15 Co-working Space yang Keren di Indonesia


Makin hangatnya perkembangan start-up dan bertambahnya kisah sukses yang didapat dari para pendiri startup muda, membuat konsep menghasilkan ide dan bekerja tanpa batasan ruang kini makin diterima di Indonesia.

Di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bali, biaya untuk menyewa kantor tergolong mahal bagi mereka yang baru merintis bisnis atau ingin mengembangkan ide-ide bisnis mereka sambil tetap bekerja sebagai freelancer. Di sisi lain, bekerja di rumah dianggap kurang profesional dan tidak dinamis – terutama saat perlu menjual produk atau jasa ke pasar.

Melihat kebutuhan tersebut, berbagai fasilitas sewa kantor yang ingin mendorong semangat entrepreneurship pun bermunculan. Sejak dua tahun terakhir, co-working space sudah menjadi istilah yang makin akrab di telinga kita. Berikut ini 15 lokasi co-working space yang bisa ditemukan di beberapa kota besar Indonesia:

1. Kedasi

Lokasi co-working space ini memiliki keunggulan lokasi yang strategis karena dekat dengan Kampus yang cukup terkenal seperti Universitas Trisakti dan Universitas Bina Nusantara alias Binus. Tempat ini selain bisa dimanfaatkan oleh para freelancer, namun juga bisa berfungsi sebagai tempat kumpul mahasiswa. Bahkan, tersedia private office yang dilengkapi oleh saluran telepon independen, satu buah PC, fasilitas printing, dan sebagainya. Tak hanya dilengkapi dengan ruang meeting seperti sebuah co-working space pada umumnya, Kedasi juga memiliki ruang permainan, outdoor lounge, dan menyediakan teh dan kopi di ruangan semi-terbuka. Tarif yang ditawarkan berkisar mulai dari Rp 30.000 per jam hingga Rp 1,2 juta per bulan.

Lokasi: Jl. Cempaka Atas no. 24, Kelurahan Jati Pulo, Tomang, Jakarta Barat
Jam buka: Senin-Jumat, pukul 09.00-20.00 WIB
Telepon: 021-29401112
Email: [email protected]

2. Conclave

Co-working space yang berlokasi di jalan Wijaya yang ramai ini akan mengundang decak kagum pengunjung pada umumnya. Selain tempatnya yang luas dan asri, penataan dalam co-working space ini begitu rapi dan homey, sehingga mampu membangkitkan semangat kerja. Tak heran tempat ini langsung menarik minat beberapa startup yang bergerak di industri kreatif.

Selain dilengkapi ruang meeting dan ruang teater berkapasitas hingga 125 orang, Conclave juga menyediakan perpustakaan nyaman bagi tenant-nya. Fasilitas tambahan lain yang bisa ditemukan di sini antara lain loker pribadi, printer dan persediaan minuman.Tempat ini sudah cukup terkenal sebagai tempat penyelenggaraan seminar dan semacamnya, sehingga Anda perlu memastikan dulu apakah masih ada tempat tersedia. Tarif yang dipatok saat ini berkisar mulai dari Rp 50.000 per jam hingga Rp 200.000 per hari, dan apabila Anda ingin menetap di lokasi tersebut juga disediakan harga anggota tahunan sebesar Rp 25 juta.

Lokasi: Jl. Wijaya 1 no. 5C, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin-Minggu, pukul 08.00-23.00 WIB
Telepon: 021-27510329

3. WorkOut

Lokasi co-working space ini memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan tempat lain. Para tenant dapat menyelesaikan pekerjaan dengan nyaman, sekaligus mempertahankan gaya hidup sehat mereka dengan memanfaaatkan fasilitas olah raga yang tersedia, misalnya sepeda. Fasilitas umum lain yang bisa ditemukan termasuk internet, hot shower, loker pribadi, dan ruang permainan.Tarifnya dipatok mulai dari Rp 200.000 per empat jam, hingga Rp 5 juta per minggu. Khusus untuk dua ruang meeting yang tersedia, tarif yang dipatok ialah Rp 200.000 per jam untuk kapasitas 8 orang.

Lokasi: Area Perkantoran Grand Panglima Polim kav. 90, Jl. Panglima Polim No. 16-17, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin-Jumat, pukul 09.00-17.00 WIB
Telepon: 021-22776623
Email: [email protected]

4. TierSpace

Co-working space dua lantai ini mencoba menyamai fasilitas yang diberikan tempat bekerja lain dengan menyediakan fasilitas umum yang lengkap, mulai dari menyediakan Wi-Fi, minuman, ruang pantry, loker pribadi, scanner, printer, hingga fotokopi. Fasilitas utamanya berupa ruang kerja dan private office untuk perusahaan yang memiliki staf kurang dari 5 orang. Seluruh layanan tersebut disediakan dengan tarif mulai dari Rp 30.000 per jam, hingga Rp 3,2 juta per bulan.

Lokasi: Jl. Bakti No 10, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin-Jumat, pukul 09.00-20.00 WIB, dan Sabtu, pukul 10.00-16.00 WIB
Telepon: 021-29126145
Email: [email protected]

5. Ciputra GEPI Incubator (CGI)

GEPI (Global Entrepreneurship Program Indonesia) didirikan pada Januari 2011 oleh 13 pemimpin bisnis terkemuka di Indonesia, termasuk Ir. Ciputra. Sebagai salah satu incubator startup yang pertama di Indonesia, CGI menawarkan co-working space, disamping mentoring dan akses pendanaan, kelas coding, serta event space dengan tarif terjangkau.

Berhubung peminatnya cukup banyak, setiap startup harus mendaftar dan mengikuti seleksi jika ingin bergabung. Seperti dijelaskan di situs GEPI, tarif sewa bulanan di co-working space ini sebesar Rp 1,5 juta per orang.

Lokasi: DBS Tower Ciputra World 1, lantai 9, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin-Sabtu, pukul 09.00-23.00 WIB
Telepon: 021-29885950
Email: [email protected]

6. HackerspaceBDG

Diprakarsai dua orang anggota Forum Web Anak Bandung, dedicated space yang satu sedikit berbeda dengan co-working space, meski fungsi keduanya dirancang sebagai kantor. Sistem tarif yang dikenakan bersifat donasi, yakni sebesar Rp 500.000 per bulan. Fasilitas yang tersedia sama dengan co-working space pada umumnya, yakni meja, kursi, akses Wi-Fi, air minum, printer, dan sebagainya. Selain dapat digunakan sebagai tempat bekerja, tempat ini juga terbuka untuk acara-acara komunitas. Saat artikel ini ditulis, situs resminya sedang dalam perbaikan.

Lokasi: Jl. Dipati ukur no. 5 (Sukaluyu), Bandung, Jawa Barat
Jam buka: Senin-Jumat, pukul 10.00-01.00 WIB
Telp: 022-2534426
Email: [email protected]

7. Hubud

Beberapa orang berpendapat bahwa Bali lebih cocok sebagai tempat berlibur daripada bekerja, namun bagaimana jika kita ingin melakukan keduanya?

Hubud memiliki konsep ruang terbuka, sehingga para tenant bisa melihat taman sebagai penyejuk mata bila terasa lelah. Untuk bisa menggunakan fasilitas di sini, seseorang harus menjadi anggota dulu, dengan tarif mulai dari Rp 500.000 per 25 jam dalam sebulan, hingga Rp 2,5 juta sebulan untuk penggunaan fasilitas yang tidak terbatas. Meski berada di pulau yang terkenal sebagai lokasi wisata, tempat kerja yang satu ini buka 24 jam.

Lokasi: Jl. Monkey Forest no. 88X Ubud, Kec Gianyar, Bali
Jam buka: Senin-Jumat, pukul 08.00-21.00
Telepon: 0361-978073

  1 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×