Tips Hemat Biaya Internet Saat Traveling di Luar Negeri


3. Ganti SIM Card mobile di negara tujuan

Meski kita terbiasa membeli SIM Card baru atau paket internet dengan harga murah di Indonesia, namun dua hal ini bisa jadi mahal di beberapa negara. Oleh karena itu, pilihan ini layak dipertimbangkan jika Anda berencana tinggal lebih dari 2 minggu atau sering mengunjungi sebuah negara.

Misalnya, jika Anda pergi ke Amerika Serikat 2-3 kali dalam setahun, Anda bisa membeli SIM Card prabayar dari T-Mobile seharga USD 40 dengan masa aktif 30 hari, atau memanfaatkan layanan mobile virtual network operators (MVNO) seperti Ultra Mobile yang menyewakan layanan telepon dan data nirkabel dengan menumpang jaringan T-Mobile. Tarifnya lebih murah, yakni mulai dari USD 19. Anda bisa menyimpan SIM Card tersebut dan menggunakannya lagi di kunjungan berikutnya.

Berikut beberapa pilihan GSM provider yang cukup dikenal:

Asia: Singtel hi! Card (Singapura), AIS One-2-Call (Thailand), Celcom (Malaysia), Vodafone U (India), One2Free, PCCW (Hong Kong), Smart, Globe (Filipina), kt olleh (Korea Selatan), b-mobile (Jepang), dan sebagainya.

Amerika Serikat: T-Mobile, AT & T

Australia: Optus, Boost Mobile

Afrika: Vodacom B4IGO (Afrika Selatan)

Eropa: Vodafone Smart Passport, Lycamobile (Italia), Lycamobile, Lebara (Belanda), Three Pay As you go, EE (Inggris), Orange SIM Holidays (Spanyol), MyCall, Telenor (Norwegia), Cosmokarta, What’s Up (Yunani).

Jika Anda tidak ingin kesulitan menemukan toko cabang operator GSM tertentu, cobalah bertanya orang setempat saat Anda berada di bandara, terminal, atau convenience store 24 jam seperti 7-Eleven. Saat berada di suatu negara yang mendorong Anda untuk menyewa SIM Card berikut perangkatnya, seperti di Korea Selatan, lebih praktis untuk membeli voucher internet per hari secara online.

Tip: Sebelum memutuskan membeli data plan, Anda perlu mengetahui kebutuhan internet berdasarkan kebiasaan sehari-hari Anda. Saat traveling, Anda akan lebih aktif menggunakan Google Map, Facebook, messenger, atau bahkan bermain Pokémon GO, jadi lebih baik sediakan kuota internet tidak kurang dari 2GB per hari atau beli unlimited data plan.

4. Beli atau Sewa Modem MiFi

Di Indonesia, kita terbiasa melakukan tethering alias mengubah mobile phone menjadi Wi-Fi hotspot dan menggunakannya untuk laptop atau tablet. Akan tetapi, tidak semua paket internet di luar negeri yang mengijinkannya. Jika Anda mempunyai dua mobile device yang ingin digunakan saat traveling, lebih baik tanyakan hal tersebut sebelum membeli internet plan yang mahal.

Cara lain yang bisa dilakukan tanpa mengganti SIM Card ialah membawa serta MiFi device atau Mobile WiFi Hotspot, alias wireless router mini yang bisa menjadi Wi-Fi hotspot dimana pun Anda berada. Ini juga bisa jadi solusi hemat jika Anda bertamasya dengan keluarga, karena MiFi bisa digunakan untuk 5-10 mobile device sekaligus.

Kelemahannya, perangkat ini biasanya hanya bertahan sekitar 4-6 jam dan terkadang tidak sanggup mendeteksi keberadaan koneksi 3G/4G – terutama di daerah yang dikelilingi banyak halangan gedung atau sesuatu yang tinggi. Jika Anda menggunakan pilihan ini, selalu pastikan mobile phone Anda mengaktifkan “airplane mode” sehingga baterai mobile device Anda bisa lebih awet.

Tip: Beberapa hotel dan Airbnb bersedia meminjamkan smartphone atau MiFi device, misalnya handy device yang tersedia di beberapa hotel di 7 kota besar dunia. Ini tentu akan menghemat biaya internet Anda! 

Baca juga: Tantangan Bekerja Sebagai Eksekutif di Luar Negeri

  2 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×