Hal-hal yang Bisa Mengejutkan Saat Pertama Kali Liburan ke Eropa


Perlengkapan Mandi di Hotel

“Saya sudah menginap di sedikitnya 10 hotel di Eropa dan umumnya, meski mereka menyediakan shampoo, conditioner, body lotion, dan sabun, mereka hampir tidak pernah menyediakan sikat gigi maupun pasta gigi,” kata Kim bingung.

Lebih baik bawa saja sikat gigi lipat dan pasta gigi kecil. Pastikan Anda membawa yang baru dan belum dibuka karena bahkan saat Anda menutupnya dengan rapat, pasta gigi seringkali merembes keluar.

Jika dalam keadaan terdesak, Anda bisa meminta sikat gigi dan pasta gigi saat berada di pesawat, kemudian menggunakannya untuk sepanjang perjalanan liburan Anda.

Maksimalkan VAT Refund

Di Eropa, wisatawan berhak atas pengembalian PPN pembelian barang hingga sebesar 17%. Untuk memperoleh tax refund, cukup tunjukkan paspor Anda di kasir, sehingga pihak toko bisa memeriksanya dan memberi Anda lembar klaim pengembalian.

Cari tempat pengembalian PPN bertuliskan “VAT Refund” di area keberangkatan bandara. Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Untuk menghemat waktu, pastikan Anda mengisi lembar yang diberikan pihak toko secara lengkap sebelum tiba di bandara.
  • Alokasikan setidaknya 1 jam untuk melakukan klaim pengembalian PPN – atau lebih jika Anda bepergian pada musim liburan.
  • Bersiaplah untuk menunjukkan benda-benda yang Anda sebutkan di lembar klaim kepada petugas bagian pengembalian PPN; letakkan benda-benda tersebut di bagian atas koper atau di tas terpisah. Umumnya petugas akan meminta diperlihatkan benda-benda yang mahal, seperti smartphone, tas, perhiasan, dan sepatu bermerek.

Anda bisa memilih pengembalian PPN dalam bentuk uang tunai atau transfer ke kartu kredit. Untuk menghindari kerugian nilai tukar mata uang, lebih baik pilih uang tunai – yang akan Anda terima saat itu juga. Selain itu, metode transfer ke kartu kredit bisa memakan berminggu-minggu dan Anda tidak bisa mengajukan keberatan seandainya jumlah yang dikembalikan salah.

Pilih mata uang negara yang akan Anda tinggalkan, misalnya Pound Sterling (GBP) jika Anda berada di Inggris. Nantinya, Anda dapat menukarkan uang tersebut ke dalam mata uang yang Anda inginkan, misalnya ke USD, SGD, dan lain-lain sendiri karena Anda akan mendapat nilai tukar lebih baik.

Pemesanan Hotel

Situs-situs seperti TripAdvisor sangat berguna tak hanya karena menyediakan beragam pilihan, tapi juga menyertakan pengalaman orang lain serta foto hotel yang sedang Anda pertimbangkan.

Ada beberapa hal yang kami pelajari setelah menggunakan beberapa situs ulasan travel populer:

  • Bagian “foto wisatawan” menunjukkan bagaimana kondisi sebuah hotel sebenarnya; tentu saja, foto-foto yang disediakan oleh hotel cenderung lebih bagus daripada aslinya. Jika ada, lihat-lihat foto-foto pengunjung yang lebih baru – yang hanya berjarak satu tahun dari waktu kunjungan Anda.
  • Saat membaca-baca ulasan, baca juga beberapa komentar negatifnya untuk mengetahui secara persis kekurangan yang dimiliki hotel tersebut. Kami juga merasa hal-hal ini bermanfaat:

1. Jika manajemen hotel membalas komentar negatif yang diberikan pengunjung, itu justru menjadi nilai tambah!

2. Komentar tentang kamar berguna untuk mencari tahu lantai berapa dan pemandangan arah mana yang direkomendasikan orang-orang.

Meski versi webnya cukup baik, versi mobile app biasanya memiliki beberapa nilai tambah, misalnya mampu menyimpan pilihan favorit Anda. Plus, jika Anda membeli dari situs yang sama, app tersebut akan menyimpan kode konfirmasi pemesanan Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu mencari-cari di inbox Anda!

Jika terpaksa memperpendek masa menginap, Anda harus menelepon situs pemesanan hotel yang Anda gunakan untuk membeli saat ingin melakukan perubahan, bukan hotel itu sendiri. Proses perubahan akan lebih mudah dilakukan seandainya Anda belum check-in ke hotel yang bersangkutan.

“Hal ini menguji kesabaran, karena saya dibuat menunggu selama setidaknya satu jam,” kenang Kim.

Manfaatkan Kamera Foto dan Screenshot

Selfie memang keren, tetapi memotret semua barang bawaan Anda dan memastikan kelengkapannya juga penting.

Saat mengambil bagasi, pastikan Anda mendapatkan semua barang Anda dan menghitung kembali jumlahnya.

“Jika kebetulan sedang sial dan kehilangan koper, akan jauh lebih mudah menjelaskan rupa koper tersebut kepada pihak maskapai jika kita menyimpan fotonya,” saran Kim.

Jika Anda memiih menggunakan tiket elektronik untuk pemesanan tiket pesawat dan hotel, simpan tangkapan layar (screenshot) bukti pemesanan tersebut sebelum pergi, untuk berjaga-jaga seandainya Anda tidak langsung mendapatkan sambungan Wi-Fi di tempat tujuan Anda. Anda akan diminta menuliskan info nomor penerbangan, nama, alamat, serta telepon hotel tujuan Anda di kartu imigrasi negara tujuan.

Baca juga: Bagaimana Menghasilkan Uang Saat Liburan

  2 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×