Cara Menurunkan Berat Badan dengan Aman


Semua orang ingin memiliki berat badan ideal, bahkan ada yang berani melakukan metode-metode diet tak teruji serta “bereksperimen” dengan tubuh mereka untuk mencapai hal tersebut. Padahal, hal yang terpenting ialah memastikan bahwa upaya menurunkan berat badan tersebut aman dan bisa berkelanjutan.

Definisi “gemuk” dan “kurus” itu sendiri bisa sangat dipengaruhi lingkungan tempat seseorang dibesarkan, informasi media, serta sejarah perubahan berat badan orang yang bersangkutan. Cara termudah untuk memonitor berat badan mungkin dengan membeli sebuah timbangan berat badan, namun bukan berarti itu adalah cara yang terbaik. Bentuk tubuh yang ideal tidak hanya dilihat dari berat badan, melainkan juga tinggi badan, ukuran pinggang, pinggul, dan dada – terutama bagi wanita.

Menurut World Health Organization (WHO), Body Mass Index adalah cara efektif untuk mengetahui apakah seseorang termasuk terlalu kurus (BMI antara 16,5-18,5 kg/m2), normal (BMI antara 18,5-25 kg/m2), kelebihan berat (BMI antara 25-30 kg/m2), atau menderita obesitas (BMI di atas 30 kg/m2). Anda bisa menghitung BMI sendiri dengan membagi antara berat badan Anda dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter persegi. Panduan ukuran lain yang bisa digunakan ialah rasio pinggang-pinggul (waist-hip ratio) dan rasio panggang-dada (waist-bust ratio). Jika Anda belum pernah melakukan pengukuran semacam ini, coba lakukan sendiri menggunakan meteran kain.

Ada alasan mengapa pria dan wanita mengidolakan bentuk tubuh seperti yang dimiliki Scarlett Johansson, Jennifer Lopez dan Kim Kardashian; mereka tak hanya kurus di pinggang, tapi juga berbentuk bagaikan gitar atau jam pasir. Scarlett Johansson memiliki BMI 22.5, sementara Kim Kardashian dan Jennifer Lopez memiliki BMI 21,5, dengan rasio pinggang-pinggul berkisar antara 0,6-0,7! Mereka tentu tidak mendapatkan bentuk badan idaman tanpa kerja keras, melainkan dengan bantuan pelatih pribadi serta pengaturan menu makan yang khusus.

Para pengagum selebriti yang tidak menghiraukan fakta tersebut kemudian merasa tidak percaya diri dengan tubuh sendiri dan senantiasa mencari cara untuk menghilangkan lemak di tubuh, meski dengan cara-cara tidak aman – dari mulai diet keras, minum obat pelangsing, hingga operasi sedot lemak.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cara aman, coba terapkan beberapa “prinsip” dasar yang terbukti efektif serta tidak perlu mengeluarkan banyak biaya ini:

1. Membiasakan Diri Sarapan

Secara umum, wanita dewasa membutuhkan sekitar 1800-2000 kalori per hari, sementara pria sekitar 2200-2500 kalori per hari. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda bisa mengurangi asupan kalori hingga 1000-1400 kalori per hari – tergantung dari usia dan berat badan Anda.

Banyak orang yang ingin mengurangi asupan kalori ini dengan menghilangkan sarapan di pagi hari. Padahal, orang yang secara teratur menyantap sarapan akan lebih mudah menurunkan atau mempertahankan berat badannya. Alasannya, mereka tidak merasa lapar atau ingin ngemil sebelum waktu makan siang. Selain itu, kebanyakan orang yang tidak sarapan akan makan lebih banyak di siang atau malam hari.

Pilih sarapan porsi secukupnyal yang mengandung protein serta fiber untuk menambah energi serta membuat Anda kenyang hingga beberapa jam lamanya.

2. Berolahraga dengan Variasi

Olahraga adalah sesuatu yang harus Anda lakukan jika ingin menurunkan berat badan secara cepat. Jangan berpikir ini adalah beban yang akan menghabiskan tenaga serta waktu berharga Anda, namun anggap saja seperti kegiatan relaksasi. Oleh karena itu, jangan melakukan satu jenis olahraga terus-menerus hingga bosan, melainkan ubah sesuai mood dan kondisi fisik.

Jika Anda melakukan satu jenis olahraga, ada kemungkinan pada titik tertentu tubuh Anda akan membakar kalori secara lebih lambat. Jangan terlalu bergantung pada alat pengukur digital yang menunjukkan jumlah kalori yang Anda bakar, karena alat-alat ini tidak memperhitungkan kemampuan adaptasi tubuh. Cobalah beberapa jenis aktivitas yang Anda bisa lakukan sendiri atau sambil bersenang-senang dengan teman, anak, atau hewan peliharaan di rumah, misalnya bersepeda, lari, renang, atau yoga. Kombinasikan kegiatan tersebut secara bergantian, sehingga Anda bisa melatih jenis otot yang berbeda dan meningkatkan pembakaran energi dalam tubuh.

  1 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×