Tempat Strategis Menjual Barang Bekas di Jakarta


Ketika liburan panjang seperti lebaran telah usai, biasanya kita tiba-tiba memiliki lebih banyak barang dari semula; sepatu hasil belanja sale bersama saudara, baju yang dibeli karena acara halal-bihalal, buku-buku yang dibeli saat bengong di bandara, dan lain-lain.

Keinginan untuk menyimpan semua barang tersebut pasti ada, terutama jika Anda termasuk orang yang cukup sentimentil alias gemar memberi makna pada sebuah kepemilikan. Tapi, kenyataannya, ada berapa banyak gaun di lemari pakaian Anda yang menunggu untuk dikenakan, tapi sampai sekarang masih tergantung rapi di tempatnya? Ada berapa tas yang hanya Anda pakai satu kali ke pesta? Atau, sepasang sepatu kulit yang menganggur karena musim dingin yang tak kunjung tiba?

Jika Anda menemukan banyak barang dalam kondisi seperti ini, berarti Anda sudah pelan-pelan menjadi seorang penimbun sampah (hoarder). Saatnya benahi semua sudut rumah dan “sulap” barang-barang lama yang sudah mulai dimakan usia tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, juga menguntungkan bagi Anda!

LiveOlive menemukan beberapa tempat sebagai referensi Anda saat menjual barang bekas di Jakarta:

1. Tas bermerek

Jika nama Taman Puring tidak asing bagi telinga Anda, cobalah pergi ke Pasar Taman Puring untuk menjual tas-tas kulit atau tas bermerek yang selama ini tergeletak nganggur di rumah. Pasar yang berlokasi di Kebayoran, Jakarta Selatan, ini bisa dijangkau dari depan Taman Puring atau dari arah Mayestik atau Blok M.

Di Pasar Taman Puring, Anda akan menemukan berbagai jenis penjual tas, meski tidak semuanya bersedia untuk membeli tas bekas.

Sebelum Anda berhenti untuk bertanya apakah mereka mau membeli tas bekas, cari penjual yang hanya menjual tas bermerek asli, agar mereka paham betul akan harga, kondisi, kualitas dari tas bermerek dan mampu memberikan harga bersaing.

Ini juga merupakan salah satu cara untuk menjaga nilai dari tas Anda. Tentunya Anda tidak ingin melihat tas Prada Anda dipajang bersampingan dengan barang palsunya, kan?

[Baca: Cara Cerdik Mengenali Barang Bermerek Palsu]

“Tas bermerek bekas yang original jika lengkap dengan kartu sertifikasi dan dust bag-nya tentu akan menambah nilai jual. Kita juga mempertimbangkan merek, jenis tas dari merek tersebut, serta kondisi dari tasnya itu sendiri dalam memberikan harga,” kata Khatib, pemilik toko di Blok C25 yang berlokasi di lantai 1. Contohnya, tas Chanel asli dengan kondisi yang masih baik bisa dijual tak kurang dari Rp 1 juta.

Informasi lebih lanjut:
Pasar Taman Puring, Blok C25, Lantai 1
Jam buka: Setiap hari, pk. 09:00-17:30
Nomor kontak: Khatib (0896-5917-1754)

2. Kamera DSLR

Terkadang kita membeli kamera dan memakainya selama bertahun-tahun, hingga menyadari bahwa teknologinya sudah ketinggalan jaman. Daripada menumpuk barang elektronik di rumah, lebih baik jual kamera tersebut untuk digunakan oleh orang yang butuh namun punya dana terbatas – misalnya para mahasiswa jurusan desain.

Ini juga cara bagus untuk menambah kekurangan biaya jika Anda sedang berencana untuk membeli kamera baru.

Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi adalah Sentra Kamera di lantai 2 Metro Atom Plaza, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Di sana, Anda akan menemukan beberapa toko yang mau membeli kamera bekas Anda. Jangan ragu untuk berkeliling dan membandingkan harga satu toko dengan yang lain.

Informasi lebih lanjut:
1. Kurnia Kamera Service
Metro Atom Plaza, Lantai 2, Blok AKS no. 45
Jl. KH Samanhudi, Pasar Baru, Sawah Besar
Jakarta Pusat-10710
Jam buka: Setiap hari, pk 12:00-19:00
Nomor kontak: 021-3813110

2. Libra Kamera
Metro Atom Plaza, Lantai 2, Blok AKS no. 38
Jl. KH Samanhudi, Pasar Baru, Sawah Besar
Jakarta Pusat-10710
Jam buka: Setiap hari, pk 09:30-18:00
Nomor kontak: 021-95993382, 0812-9000-9335

3. Sepatu

Selain menjadi rumah bagi para penjual tas, Pasar Taman Puring juga menampung para penjual sepatu yang kebanyakan menawarkan produk palsu alias KW dari merek-merek ternama, seperti Nike, Adidas, New Balance, Vans, atau Converse.

Tapi, jika tujuan Anda adalah untuk menjual sepatu, ada beberapa toko yang mau menerima, misalnya toko pak Ade di lantai 1. Di sini, Anda bisa menjual sepatu laki-laki maupun wanita merek apa saja, asalkan jenisnya formal – misalnya sepatu kerja, sepatu boots, serta sepatu-sepatu berbahan kulit atau beludru.

Beberapa merek yang dapat Anda jumpai, antara lain Clarks, Gucci, Kickers, dan Bally. Kisaran harga yang bisa didapatkan dari sepasang sepatu kulit yang masih dalam kondisi baik adalah Rp 250.000-Rp 400.000.

Informasi lebih lanjut:
Pasar Taman Puring, Blok B13, Lantai 1
Jam buka: Setiap hari, pk. 09:00-17:00
Nomor kontak: Ade (0852-9592-1422)

  1 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×