10 Liburan Outdoor Keluarga di Daerah Sejuk Indonesia


Warga yang tinggal menetap dan bekerja di kota-kota besar tentu sudah terbiasa dengan segala kebisingan, polusi, dan hiruk-pikuk yang ditawarkan, misalnya di ibukota Jakarta. Bagi individu yang bosan dengan rutinitas dan menginginkan suasana baru, berlibur ke luar kota menjadi pilihan – terutama jika tempat tujuan tersebut menawarkan pemandangan alam yang kontras, tidak membutuhkan AC, namun cukup sejuk dan nyaman.

Kali ini, LiveOlive ingin memberikan beberapa alternatif tempat liburan dalam negeri yang menawarkan aktivitas luar ruang (outdoor) dengan udara sejuk – tentunya lebih ramah di kantong dibandingkan liburan ke negara-negara empat musim. Anda cukup menyiapkan anggaran mulai dari Rp 800.000 hingga Rp 5 juta untuk dua orang. Tertarik?

1. Cibodas, Jawa Barat

Cibodas yang berlokasi di Cianjur, Jawa Barat, memang sudah terkenal dengan suasana yang sejuk dan asri. Tidak sedikit tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Cibodas dan sekitarnya, seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dan Curug Cibereum. Kebun Raya Cibodas, misalnya, memiliki hawa dingin yang khas karena ketinggiannya berada 1275 meter di atas permukaan laut. Anda bisa bersantai dan menikmati keindahan alam, karena Kebun Raya ini memiliki luas hampir 80 hektar.

Untuk lebih memudahkan perjalanan, Anda bisa membawa mobil atau motor untuk digunakan berkeliling. Banyak sekali spot yang dapat digunakan untuk aktivitas keluarga seperti air terjun, kebun bunga, teater alam, bahkan tempat piknik.

Jika Anda sekeluarga menyukai petualangan seperti trekking, kunjungi Curug Cibereum atau Gunung Gede Pangrango – keduanya berada di satu wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dalam perjalanan ke Gunung Gede, Anda bisa menikmati indahnya air terjun dan danau biru di Curug Cibereum.

Untuk penginapan, Anda bisa mencoba Tangko Inn Resort di Cipanas, seharga Rp 420.000 per malam. Resort ini terletak di antara kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Jadi Anda tidak perlu repot apabila ingin mendaki kedua gunung menawan ini. Selain itu, Tangko Inn berdekatan dengan sejumlah lokasi wisata yang Anda bisa kunjungi, yakni perkebunan jamur dan stroberi, Kebun Raya Cibodas, Istana Presiden Cipanas, Pasar Tradisional Cipanas, serta Taman Bunga Nusantara.

Tempat lain yang bisa Anda kunjungi adalah Bumi Perkemahan Mandalawangi. Area perkemahan alias Camping Ground ini sangat sejuk dan asri karena berada di bawah kaki gunung. Lokasinya terletak di sekitar kompleks Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, atau tidak jauh dari pintu keluar Kebun Raya Cibodas. Selain bisa berkemah, Anda juga bisa mengajarkan anak-anak untuk mengenal lingkungan. Jika ingin berkemah, Anda bisa menyewa peralatan kemah di dekat lokasi tersebut atau membawa peralatan kemah sendiri dari rumah. Tinggal tentukan sendiri tempat yang Anda inginkan untuk mendirikan tenda!

Anak-anak bisa mencoba permainan flying fox, lintas danau atau spider net yang sangat seru untuk dilakukan. Bagi yang ingin berkemah, harga tiket untuk satu malam sebesar Rp 27.500 per orang. Bagi mereka yang ingin sekedar menikmati pemandangan disana tanpa berkemah, harga tiketnya hanya Rp 13.500 per orang. Tersedia juga paket berkemah mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 750.000.

Biaya yang perlu Anda siapkan untuk berlibur ke Cibodas seperti rekomendasi di atas berkisar antara Rp 800.000 hingga Rp 1 juta untuk 2 malam.

2. Lembang, Jawa Barat

Lembang adalah bagian dari Kabupaten Bandung Barat yang berada di ketinggian 1312-2084 meter di atas permukaan laut. Tempat inilah yang menjadi incaran masyarakat kota Bandung dan Jakarta yang mendambakan sejuknya udara pegunungan.
Di area ini, Anda bisa menemukan Gunung Tangkuban Perahu dan Situ Lembang yang akan memanjakan mata dengan pemandangan gunung berapi yang berpadu dengan jernihnya air danau. Anda bisa menikmati kesegaran dari mata air alami di Air Terjun Maribaya dan Curug Cimahi. Keluarga yang membawa anak-anak juga bisa berwisata sambil belajar dengan mengunjungi Observatorium Bosscha yang menampilkan susunan bintang-bintang dan luar angkasa.

Lokasi lain yang bisa Anda kunjungi saat berkunjung ke Lembang adalah Pasar Terapung Lembang (Lembang floating market), Air Terjun Maribaya Lembang, De'Ranch dan Farm House Susu Lembang.

Di Pasar Terapung Lembang, misalnya, tersedia beragam pilihan kuliner tradisional maupun khas nusantara. Sembari menyantap pesona kuliner Indonesia, Anda bisa mengalihkan mata untuk menikmati pemandangan danau dari atas kapal, maupun bersantai di gazebo tepi danau. Selain itu, di sini Anda juga dapat bermain kano, ATV, flying fox, perahu kayuh, sepeda air, bermain sampan, memetik stroberi, dan sebagainya.

Pilihan penginapan di Lembang berkisar Rp 170.000 hingga Rp 600.000. Salah satu yang patut dicoba misalnya Imah Seniman, sebuah resort merangkap kafe dan galeri yang jauh dari pusat keramaian dan menawarkan fasilitas rekreasi. Jika Anda ingin menginap di kota Bandung, Dago HighLand bisa jadi pilihan. Hotel bergaya cottage ini dikelilingi pemandangan cantik lapangan golf Dago dan hutan yang subur.

Kisaran biaya yang harus Anda siapkan untuk berlibur ke Lembang seperti rekomendasi di atas mencapai Rp 1 juta hingga Rp 1,4 juta untuk 2 malam.

3. Sukabumi, Jawa Barat

Sukabumi terletak 120 km di sebelah selatan Jakarta, membujur antara Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Di sini, terdapat danau Situ Gunung dan Kawah Ratu, serta berdekatan dengan beberapa wisata pantai – misalnya Pantai Ujung Genteng, Pantai Cimaja dan Pantai Cibangban. Di bagian Utara, terdapat Taman Rekreasi Selabintana yang lengkap dengan berbagai fasilitas permainan seperti flying fox. Taman rekreasi ini hanya menarik biaya masuk Rp 5000, belum termasuk biaya fasilitas parkir dan kolam renang.

Ada satu tempat juga yang tidak boleh dilewatkan, yakni kawasan wisata Geopark atau taman alam batuan tua di Ciletuh. Setelah resmi dikukuhkan menjadi Geopark Nasional akhir 2015 lalu, pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengajukannya sebagai Global Geopark atau Geopark Internasional ke UNESCO pada tahun 2017. Di sini Anda bisa menikmati indahnya pemandangan batu karang laut besar dan lebih dari 10 air terjun pegunungan alias curug.

Anda tidak perlu risau memikirkan biaya akomodasi yang harus disiapkan untuk bermalam di Sukabumi, karena ada banyak hotel dan penginapan di Sukabumi yang ditawarkan dengan harga bervariasi, dari mulai Rp 150.000 hingga Rp 1 juta per malam.

Sebagai usulan, Anda bisa mencoba sensasi bermalam dengan suasana berkemah di Tanakita Camp Site Sukabumi, atau menginap di Karang Aji Beach Villa yang dekat dengan tempat surfing populer Pelabuhan Ratu. Tak hanya menyediakan kamar, vila ini juga menyediakan ruang karaoke serta aktivitas outbound, jungle trekking, dan water sports.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Sukabumi seperti rekomendasi di atas, siapkan anggaran sekitar Rp 800.000 hingga Rp 1,2 juta untuk 2 malam.

4. Ubud, Bali

Tempat yang diangkat dalam buku "Eat, Pray, Love" ini bisa dicapai sekitar dua jam dari airport Ngurah Rai atau pusat keramaian turis Kuta-Bali. Anda bisa menyewa mobil dengan harga sekitar Rp 350.000 per hari, sepeda motor dengan harga sewa sekitar Rp 45.000 per hari, naik shuttle bus seharga Rp 50.000 per orang sekali jalan, atau memanfaatkan fasilitas antar-jemput dari hotel yang Anda pesan. Beberapa hotel di Ubud bahkan menyediakan shuttle bus gratis sepanjang hari bagi tamu yang ingin berpergian di sekitar Ubud, misalnya Aniniraka resort and spa yang lokasinya cukup strategis.

Jangan takut kekurangan kegiatan selama berada di Ubud, karena Anda bisa mengikuti festival, kelas melukis, retreat untuk Yoga, kelas memasak, wisata kuliner, mengunjungi museum dan galeri, berbelanja di pasar seni, menyaksikan tari kecak, dan banyak lagi. Salah satu festival yang menarik perhatian wisatawan adalah Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) yang biasanya diadakan di kuartal ketiga setiap tahunnya.

Salah satu tempat yang paling populer bagi turis adalah Monkey Forest yang terletak di pusat keramaian Ubud. Dengan membayar biaya masuk Rp 40.000 per orang, Anda bisa bermain bersama ratusan bayi monyet dan monyet dewasa yang berkeliaran. Keluarga Anda bisa bermain dan berinteraksi bersama monyet-monyet dengan berfoto atau memberi makan mereka. Tapi, tetap waspada dan awasi barang berharga yang Anda bawa, karena monyet-monyet di sana terkenal sangat usil!

Bagi yang gemar berpetualang, Anda juga bisa mencoba half day rafting trip di sungai Ayung yang cukup menantang. Siapa tahu, di sana Anda juga bisa berkenalan dengan teman-teman baru dari berbagai negara.

Untuk penginapan, akan lebih lengkap apabila Anda mencoba untuk menikmati penginapan rumah pohon (tree house) di Ubud, misalnya "The Magical Treehouse" dengan rate sekitar Rp 1 juta per malam. Meski berkesan dekat dengan alam, penginapan ini memiliki fasilitas lengkap kolam renang, air terjun buatan, serta bathtub unik terbuat dari kayu.

Jika Anda berangkat dari Jakarta, biaya yang perlu Anda siapkan untuk berlibur berdua ke Ubud seperti rekomendasi di atas berkisar antara Rp 4,5 juta hingga Rp 5 juta untuk 3 hari 2 malam, sudah termasuk tiket pesawat dan biaya transportasi selama di Ubud.

5. Bromo, Jawa Timur

Gunung yang berada di ketinggian 2329 meter dari permukaan laut ini terletak di perbatasan 4 kabupaten, yaitu Pasuruan, Lumajang, Probolinggo, dan Malang. Anda bisa mendatangi gunung ini dari beberapa jalur, namun jalur favorit wisatawan saat ini adalah jalur yang melalui Kabupaten Malang karena lebih mudah dijangkau oleh wisatawan yang datang dari Surabaya.

Selain melihat sunrise, daya tarik lain dari Gunung Bromo adalah “Pasir Berbisik” dan “Bukit Teletubbies”. Pasir Berbisik adalah samudra pasir yang ada di lereng Gunung Bromo. Nama itu diberikan karena tempat ini pernah menjadi lokasi syuting film “Pasir Berbisik” yang dibintangi Christine Hakim dan Dian Sastrowardoyo. Julukan “Bukit Teletubbies” diberikan untuk hamparan padang rumput dengan kubah raksasa di tengahnya – yang mengingatkan pada setting film anak “Teletubbies”.

Untuk Anda yang gemar untuk mendaki dengan jalur pendakian lebih menantang, Gunung Penanjakan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mungkin cocok untuk Anda. Pendakian biasa dimulai sekitar pukul 4:00-5:00 untuk mendapat pemandangan optimal. Jangan khawatir, Anda juga bisa menyewa mobil Jeep seharga Rp 500.000 untuk naik ke puncak.

Bagi keluarga yang memiliki anak kecil, tempat wisata Kusuma Agrowisata mungkin lebih cocok dibandingkan naik gunung. Di tempat ini terdapat banyak pilihan aktivitas, misalnya memetik buah dan bermain olahraga outbond, seperti flying fox, hula hoop transfer, bridge wood, labyrinth of zoo, mini water tower, dan elephant puzzle. Harga tiket masuk ke dalam Kusuma Agrowisata sebesar Rp 25.000 per orang, sudah termasuk kesempatan untuk memetik buah apel dan stroberi sepuasnya.

Tarif hotel dan penginapan di kawasan Bromo cukup bersahabat, yakni sekitar Rp 120.000 hingga Rp 500.000 per malam. Biaya yang perlu Anda siapkan untuk berlibur ke Bromo seperti rekomendasi di atas berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta untuk 2 malam, di luar biaya penerbangan atau transportasi dari luar Surabaya.

6. Batu, Malang

Batu adalah kota wisata yang cukup populer di kalangan masyarakat Jawa Timur. Kota ini berjarak 90 km dari Surabaya, dengan ketinggian 700 hingga 1700 meter di atas permukaan laut. Kota ini sejatinya sebuah lembah yang memanjang di antara beberapa gunung, yaitu Gunung Arjuno, Welirang dan Kawi. Salah satu obyek wisata alam cantik di kota ini ialah Air Terjun Coban Rondo yang berlokasi 12 km dari Kota Batu. Ada juga Pemandian Air Panas Cangar yang masuk dalam kawasan perbatasan Batu-Mojokerto.

Di kawasan ini juga terdapat theme park yang tidak kalah populer dengan Dufan, yaitu Jatim Park I dan II. Untuk menuju Jatim Park Anda tidak bisa menggunakan angkutan umum, jadi harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil. Tiket masuk ke Jatim Park sekitar Rp 55.000 untuk hari Senin-Kamis, dan Rp 75.000 hari Jumat-Minggu. Di sekitar Jatim Park ada beberapa hotel dengan tarif standar mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 750.000 per malam.

Tempat wisata ini letaknya juga berdekatan dengan tempat wisata lain yang buka di malam hari, misalnya Batu Night Spectacular dan Pemandian Selecta – tempat wisata legendaris yang dikelola sejak tahun 1930an.

Jika Anda berkunjung lebih dari satu hari, sempatkan untuk mampir ke Batu Secret Zoo. Satwa di kebun binatang ini terlihat sehat, terawat, dan dikelola dengan sangat baik, karena ditempatkan di tempat terbuka dengan pembatas yang membuat satwa nyaman dan tidak rawan stres.

Batu Secret Zoo juga memiliki aquarium untuk hewan air tawar dan laut. Selain itu, Anda dapat melihat replika hewan purba seperti dinosaurus, mammoth, hiu purba, dan lainnya. Bagi yang menyukai kejutan, Anda bisa mengunjungi berbagai wahana permainan seperti Giant Wheel, Rumah Horor, atau permainan karnaval yang menghibur.

Beberapa ide wisata lain di kawasan Batu, antara lain Agro Wisata Batu, dan Pemandian Air Panas Songgoriti.

Dengan anggaran terbatas, Anda bisa memilih Pondok Jatim Park Hotel. Hotel ini merupakan bagian dari grup Jatim Park dan mematok harga sekitar Rp 300.000 per malam.

Biaya yang perlu Anda siapkan untuk berlibur ke Batu seperti rekomendasi di atas berkisar antara Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta untuk 2 malam, di luar biaya penerbangan atau transportasi dari luar Jawa Timur.

7. Ciwidey, Jawa Barat

Ciwidey merupakan sebuah kecamatan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bandung Barat. Jarak Ciwidey-Jakarta adalah sekitar 160 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 4-5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Tempat wisata populer di Ciwidey tentu saja adalah Kawah Putih Ciwidey yang sering kita lihat di televisi. Ada juga Perkebunan Teh Rancabali yang tak kalah populer. Untuk masuk ke dalam lokasi Kebun Teh ini, kita harus membayar sekitar Rp 15.000 per orang. Di sekitarnya terdapat villa dan hotel dengan tarif yang sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 75.000-Rp 100.000 per malam.

Jika waktu liburan Anda lebih dari satu malam, cobalah berkunjung ke Danau Situ Patenggang, Kebun Teh Rancabali dan Kebun Stroberi Alam Endah. Tempat pemandian air panas seperti Pemandian Cimanggu dan Pemandian Wallini juga cocok untuk Anda dan keluarga yang ingin menikmati hijaunya pegunungan sambil bersantai.
Biaya rata-rata yang perlu Anda siapkan untuk berlibur ke Ciwidey seperti rekomendasi di atas mencapai Rp 800.000 hingga Rp 1,5 juta untuk 2 malam.

8. Berastagi, Sumatera Utara

Jika Anda dan keluarga ingin berwisata di luar pulau Jawa, salah satu tempat sejuk yang bisa Anda tuju adalah Berastagi, sebuah kota yang memegang peranan penting saat pemerintah kolonial Belanda menduduki Sumatra di masa penjajahan.

Kota Brastagi diapit dua gunung berapi aktif, Gunung Sibayak dan Sinabung, dan menjadi tujuan wisata utama di Sumatera, khususnya bagi warga kota Medan yang bosan dengan keramaian kota. Tempat wisata di Brastagi tergolong unik, karena merupakan perpaduan keindahan alam, keragaman budaya dan agama.

Anda dapat memulai perjalanan darat dari Medan dengan mobil sendiri atau menaiki bus dari terminal bus Padang Bulan Medan menuju ke kota Berastagi. Kunjungi Bukit Gundaling kalau Anda ingin menikmati indahnya pemandangan pegunungan yang serba hijau.

Lokasi lain yang tak kalah menarik ialah Danau Lau Kawar yang berada di desa Kuta Gugung, Karo. Di sini, pengunjung dapat mendirikan tenda untuk bermalam, memancing ikan, atau berkeliling danau menggunakan perahu dengan tarif Rp 10.000. Untuk masuk ke dalam lokasi wisata tersebut, pengunjung dikenakan Rp 2.500 per orang, sementara untuk menyewa tenda Anda perlu menambah Rp 5000 per tenda. Namun, perlu diingat – terutama jika Anda mengajak anak kecil – bahwa fasilitas umum di kawasan ini masih kurang lengkap, dan penjual makanan susah ditemukan.

Di Berastagi,Anda juga bisa menemukan beberapa air terjun dengan pemandangan menakjubkan. Air Terjun Sipiso-piso yang berada di kabupaten Karo, memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Air Terjun Sikulikap berjarak tempuh sekitar 1,5 jam dari Kota Medan, dan merupakan habitat asli owa, alias monyet Gibbon yang berada di ambang kepunahan.

Tempat wisata lain yang menarik dikunjungi adalah Taman Alam Lumbini dan Desa Peceren yang kental dengan pengaruh agama Buddha.

Tidak sulit mencari hotel dan penginapan di Brastagi. Harga sewa kamar per malamnya juga cukup bervariasi, yakni sekitar Rp 150.000-Rp 500.000 per malam. Jika Anda berangkat dari Jakarta, biaya yang harus Anda siapkan untuk berlibur 3 hari 2 malam ke Berastagi seperti rekomendasi di atas berkisar antara Rp 4,5 juta hingga Rp 5,5 juta – termasuk dengan penerbangan untuk dua orang saat low season.

9. Kaliurang, Yogyakarta

Kaliurang terletak di daerah dataran tinggi dan terkenal memiliki banyak resort atau tempat peristirahatan karena kesejukan udaranya. Jarak tempuh Kaliurang-Yogyakarta kurang dari 1 jam perjalanan, sementara ke Kaliurang-Surakarta (Solo) kurang dari 3 jam perjalanan.

Beberapa atraksi menarik di tempat berketinggian 900 meter dari permukaan air laut ini antara lain Museum Vulkanik Gunung Merapi, Tlogo Putri dan Gardu Pandang. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan lereng Merapi yang anggun penuh misteri. Anda juga bisa menemukan Hutan Wisata dan Goa Jepang yang cocok buat para penggemar trekking.

Salah satu tempat wisata yang menjadi favorit masyarakat di sana ialah Taman Wisata Plawangan Turgo, tepatnya berlokasi di desa Harobinangun, Pakem-Sleman. Harga tiket masuknya sangat murah, yaitu Rp 3000. Jika Anda memutuskan bermalam, biaya penginapan di vila, wisma, atau bungalow bervariasi mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 200.000.

Secara umum, biaya hidup di Yogyakarta dan sekitarnya termasuk sangat terjangkau. Biaya berlibur ke Kaliurang untuk dua orang yang berangkat dari Jakarta dan menginap selama 2 malam berkisar antara Rp 3 juta-Rp 3,5 juta – termasuk dengan penerbangan untuk dua orang saat low season. Salah satu situs yang bisa Anda kunjungi untuk referensi liburan adalah Yogyes.com.

10. Magetan, Jawa Timur

Bagi Anda yang kurang mengenal propinsi Jawa Timur, Magetan adalah Kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Ngawi di utara, Kota Madiun dan Kabupaten Madiun di timur, serta Kabupaten Ponorogo. Magetan juga dekat dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Dua tujuan wisata yang menarik pengunjung ke Magetan antara lain Gunung Lawu dan Telaga Sarangan. Gunung Lawu sangat populer untuk kegiatan pendakian, sehingga di puncaknya bahkan dapat dijumpai pedagang makanan. Di lereng gunung ini terdapat sejumlah tempat yang wisata menarik lain, yakni di daerah Tawangmangu, Cemorosewu, dan Sarangan.

Telaga Sarangan juga dikenal dengan nama Telaga Pasir. Telaga ini membentang di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Kecamatan Plaosan, Magetan, yang juga wilayah perbatasan Jawa Timur dan jawa Tengah. Anda harus membawa persediaan baju hangat saat berkunjung ke sini, karena suhunya cukup ekstrim, yakni mencapai 15-20 derajat Celsius.
Ada sebuah pulau kecil di tengah Telaga Sarangan yang tidak boleh dikunjungi sembarang orang, karena terdapat beberapa makam yang dikeramatkan masyarakat setempat. Meski begitu, Anda masih bisa menikmati keindahan pulau misterius itu dengan berkuda atau naik perahu motor mengelilingi Telaga Sarangan. Jika Anda ingin bermalam, hotel dan penginapan di sekeliling Telaga Sarangan bertarif sekitar Rp 370.000-Rp 900.000 per malam.

Biaya yang Anda butuhkan untuk berakhir pekan di Magetan tidak akan lebih mahal dengan kisaran biaya berlibur ke Bromo.

Baca juga: Bagaimana Menghasilkan Uang Saat Liburan

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×