Paket Internet: Perbandingan Simpati, Xl, Smartfren, IM3


Menghitung Pemakaian Internet dalam Sebulan
Tabel Harga Paket Internet Terbaru
Perbandingan Harga Paket Internet Rumah + TV Kabel

Jika bicara soal anggaran bulanan, sepertinya kita sudah tidak bisa lagi mengabaikan pos pengeluaran data, alias paket internet. Kalau kita coba mengingat-ingat, kapan terakhir kali kita pernah lupa mengakses email atau media sosial selama satu hari penuh? Meski termasuk kebutuhan tersier, namun kehadiran infrastruktur ini sudah bagaikan air dan udara penunjang produktifitas kita.

“Bahkan saat berlibur pun, saya ingin memastikan kalau tempat tujuan tersebut dijangkau internet,” kata Manda, seorang blogger yang rata-rata dalam sebulan menghabiskan Rp 200.000 untuk paket internet mobile. Dari hasil survei yang dilakukan Google Indonesia tahun 2015, diketahui bahwa rata-rata orang Indonesia menghabiskan 5,5 jam per hari untuk melihat layar smartphone mereka. Bahkan, di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, tidak mengherankan jika satu orang membawa 2-3 smartphone sekaligus.

Jika Anda termasuk satu dari 80 juta orang Indonesia yang selalu menggunakan internet sehari-hari, Anda tentunya memerlukan kejelian dalam memilih paket internet yang murah dan efektif. Misalnya, jika Anda sering mengakses YouTube dan Netflix, apakah lebih baik berlangganan paket internet unlimited atau volume based?

Menghitung Pemakaian Internet dalam Sebulan

Menurut Royce Simona, seorang pemerhati gadget dan teknologi, ada baiknya untuk menghitung konsumsi data dalam sebulan, kemudian membeli paket internet sejumlah yang dibutuhkan.

“Walaupun beberapa operator selular menawarkan paket internet unlimited, tapi harganya hampir dua kali lipat paket normal dan para operator menetapkan batas pemakaian normal (Fair Usage Policy, disingkat FUP), rata-rata berkisar di 1GB. Setelah Anda melewati FUP ini maka kecepatan internet akan turun drastis,” jelasnya.

Sebagai contoh, paket internet unlimited Indosat IM3 seharga Rp 50.000 memiliki FUP 500MB, dengan kecepatan maksimum 185 Mbps, maka setelah pemakaian internet Anda melebihi 500MB, kecepatan internet akan turus menjadi 16 Kbps atau hanya 1% dari kecepatan awal. Kemungkinan besar, Anda pun tidak bisa lagi mengakses video streaming seperti YouTube sepuasnya.

Anda bisa memperkirakan kebutuhan internet Anda berdasarkan kebiasaan sehari-hari. Meski perhitungan kami tidak sepenuhnya akurat, sebagai contoh saja satu video YouTube berdurasi 3 menit dengan resolusi standard (480p) bisa menghabiskan sekitar 17MB data, sementara satu film Netflix dengan kualitas SD akan menghabiskan sekitar 1GB data per jam – atau 3GB data untuk kualitas video HD.

Panggilan telepon antar pengguna layanan GSM yang berbeda bisa menyedot pulsa sekitar Rp 2000 per menit – karena itu banyak orang kini mulai beralih menelepon via messenger app seperti WhatsApp, Viber, Line, atau Kakao Talk. Perkiraan jumlah data yang terpakai untuk melakukan WhatsApp call selama semenit adalah 0,2MB di jaringan 3G. Jika Anda menggunakan layanan XL tanpa berlangganan paket internet apa pun, Anda akan dikenakan Rp 1 per KB, sehingga Anda hanya menghabiskan sekitar Rp 200 per menit. Jika Anda sering menggunakan video call Skype untuk komunikasi bisnis, konsumsi data bisa mencapai sekitar 30MB per menit. Hal ini tentu hanya memungkinkan jika lokasi Anda dan orang yang Anda hubungi memiliki infrastruktur internet yang memadai, karena kualitas suara yang bagus membutuhkan dukungan jaringan 3G.

Bagaimana dengan Facebook? Saat melakukan aktivitas browsing biasa di Facebook – chatting, browsing foto, menulis status, dan mengunjungi beberapa link – Anda akan menghabiskan sekitar 2MB data per menit.

Maka, dengan asumsi Anda mengakses Facebook rata-rata 10 menit setiap harinya, dalam sebulan Anda membutuhkan minimal 600MB data. Jika Anda suka menonton YouTube rata-rata 30 menit seminggu saat terjebak macet di jalan, Anda membutuhkan sekitar 680MB data. Ditambah email, radio online, browsing ke situs belanja online, dan sebagainya, total kebutuhan internet Anda mencapai sekitar 1,2GB hingga 2GB. Jika Anda membatasi koneksi layanan streaming saat mobile terhubung pada Wi-Fi saja, Anda bisa menekan penggunaan internet hingga 800MB per bulan.

Cara termudah untuk menghitung pemakaian internet Anda ialah dengan mencatat 5 situs atau mobile app yang paling sering Anda kunjungi setiap bulan dan memperkirakan total pemakaian data dari masing-masing situs atau app tersebut selama sebulan. Paket internet berdasarkan volume pemakaian (volume based) biasanya lebih murah sekitar 20% jika Anda memilih masa aktif 30 hari, dibandingkan paket internet dengan masa aktif 7 hari atau 14 hari.

Berikut ini perkiraan jumlah kuota internet yang bisa terpakai sesuai kebiasaan Anda sehari-hari:

Cara hitung pemakaian paket internet

Cara Memilih Operator GSM

Beberapa operator GSM berlomba-lomba memberikan harga murah untuk memenangkan persaingan, namun pada akhirnya kecepatan serta luas jaringan tetap menjadi pertimbangan utama saat memilih operator data.

Kecepatan akses internet dipengaruhi oleh kualitas jaringan di tempat Anda. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menguji kualitas jaringan di tempat Anda ialah dengan menjalankan aplikasi Speedtest yang dapat di download secara gratis di Google Play store atau Apple App Store.

“Pilihlah provider yang hasil test kecepatannya minimal 4 Mbps, semakin tinggi semakin bagus,” saran Royce.

Berdasarkan pertimbangan di atas, berikut tabel harga dari beberapa operator GSM prabayar yang populer di Indonesia:

Perbandingan Paket Internet Telkomsel Simpati/ As, XL, Indosat IM3/ Mentari Ooredoo, Smartfren & Bolt*

Harga paket internet mobile terbaru

Tabel harga paket internet terbaru bisa diunduh di sini.

*Harga adalah benar pada saat artikel ditulis dan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyedia layanan.

Paket Internet di Rumah

Memilih paket internet untuk penggunaan di rumah juga membutuhkan sedikit pertimbangan. Bagi Anda yang sering berada di luar rumah, Anda mungkin masih bisa menggunakan modem Wi-Fi – terutama jika Anda tinggal di lokasi strategis dan tidak tertutup oleh gedung-gedung tinggi atau berada di lantai tinggi. Namun, jika ada beberapa anggota keluarga yang membutuhkan koneksi internet, lebih baik gunakan layanan internet kabel.

“Internet kabel umumnya lebih stabil, kecepatannya lebih tinggi dan unlimited (pemakaian data),” kata Royce.

Saat ini sudah banyak provider paket internet kabel yang menawarkan layanan berikut dengan saluran (channel) TV kabel. Semuanya tergantung dari berapa banyak waktu luang yang Anda bisa habiskan untuk menonton TV, karena ada puluhan hingga ratusan channel yang bisa dipilih!

Perbandingan paket internet rumah + TV kabel (First Media, Indihome, Biznet, dan MNC Play Media)*

Tiap provider memiliki keunggulan tersendiri, misalnya:

  • Indihome adalah produk PT Telkom Indonesia yang menggantikan Telkom Speedy, jadi bisa dibilang memiliki cakupan area paling luas diantara provider lainnya
  • Biznet memberikan bonus kuota internet melalui Biznet Wi-Fi atau hotspot yang biasanya terdapat di Starbucks, 7-Eleven dan mal-mal
  • Indihome memberikan paket termasuk telepon ke nomor Telkom selama 1000 menit dan akses hotspot gratis melalui Indonesia Wifi (Wifi.id)
  • First Media X1 memiliki fasilitas Catch Up TV dan Video Recorder melalui First Media Smart Box HD, yang memungkinkan Anda menonton atau merekam acara TV yang Anda inginkan kapan saja, serta menjalankan aplikasi Android di TV Anda
  • MNC Play Media memiliki fasilitas TV kabel yang memungkinkan penonton melakukan pause, rewind and play, atau pun memutar TV on Demand (TVoD)

Semoga dengan banyaknya pilihan ini, Anda semakin mudah menetapkan anggaran untuk biaya paket internet Anda setiap bulannya. Jangan lupa hubungi provider yang bersangkutan untuk memastikan harga dan area jangkauan layanan yang Anda inginkan. Selamat memilih!

Baca juga: Bagaimana Saya ‘Menemukan’ Ekstra Rp 1 Juta Tiap Bulan

*Harga adalah benar pada saat artikel ditulis dan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyedia layanan.

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×