Cara Menghasilkan Uang dengan Fotografi


Teknologi telah mengubah bidang fotografi menjadi lebih “ramah” bagi semua kalangan. Tanpa memperhitungkan pendidikan formal atau usia, seseorang kini bisa mengasah kemampuan fotografinya lewat berbagai workshop, referensi internet, atau pun pengalaman posting foto lewat media sosial seperti Instagram.

Dengan bertambahnya pilihan kamera digital yang ditawarkan di pasaran, siapa pun makin mudah untuk mempunyai kamera andalan – dari kamera DSLR profesional, kamera mirrorless, hingga, tentu saja, kamera smartphone yang kini makin canggih.

Jika Anda tertarik untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan memanfaatkan bakat fotografi Anda, simak beberapa tips berikut:

1. Berlatih Secara Intensif

Menurut fotografer Rizki Syahmanda dari Eight Motion Photography, proses yang harus dijalani seseorang untuk menjadi seorang fotografer ternama tidak sesederhana yang terlihat.

Menurutnya, secara teknis seseorang bisa mulai mahir menggunakan kamera DSLR setelah minimal 1-2 bulan mempraktekkan ilmunya secara intensif.

“Anda bisa mengikuti klub foto, mulai dari klub universitas atau umum, hingga kelas fotografi, dan belajar tentang dasar fotografi,” sarannya.

Setelah lebih mahir, seseorang bisa mulai mengembangkan keterampilannya secara lebih spesifik, misalnya dengan memotret model, bermain dengan food photography, street photography atau human interest, landscape photography, dan sebagainya.

2. Buat Portfolio Foto

Untuk bisa menjual karya foto, Anda perlu memiliki portfolio berisi foto-foto yang Anda hasilkan dan olah secara khusus – bukan dari jepretan iseng-iseng.

Ada beberapa cara untuk mengumpulkan portfolio foto, misalnya dengan mengikuti photo hunt, atau menawarkan diri untuk memotret acara perusahaan, ulang tahun anak, atau pernikahan secara gratis. 

Dapatkan feedback dengan memamerkan hasil foto karya Anda di behance.net atau VSCO.com. Dari situ, Anda bisa mulai mencari klien serta menjual hasil karya dengan lebih percaya diri.

3. Menjual Stok Foto

Ada berbagai situs yang menerima kontribusi foto dari orang awam, misalnya iStock123rfFotoliaBigstock500px, dan lain-lain. Jika Anda mencari situs lokal, ayofoto bisa jadi pilihan.

Koleksi foto yang dijual di situs-situs image bank ini biasanya cukup lengkap – mulai dari foto pemandangan kota, arsitektur, manusia, binatang, benda, hingga makanan. 

Anda juga bisa membuat foto ilustrasi, yakni foto dengan model yang memeragakan peran dan memainkan ekspresi tertentu. Foto tersebut biasanya banyak dicari untuk keperluan publikasi media dan iklan.

Sistem pembayaran yang berlaku bisa berdasarkan perhitungan harga foto per download, atau dengan sistem bagi hasil dan royalti.

  1 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×