5. Proses klaim

Jika anda beli asuransi kesehatan, tanyakan apakah proses klaim cashless (ada rumah sakit provider) atau reimbursement. Tanyakan juga dokumen apa saja yang perlu disiapkan dalam proses klaim, dan ke mana harus mengirimnya.

6. Cabang perusahaan asuransi

Tanyakan keberadaan cabang perusahaan asuransi di kota tempat tinggal anda. Jika tidak ada, apakah ada di kota terdekat. Ini penting jika anda ingin komplain atau mengajukan klaim asuransi. Agen adalah penjual, bukan bagian yang akan menangani klaim anda.

7. Asuransi dan investasi

Tanyakan apakah asuransi yang ditawarkan adalah kombinasi asuransi dan investasi. Jenis asuransi kesehatan dan asuransi jiwa bisa digabung dengan investasi, yang disebut unit link. Jika ya, tanyakan dengan rinci uang pertanggungan tetap yang akan anda terima. Juga instrumen investasi apa yang digunakan untuk menginvestasikan uang anda.

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×