Cara Mudah Mengembalikan Barang yang Dibeli Secara Langsung atau Online


Metode pengembalian barang yang dibeli secara online

1. Hanya situs e-commerce yang sudah memiliki track record dan nama baik yang memiliki fasilitas pengembalian barang yang jelas. Retur item dapat dilakukan dengan mengisi formulir pengembalian barang yang biasanya disertakan di dalam kotak kemasan barang yang dibeli. Usahakan jangan menggunting label harga sebelum Anda yakin dengan barang online yang Anda beli. Dengan mengisi formulir pengembalian barang sedetil-detilnya, Anda memudahkan pekerjaan tim customer service (CS) untuk mempercepat proses penukaran atau pengembalian uang Anda.

2. Sebelum mengirimkan barang kembali ke toko asalnya, baca kebijakan pengembalian barang dan pastikan item yang Anda kirimkan memenuhi syarat. Beberapa situs e-commerce juga menyediakan formulir pengembalian barang secara online, misalnya MatahariMall atau BerryBenka.

3. Pembelian menggunakan voucher di situs e-commerce tidak memungkinkan untuk dikembalikan secara utuh. Uang yang dikembalikan biasanya hanya berupa biaya transaksi, namun tidak termasuk voucher yang sudah digunakan.

4. Untuk produk elektronik, pengembalian barang biasanya hanya diterima jika barang masih dalam kondisi baru dan tersegel dan tidak lebih dari 1-2 hari kerja. Lebih dari itu, Anda harus memanfaatkan fasilitas garansi dari produsen barang.

5. Penukaran barang dengan item lain biasanya dapat dilakukan hanya jika barang yang ingin ditukarkan memiliki harga yang sama.

6. Batas waktu yang disediakan untuk pengembalian barang bervariasi untuk tiap situs e-commerce, antara 7-30 hari. Cara termudah dan termurah ialah melakukan pengiriman lewat kantor pos – beberapa e-commerce bahkan mengganti ongkos kirim dalam waktu 1-2 minggu.

7. Jika Anda bingung dan memiliki pertanyaan, hubungi nomor kontak CS yang tersedia. Mayoritas situs e-commerce ternama memiliki sistem layanan CS yang sudah terlatih.

8. Jika sudah melebihi tenggat waktu pengembalian barang, item sudah tidak dapat dikembalikan.

Metode pengembalian barang yang dibeli di retail outlet

Pada umumnya, retail outlet yang sudah beroperasi lama atau merupakan cabang dari perusahaan internasional akan menangani pengembalian barang melalui kasir umum atau kasir khusus di setiap cabangnya.

Dari pengalaman penulis LiveOlive sendiri, transaksi yang terjadi di kasir retail outlet seperti H&M dan Zara selalu diakhiri dengan petugas kasir yang mengingatkan bahwa barang dapat dikembalikan dalam waktu dua hari hingga seminggu dengan membawa struk pembelanjaan.

Karena bertemu muka dan secara fisik, prosesnya pun menjadi jauh lebih sederhana dibandingkan dengan pengembalian barang yang dibeli secara online – meski terkadang Anda harus mengantri di kasir khusus.

Berikut beberapa aturan umum pengembalian barang secara langsung di retail outlet.

1. Batas pengembalian barang adalah sekitar 2 hari hingga 7 hari. Pada beberapa retail store tertentu, kebijakan pengembalian dapat berlangsung hingga 30 hari. Jika Anda tidak yakin akan pembelian Anda, misalnya saat ingin membeli sepatu sebagai hadiah, selalu tanyakan kebijakan pengembalian pada kasir yang melayani Anda.

2. Barang yang dikembalikan harus disertai dengan struk pembelanjaan dan dalam kondisi tidak rusak, tidak kotor, serta belum dicuci.

3. Jika ingin memberikan opsi retur kepada seseorang yang menerima kado dari Anda, minta kepada kasir untuk membuat bukti pembelian tanpa disertai harga. Beberapa dari retail outlet akan memudahkan proses tersebut.

4. Sebagai upaya jaga-jaga, foto struk pembelian untuk memudahkan Anda jika struk pembelanjaan Anda hilang saat Anda membutuhkannya.

5. Berbaik hatilah dengan petugas kasir yang melayani Anda. Jika Anda memang menyukai sebuah merek, tidak ada salahnya untuk menjadi pelanggan setia di satu retail outlet, sehingga mereka mengenali Anda dan memberikan kemudahan saat Anda membutuhkan bantuan lebih.

Baca juga: Kamus Belanja Online yang Perlu Anda Kuasai

  2 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×