5 Apps yang Mengubah Barang Bekas Menjadi Uang


BUKALAPAK

Berdiri sejak 2010, aplikasi Bukalapak saat ini sudah diunduh oleh hingga 10 juta orang. Salah satu keuntungan berjualan lewat Bukalapak adalah adanya sistem rekening bersama serta notifikasi lewat sms jika ada pesanan. Jadi nggak ada cerita pesanan terlewat karena tak melihat PM di aplikasi/ tidak melihat email.

Bagaimana cara berjualan di Bukalapak?

1. Sudah pasti yang pertama adalah melakukan registrasi di website bukalapak.com atau langsung di aplikasi yang sudah Anda unduh.

2. Setelah akun yang anda miliki untuk menjual barang terverifikasi dengan baik, pilih menu mylapak dan pilih menu drop down link untuk mulai menjual barang.

Dengan banyaknya kategori produk yang ada di Bukalapak, Anda harus menentukan jenis barang apa yang Anda jual lengkap dengan deskripsi, harga, ukuran, jumlah stok dan gambar yang menarik.

Setelah lapak Anda diverifikasi, Anda tinggal menunggu proses transaksi. Yang menarik dari Bukalapak, sebagai pedagang, Anda bisa secara langsung memantau sejauh mana proses jual beli berlangsung. Apakah sudah dibayar (Bukalapak menggunakan rekening bersama, sehingga lebih aman baik untuk pembeli atau penjual), menunggu, atau bahkan sudah sampai ke tangan konsumen.

Gambar diambil dari: komunitasandroid

CAROUSELL

Berdiri sejak 2012 di Singapura, Carousell merupakan mobile marketplace untuk jual beli barang-barang secondhand dengan kondisi prima. Banyak yang menyukai konsep Carousell karena transaksi jual beli dilakukan di dalam aplikasi, jadi penjual dan pembeli tak harus saling bertukar kontak untuk bertransaksi. Banyak juga yang bilang Carousell ini adalah jejaring sosial khusus untuk jual beli sehingga pembeli dan penjual tak harus saling bertukar kontak.

Tampilannya yang ‘anak muda banget’ membuat Carousell memiliki angka unduh yang cukup tinggi di usianya yang baru menginjak tahun keempat. Bagaimana cara berjualan di Carousell?

1. Unduh aplikasi Carousell

2. Lakukan registrasi di mana bisa langsung dikoneksikan dengan media sosial seperti facebook, Google+ atau akun email.

3. Masukkan foto barang yang akan dijual dengan menekan tombol ‘jual’ yang ada di layar.

4. Anda juga bisa meng-import langsung foto dari akun Instagram

5. Selamat, Anda sudah menjadi penjual di Carousell!

Langkah selengkapnya diambil dari: howtocarousell

SHOPPEE

Shopee menyediakan platform online marketplace yang menjembatani penjual dan pembeli untuk mempermudah transaksi jual beli online melalui perangkat ponsel mereka. Shopee sendiri sepertinya merupakan perpanjangan tangan dari Garena untuk merambah ke segmen e-commerce.

Sejatinya, Shopee tidak hanya hadir di pasar Indonesia saja, tetapi telah hadir di Malaysia, Singapura, dan juga Vietnam. Merujuk pada halaman Facebook mereka, Shopee masuk ke pasar Indonesia pada bulan Mei 2015 lalu.

Bagaimana berjualan di Shoppee?

1. Unduh aplikasinya

2. Lakukan registrasi

3. Klik tombol jual atau ‘+’ lalu ambil foto sedetail dan semenarik mungkin dari barang yang akan dijual.

4. Lengkapi detail lainnya seperti harga dan berat barang tersebut.

5. Aplikasi Shoppee terbaru ini memiliki pengaturan auto reply chat yang memungkinkan penjual menyapa pembelinya secara langsung.

6. Tinggal tunggu notifikasi ada yang berminat pada barang jualan Anda deh!

Langkah selengkapnya diambil dari: blogpenting

Nah, segera intip lemari Anda dan manfaatkan barang tak terpakai yang teronggok di sana supaya jadi uang, yuk!

  2 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×