5 Langkah yang Terbukti Berhasil untuk Memulai Bisnis Sampingan Sendiri


Berapa banyak dari kita yang berpikir untuk mempunyai bisnis sendiri saat sudah tidak bekerja lagi di kemudian hari?

Sebenarnya, seseorang tidak perlu mengundurkan diri dari pekerjaan terlebih dulu untuk bisa memulai bisnis sampingan. Banyak karyawan yang terbukti berhasil membuat bisnis atau bekerja part-time di sela-sela waktu luang yang tersedia. Simak saja beberapa tips dari mereka yang sudah berhasil menjalaninya.

1. Identifikasi masalah

Cara termudah untuk membuat suatu usaha ialah dengan memecahkan masalah yang kita temui sehari-hari, karena sebenarnya setiap masalah yang datang dapat diubah menjadi peluang. Anda bisa mulai dengan bertanya pada diri sendiri tentang barang atau jasa yang Anda butuhkan namun belum ada yang menyediakan.

Contohnya Dina, 34, yang memulai usaha event organizer pesta ulang tahun berawal dari kesulitannya menemukan supplier yang sesuai untuk mewujudkan pesta ulang tahun anaknya Dio – yang saat itu berusia 5 tahun.

“Kebanyakan vendor menawarkan pesta bertema umum yang mainstream, seperti tokoh kartun. Kami menginginkan pesta ulang tahun yang elegan namun tetap fun. Karena itu, saya dan suami memutuskan untuk mengerjakan sendiri semuanya, mulai dari konsep, desain, dan segala detail-nya. Ternyata, bukan hanya kami yang puas dengan hasilnya, tapi para tamu juga terkesan dengan pesta tersebut,” tutur ibu yang sehari-harinya bekerja full time sebagai sekretaris direksi di sebuah perusahaan otomotif lokal tersebut.

2. Riset permintaan pasar

Langkah kedua setelah mengidentifikasi masalah adalah mengenali permintaan pasar. Ini bisa dimulai dengan membuat survei sederhana, seperti bertanya ke target market yang sesuai, mengamati kebutuhan serta perilaku pasar.

Hal ini dilakukan Dina, yang menampung permintaan pasar dan mengimplementasikan idenya sebagai usaha sampingan mereka.

“Banyak dari tamu yang datang ke pesta ultah Dio akhirnya minta bantuan kami untuk merancang pesta yang sesuai dengan permintaan mereka, jadi kami seriusi saja sebagai usaha sampingan yang hasilnya sangat menguntungkan,” katanya.

Menurut Dina, ia dan suami mendengarkan setiap permintaan klien dengan baik, sambil memberi masukan yang sesuai dengan trend dan pengalaman mereka.

  1 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×