Catatan Pengingat Agustus (2016)


1. Bebaskan diri dari utang

Bulan ini kita memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-71. Apakah Anda sudah merasa sebagai pribadi yang "merdeka" alias bebas? Tidak peduli berapa usia Anda, ada baiknya untuk mencoba tidak bergantung kepada orang lain secara finansial. Salah satu jalan menuju kebebasan finansial ialah dengan melunasi utang. Sisihkan 20%-30% dari gaji per bulan untuk membayar utang, dan cobalah untuk hidup ekstra hemat selama beberapa bulan. Baca artikel dari LiveOlive sebagai panduan.

2. Tata kembali anggaran Anda

Setelah melewati hari raya yang menghabiskan banyak biaya, coba tata lagi anggaran Anda dengan cara memprioritaskan kebutuhan primer. Ini saatnya menyisihkan uang lebih banyak untuk mengisi kembali dana liburan keluarga, atau mungkin melunasi tagihan kartu kredit yang sempat membengkak di atas batas normal pengeluaran Anda. Hindari godaan untuk membayar sebagian utang kartu kredit, karena hal ini akan mengakibatkan bunga berlipat-lipat. Jika ingin berhemat, kurangi frekuensi makan di luar serta perawatan ke salon, spa, dan sebagainya.

3. Mendukung gerakan sosial

Sudah saatnya Anda mengambil bagian dalam gerakan sosial yang Anda percayai, misalnya yang berkaitan dengan perbaikan pendidikan dan lingkungan hidup. Dengan menjadi sukarelawan, Anda akan menjadi pribadi yang lebih sensitif terhadap keadaan sekitar. Bantuan yang bisa Anda berikan tak sebatas dalam bentuk uang, melainkan juga tenaga dan pikiran yang membantu memecahkan suatu masalah sosial.

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×