10 Kerja Sambilan yang Tidak Menyita Waktu


6. Jual Pulsa Elektronik HP

Berjualan pulsa merupakan pekerjaan yang sangat menguntungkan, sebab saat ini ponsel sudah menjadi kebutuhan pokok untuk berkomunikasi.

Saat ingin memulai, Anda bisa pergi ke tempat yang menyediakan jasa agen penjualan pulsa murah, kemudian mendaftarkan SIM Card Anda agar bisa digunakan untuk melakukan transaksi, baik berupa transaksi penjualan pulsa maupun pembelian saldo. Dengan modal minimum Rp 250.000, Anda bisa memperoleh keuntungan sekitar Rp 500 dari setiap transaksi. Kuncinya ialah memberikan pelayanan cepat dan menyenangkan sepanjang hari, kapan pun pelanggan Anda membutuhkannya.

7. Jasa Editing Foto

Jika Anda betah duduk berjam-jam menggunakan software graphic design dan ingin menambah penghasilan, ada cara untuk bekerja paruh waktu sebagai editor foto. Anda perlu menyiapkan:

  • Satu buah komputer dengan spesifikasi yang sesuai untuk graphic design – harganya tentu bervariasi tergantung merk dan besar layar yang Anda inginkan. Anda membutuhkan paling sedikit Rp 7 juta.

  • Beberapa software photo editing yang mudah diterima oleh percetakan, misalnya Adobe Photoshop, Illustrator, InDesign
  • Jika Anda menggunakan PC, siapkan sebuah UPS (Uninterruptable Power Supply) untuk mengatasi jika sewaktu-waktu listrik padam
  • Sebuah printer untuk mencetak mock-up.

8. Jasa Permak Pakaian

Meski nampak sepele, usaha ini selalu dibutuhkan karena orang senantiasa berganti baju dan tidak banyak yang punya waktu untuk memperbaiki jahitan baju, resleting, atau kancing pakaian yang lepas. Pekerjaan ini sangat cocok bagi Anda yang senang dan mahir menjahit.

Untuk memulai, Anda memerlukan satu buah mesin jahit berikut peralatan sepert gunting, jarum, benang, dan sebagainya. Harga mesin jahit beragam, mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 10 juta ke atas.

Coba promosikan usaha Anda dari beberapa teman terlebih dahulu, misalnya para orang tua yang Anda temui di sekolah anak Anda, atau rekan-rekan kerja di kantor. Jika setiap akhir minggu Anda bisa memperoleh 3-4 pesanan seharga masing-masing Rp 15.000, dalam sebulan Anda bisa mengumpulkan uang tambahan Rp 240.000. Saat mulai punya banyak pelanggan, Anda bisa mempekerjakan asisten penjahit.

9. Makelar Motor

Makelar motor merupakan pekerjaan jasa, dimana Anda membantu menjual kendaraan bermotor milik seseorang ke orang lain, dengan upah yang sudah disepakati sebelumnya. Cara-cara yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang makelar motor adalah mencari seseorang yang ingin menjual mobil atau sepeda motor, kemudian membuat kontrak perjanjian dan mencari orang yang berminat membelinya.

Langkah-langkah menjadi makelar motor:

  • Rajin mencari orang yang ingin menjual motor, bisa melalui iklan baris di koran, internet, atau cukup bertanya kepada tetangga atau kerabat Anda.
  • Membuat kesepakatan harga jual kendaraan dan upah yang didapatkan. 

Selain hanya membutuhkan modal kecil berupa pulsa telepon dan internet, pekerjaan sambilan yang satu ini bisa meraup 5% dari harga jual kendaraan. Cukup menggiurkan, kan?

10. Jasa Agen Laundry

Usaha ini sangat cocok dilakukan ibu rumah tangga atau siapa saja yang sudah memiliki tempat usaha atau hunian strategis yang dekat dengan target pasar yang biasanya membutuhkan jasa laundry alias pencucian baju, misalnya tempat kos-kosan, kampus, apartemen tipe menengah.

Banyak tempat laundry yang mencari agen untuk menambah order mereka, bahkan tanpa memerlukan modal apa pun. Keuntungan yang bisa didapat sekitar 10%-15% dari laundry kiloan, atau bisa mencapai 25% dari binatu alias laundry satuan. Selain memasang neon box di rumah, Anda juga bisa menawarkan jasa Anda dengan menyebarkan flyer atau word of mouth saat berada di acara kumpul-kumpul.

Setelah Anda memutuskan jenis kerja sambilan yang sesuai dengan kondisi Anda, lakukan secara konsisten dan dengan niat yang besar, sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang sesuai.

Baca juga: 5 Langkah yang Terbukti Berhasil untuk Memulai Bisnis Sampingan Sendiri

  2 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×