15 Co-working Space yang Keren di Indonesia


8. Pusat Kreatif Bandung

Di Pusat Kreatif Bandung, pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memanfaatkan ruang mereka. Hal ini dimungkinkan oleh dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif supaya para startup di Bandung dapat mengembangkan ide-ide dalam membangun perusahaan mereka. Meski begitu, Anda tetap harus mendaftar sebagai anggota dulu untuk bisa menggunakan fasilitas tempat ini, misalnya internet, ruang meeting, ruang kerja hingga laboratorium komputer dari Intel.

Lokasi: Jl.Batik Kumeli no. 50, Bandung, Jawa Barat
Jam buka: Senin-Jumat, pukul 08.00-17.00 WIB
Telepon: 022-82526000

9. Lineup Hub

Co-working space di daerah Kuta, Bali, ini menawarkan konsep ruang kerja sekaligus internet café dan event venue yang dekat dengan pantai. Di ruang kerja dua lantai tersebut, tenant dapat menikmati akses internet berkecepatan 30 mbps, mengadakan seminar, bahkan bersantai sejenak dengan bermain PlayStation 4. Tarif yang ditawarkan cukup bervariasi, mulai dari Rp 200.000 untuk per hari, hingga Rp 2,2 juta per bulan.

Lokasi: Sunset Permai 3, Jl.Sunset Road, Kuta-Seminyak, Bali
Jam buka: Senin-Sabtu, pukul 10.00-01.00 WIB
Telp: 0361-8947510
Email: [email protected]

10. SUB Co at Tierra

Daerah Surabaya Barat semakin dilirik sebagai pusat bisnis yang dekat dengan perumahan dan fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, mal, dan sebagainya. Dengan memanfaatkan area sports club yang asri, developer properti Intiland kemudian menggarap space ini sebagai tempat penyelenggaraan event dan penampung calon pendiri startup besar berikutnya. Tarif yang ditawarkan pun sangat bersahabat, bahkan untuk kantong mahasiswa, yakni mulai dari Rp 35.000 per 6 jam, atau Rp 660.000 per bulan.

Selain menyediakan fasilitas loker, pantry, printing dan lounge, SUB Co juga memiliki tempat meeting indoor maupun outdoor, serta dekat dengan restoran Tepi Kolam. Meski Surabaya terkenal panas, tidak ada salahnya bekerja di luar jika tempatnya rindang seperti di sini. Tersedia personal space dan private office berkapasitas hingga 5 orang per tim.

Lokasi: Jl. Darmo Harapan 1, Surabaya
Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00-21.00 WIB
Telepon: 031-7382108
Email: [email protected]

11. Graha Office

Sama seperti SUB Co, tempatyang satu ini juga berlokasi di Surabaya, namun lebih dekat dengan area Surabaya Timur. Salah satu keistimewaan virtual office ini terletak pada harganya yang lebih terjangkau, yakni mulai dari Rp 250.000 per bulan. Dengan luas gedung dan area parkir yang cukup luas, Graha Office ingin merangkul kalangan pengusaha start-up, bisnis kreatif, jasa, konsultan, freelance, maupun Usaha Kecil & Menengah (UKM). Bagi mereka yang menginginkan ruangan kerja, tarifnya berkisar antara Rp 1,7 juta hingga Rp 6 juta – atau lebih murah 35% jika membayar untuk setahun.

Lokasi: GedungGraha Pena lantai 15, Jl. Ahmad Yani no. 88, Surabaya, Jawa Timur
Telepon: 031-8286155
Jam buka: Senin-Jumat, pukul 08.00-21.00 WIB
Email: [email protected]

12. HackerSpaceYK

Meski namanya terkesan eksklusif, co-working space ini terbuka untuk para pekerja freelance di bidang kreatif, baik individu atau tim, dengan menyediakan 12 ruang kantor pribadi seluas sekitar 30m2. Dengan tarif mulai dari Rp 300.000 per bulan, para tenant bisa memperoleh fasilitas standar ruang kerja startp-up pada umumnya.

Lokasi: Jl. Wirajaya No. 312 Condong Catur, Sleman DI Yogyakarta
Jam buka: Senin-Jumat, pukul 08.30-22.00 WIB
Twitter:  @HackerSpace_YK

13. JDV (Jogja Digital Valley)

Co-working space dan incubator startup ini tidak mengenakan biaya bagi startup yang ingin menggunakan fasilitas tersebut. Syaratnya, cukup mengisi formulir pendaftaran,lalu melakukan verfikasi dengan datang ke kantor Jogja Digital Valley. Gedung seluas 800m2 tersebut dibangun oleh Telkom dengan tujuan agar para generasi muda terdorong untuk berkreasi dan mengembangkan perusahaan milik sendiri.

Lokasi: Jl. Kartini no. 7 Terban, Kec. Gondokusuman, Yogyakarta, Jawa Tengah
Jam buka: Senin-Jumat, pukul 08.00-22.00 WIB
Telepon: 0274-556565
Email: [email protected]

14. Mesach Studio

Lokasi tempat kerja di provinsi Sumatera selatan ini cukup minimalis dan mematok tarif yang sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp 300.000 per bulan.

Lokasi: Jl. Aipda Karel Satsuit Tubun, 17 Ilir, Ilir Tim. I, Palembang, Sumatera Selatan
Jam buka: Senin-Jumat, pukul 09.00-21.00
Email: [email protected]
Telepon: 0711-319701

15. Kumpul

Co-working space yang berlokasi di Sanur, Bali, ini tidak mau kalah untuk menyediakan tempat kerja profesional berkapasitas 50 orang, dengan suasana nyaman seperti di rumah sendiri. Selain menyediakan ruang kerja, Kumpul juga rutin menggelar sharing session, workshop, seminar,serta acara sosial lain untuk membangun ikatan komunitas antar anggotanya. Bertempat di gedung yang sama dengan rumah kreatif, Rumah Sanur, sesekali terdapat pertunjukan musik, pembacaan puisi, dan dance workshop setelah jam kerja yang dapat dinikmati oleh para tenant.

Fasilitas yang disediakan Kumpul terbilang cukup lengkap, karena dilengkapi dengan ruang meeting, video call booth, loker pribadi, taman dengan suasana terbuka, printer, scanner, peralatan video conference, LCD TV, juga pantry lengkap dengan kulkas, microwave, serta stok minuman dan makanan ringan. Terkadang anggota Kumpul turut menyumbang fasilitas baru seperti hammock dan playstation yang dapat digunakan bersama-sama. Tarif yang ditawarkan untuk anggota mulai dari Rp 200.000 per hari, hingga Rp 2,5 juta per bulan. Uniknya, Kumpul memberikan berbagai jenis diskon keanggotaan bagi tenant berkewarganegaraan Indonesia, sebagai bentuk dukungan terhadap komunitas lokal.

Lokasi: Rumah Sanur Jl. Danau Poso 51A Br. Semawang, Sanur, Denpasar, Bali
Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00-18.00 WITA
Telepon: 0361-281739
Email: [email protected]

Jika Anda tertarik untuk memiliki startup sendiri namun masih bingung dalam menentukan lokasi kerja, beberapa tempat di atas bisa jadi pilihan. Ada beberapa hal yang patut menjadi bahan pertimbangan, seperti lingkungan kerja yang kondusif – apakah Anda memilih bebas rokok atau tidak, dekat dengan area lalu lintas rawan macet, adanya dukungan komunitas yang bisa mendorong interaksi atau peluang bisnis, bahkan liputan media yang bisa membantu mempromosikan bisnis Anda.

Baca juga: Ide Bisnis Bermodal Kurang dari Rp 5 Juta

  2 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×