Perawatan Salon DIY: Mewarnai Rambut di bawah Rp 250.000


Sebagian besar wanita senang merawat serta memanjakan diri, namun tidak bisa dipungkiri bahwa biayanya tidak murah. Dari sejumlah perawatan kecantikan, porsi terbesar bisa dihabiskan untuk perawatan rambut – terutama jika berambut panjang.

Dari mulai creambath, hair spa, blow dry, hingga hair color alias mewarnai rambut, pelanggan salon rela mengeluarkan dana hingga jutaan rupiah demi memperoleh model dan warna rambut idaman. Biaya mewarnai rambut di salon berkisar antara Rp 350.000 hingga Rp 2 juta, tergantung dari merek cat rambut yang digunakan, serta panjang dan ketebalan rambut seseorang. Selain itu, perawatan salon juga membutuhkan reservasi lebih awal dan menghabiskan paling sedikit 2,5 jam.

Jika Anda tertarik melakukan perawatan yang satu ini di rumah, Anda tentunya bisa menghemat waktu dan uang hingga separuh dari yang biasanya Anda keluarkan jika ke salon. Dengan biaya tak lebih dari Rp 250.000, Anda bisa melakukan pewarnaan rambut kurang dari satu jam. Simak beberapa tips yang kami rangkum dari para hairstylist berpengalaman:

1. Ketahui kandungan kimia dalam cat rambut

Hampir semua produk cat rambut yang beredar di pasaran mengandung ammonia, namun kadarnya berbeda-beda. Fungsi utama ammonia pada produk cat rambut adalah untuk meningkatkan level pH atau derajat keasaman rambut, sehingga bisa membuka kutikula rambut dan memungkinkan cat pewarna masuk ke kulit rambut. Selain itu, jika dicampur dengan peroxide, ammonia juga menetralisir pigmen alami rambut, sehingga menghasilkan perubahan warna.

Namun, jika dilakukan berulang-ulang, rambut akan kehilangan protein dan kelembapannya. Setelah itu, pH rambut juga tidak akan bisa kembali seperti semula.

“Lapisan protein pelindung atau ikatan keratin pada rambut dilepas dan dihancurkan, yang menyebabkan rambut menjadi kekurangan kandungan air. Seiring berjalannya waktu, rambut akan menjadi kering, mudah patah, rontok, dan terlihat tidak sehat,” kata Purwarti, seorang hairstylist selama lebih dari 20 tahun.

Bahan-bahan lain yang ia sarankan untuk dihindari sebisa mungkin antara lain propylene glycol (PG), para-phenylenediamine (PPD), serta sodium lauryl sulfate (SLS).

Propylene glycol, seperti halnya ammonia, merusak protein rambut dan bisa menimbulkan iritasi pada kulit kepala, sementara sodium lauryl sulfate bisa mengeringkan serta menghilangkan kilau rambut, memperlambat pertumbuhan serta merusak folikel rambut yang menyebabkan rambut rontok,” jelasnya.

2. Lakukan persiapan sebelumnya

Kondisi terbaik untuk mengecat rambut adalah saat rambut Anda masih bersih namun sudah cukup kering. Rambut yang basah atau berminyak dapat mencegah penyerapan cat rambut secara sempurna. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mencuci rambut beberapa jam sebelumnya.

Biasanya, dalam satu kemasan cat rambut, Anda akan mendapatkan satu botol cat rambut, berikut krim developer, conditioner, sarung tangan, serta petunjuk pemakaiannya.

Begitu Anda siap memulai, lindungi tangan Anda dengan sarung tangan dan penutup badan yang sudah tersedia. Jika ingin aman, kenakan baju rumah yang nyaman dan berwarna gelap.

Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka bungkusan cat rambut dan tuangkan ke dalam botol developer.
  • Goyang botol secara pelan ke kiri dan ke kanan sampai kedua zat tersebut tercampur secara merata, tetapi jangan dikocok.
  • Sesuaikan cat rambut dengan panjang rambut Anda. Rambut yang panjangnya di atas bahu biasanya hanya perlu menggunakan 1 botol pewarna, sementara yang panjangnya lebih dari bahu akan membutuhkan sedikitnya 2 botol pewarna.
  • Ikat rambut menjadi 4 bagian dan mulai tuangkan busa campuran zat pewarna dan developer ke rambut secara perlahan – mulai dari ujung bagian dalam rambut.
  • Pijat rambut dan kulit kepala Anda seperti saat keramas agar cat rambut meresap secara merata.
  • Diamkan cat rambut selama 25 hingga 40 menit
  • Terakhir, cuci rambut dan gunakan conditioner atau zat perawatan lain yang tersedia dalam kemasan.

3. Contoh produk cat rambut bebas ammonia

Setelah melakukan pencarian di beberapa toko, kami menemukan dua produk bebas ammonia yang dijual dengan harga dibawah Rp 125.000 per kemasan:

Etude House Hot Style Bubble Hair Coloring

Cat rambut bebas ammonia yang berjenis busa sampo keluaran dari Etude House ini hadir dengan pilihan tujuh warna berbeda yang bisa Anda pilih. Satu set cat rambut ini sangat praktis, terutama bagi para pemula, karena sudah termasuk 1 bungkus zat pewarna, 1 botol pompa berisi developer, 1 bungkus silky perfumed treatment, sarung tangan plastik dan penutup tubuh, berikut petunjuk pemakaiannya – sayangnya hanya dicetak dalam Bahasa Korea.

"Untungnya saya sudah biasa melakukan cat rambut sendiri, jadi bisa menebak-nebak petunjuknya. Karena Etude House tidak mengandung ammonia, tidak ada bau menyengat yang bisa bikin pusing saat mengaplikasikannya ke rambut," kata Ranti, salah satu pengguna Etude House. Untuk rambutnya yang sebahu, ia hanya membutuhkan satu botol cat.

"Setelah selesai pengecatan, langsung kering, jadi nggak perlu lagi takut ada cat menetes," tukasnya

Waktu yg dibutuhkan: sekitar 40 menit
Harga: Hot Style Bubble Hair Coloring bisa diperoleh seharga sekitar Rp 118.000 di outlet-outlet Etude House dan Century.

Revlon ColorSilk

Tersedia dalam 42 pilihan warna, semua cat rambut Revlon ColorSilk bebas dari ammonia dan diperkaya dengan UV Defense untuk membantu menjaga warna pada rambut tetap terang dan tidak berubah akibat paparan sinar matahari.

Dalam satu paket, Anda akan mendapatkan cat rambut, krim developer, conditioner, sarung tangan, serta petunjuk pemakaian.

Selain dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan mudah untuk ditemukan, menurut beberapa pengakuan penggunanya, Revlon ColorSilk memberikan warna rambut yang tampak alami dan membuat rambut nampak lebih sehat dan lembut.

Namun, beberapa kekurangannya antara lain tidak menyediakan penutup tubuh dalam kemasan, serta warna cat rambut yang menurut beberapa penggunanya kurang tahan lama dan cepat pudar hanya dalam beberapa minggu setelah pemakaian. Teknologi Warna 3D nya juga tidak memberikan beberapa tingkat warna seperti yang dijanjikan.

Waktu yg dibutuhkan: sekitar 50 menit
Harga: Revlon ColorSilk bisa ditemukan di Giant, Hypermart, Guardian, Century, Watsons, Farmers Market, atau Food Hall dengan harga kurang dari Rp 70.000.

Jika Anda ingin mendapatkan harga yang lebih murah, Anda bisa jalan-jalan ke Pasar Baru untuk membeli produk-produk tersebut dengan harga sekitar 20% lebih murah. Tertarik untuk mencoba?

Baca juga: 21 Rahasia Memutihkan Kulit Secara Alami

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×