Kamus Belanja Online yang Perlu Anda Kuasai


Berbelanja di toko virtual, alias online shop, memang seringkali memaksa Anda untuk beradaptasi dengan bahasa serta istilah-istilah yang umumnya hanya ditemukan di komunitas tersebut.

Meski awalnya risih atau enggan menggunakan bahasa-bahasa unik tersebut, pada akhirnya Anda perlu mengerti juga supaya bisa nyambung dengan penjual.

“Awalnya ikutan aja sih. Aku cuma mengikuti aturan forum dan komunitasnya. Biar saat tanya-tanya sebelum transaksi dianggap sudah biasa belanja online. Jadi, nggak (dipermainkan) oleh penjualnya,” kata Anton, 21, saat ditanya mengapa ia kerap menggunakan bahasa online shop saat bertransaksi jual-beli lewat internet.

Julia, 21, juga mengakui hal yang sama. Karena ingin dianggap mengerti tentang jual-beli online sehingga mudah berinteraksi dengan penjual dan tidak ditipu, Julia mempelajari istilah dan singkatan yang tidak jelas asal-mula penggunaannya tersebut.

“Supaya bisa respon dan mengerti maksud penjual apa. Kalau si penjual tahu kita nggak paham bahasa mereka, bisa saja kan dia bohong – entah harganya dinaikkan, atau kualitas dan asal barangnya diubah-ubah. Kalau seperti itu, kita juga yang rugi,” ucap Julia.

Terlepas benar tidaknya asumsi tersebut, tidak ada salahnya kita ikut mempelajari beberapa istilah belanja online yang sudah sering dipakai, baik di forum jual-beli seperti KASKUS, Female Daily, atau marketplace seperti Tokopedia, dan lain-lain. Penasaran?

  1 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×