Hal-hal yang Bisa Mengejutkan Saat Pertama Kali Liburan ke Eropa


“Beberapa orang yang sering berlibur seputar Asia mungkin akan mengira persiapan pergi ke Eropa kurang lebih sama. Saya juga pernah berpikir begitu, tapi ternyata beda banget,” kata Kim, seorang pengusaha yang pergi ke Eropa setidaknya setahun sekali, baik untuk keperluan bisnis maupun liburan.

Ada banyak hal tak terduga yang sebaiknya diperhatikan saat berkunjung ke Eropa, contohnya saja musim yang Anda pilih akan sangat mempengaruhi persiapan yang perlu Anda lakukan untuk memastikan perjalanan Anda tetap nyaman dan produktif.

Simak hal-hal berikut berdasarkan pengalaman Kim dan beberapa orang lain saat berada di Eropa:

Check-In dan Check-Out Hotel

Setelah penerbangan yang memakan waktu belasan jam, hal pertama yang Anda butuhkan adalah membongkar bawaan di kamar hotel dan mungkin mandi atau beristirahat sejenak sebelum menjelajahi kota yang Anda kunjungi.

Sebagian besar hotel di Eropa menerima check-in pada pukul 15:00 dan check-out pukul 11:00. Hal ini sangat berbeda dengan hotel-hotel di Asia, dimana check-out umumnya diperbolehkan pukul 12:00 dan check-in pukul 14:00.

“Di salah satu hotel tempat saya menginap, check-in bahkan mulai pukul empat sore,” tukas Kim.

Jadi, jika Anda tiba di hotel sebelum jam tiga sore, pastikan Anda telah merencanakan sesuatu untuk menghabiskan waktu sebelum check-in, entah itu berputar-putar di tempat perbelanjaan atau menjelajahi lokasi sekitar hotel.

Meski aturan hotel tentang waktu check-in dan check-out cukup ketat, Anda masih bisa meminta beberapa hal berikut:

  • Menitipkan koper dan tas-tas lain di concierge saat menunggu kamar Anda siap
  • Meminta kata sandi wi-fi sehingga Anda bisa terhubung ke internet
  • Beberapa hotel mengijinkan Anda untuk menggunakan fasilitas spa atau gym sebelum check in, sehingga Anda bisa menyegarkan diri sejenak.

Pentingnya Atur Bawaan di Tas Kabin

Waktu perjalanan ke Eropa bisa memakan waktu 13 jam atau bahkan lebih – belum termasuk transitnya.

Dengan jatah bagasi 20-30 kg, pastikan Anda sudah memilah-milah bawaan yang akan dimasukkan ke bagasi alias checked baggage, serta tas yang akan dibawa masuk ke dalam kabin pesawat alias carry-on bag.

Meski berat maksimal tas kabin yang bisa Anda bawa ke dalam pesawat adalah 7 kg, sebaiknya jangan bebani diri dengan bawaan berat yang tidak Anda butuhkan saat transit. Hal-hal yang bisa Anda siapkan di tas kabin, antara lain:

  • Baju tidur berbahan ringan untuk di pesawat – kecuali jika Anda naik business class atau first class. Beberapa maskapai memberikan sepasang piyama gratis sebagai bagian amenities yang disediakan.
  • Baju ganti cadangan untuk dipakai saat mendarat – karena alasan di atas, atau untuk berjaga-jaga seandainya maskapai terlambat mengangkut atau menghilangkan koper Anda.
  • Perlengkapan rias dan perlengkapan mandi penting, seperti tissue pembersih riasan, krim pelembab, tabir surya, dan sebagainya – pastikan wadahnya berukuran tidak lebih dari 100ml. Bawa juga perlengkapan rias dasar Anda, misalnya alas bedak, bedak, pemerah pipi, eye shadow.

Toilet pesawat biasanya dilengkapi dengan body lotion, mouthwash, dan sabun cuci tangan, jadi produk-produk berbentuk cairan tersebut tidak perlu dibawa.

Ada AC, Nggak?

Banyak sekali bangunan di Eropa, termasuk bangunan hotelnya, berusia sangat tua. Bagi mereka, bangunan berusia 50 tahun bisa dibilang cukup baru!

Oleh karena itu, beberapa hotel mungkin tidak memiliki sistem pendingin atau penghangat ruangan. Saat memesan dan menginjakkan kaki di hotel, Anda harus memastikan pihak hotel memberi Anda kamar dengan AC, terutama saat musim panas, dan pemanas, di musim dingin.

“Saya mulai curiga saat melihat kipas angin di kamar saya!” pekik Kim, yang terlambat mengetahui bahwa hotel bintang lima tempatnya menginap di London tidak melengkapi kamarnya dengan AC.

Lain lagi pengalaman Sicilia, yang pergi ke Dublin saat musim dingin. Ia terpaksa meringkuk kedinginan dan memakai baju hangat berlapis-lapis karena hostel tempatnya menginap tidak dilengkapi penghangat individual di masing-masing kamar.

  1 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×