TIPS Mendaftar Menjadi Peserta BPJS Kesehatan


“Awalnya, saya mengurus BPJS kesehatan sebatas memenuhi prasyarat dokumen masuk sekolah dasar untuk anak. Tak pernah terpikir bahwa saya akhirnya benar-benar mempergunakan fasilitas tersebut. Namun cerita berubah ketika saya divonis kanker kantung empedu dan harus rutin mengalami rawat jalan bahkan operasi untuk pengangkatan kantung empedu, dan kemoterapi, saya baru menyadari pentingnya memiliki BPJS Kesehatan”

Cerita diatas adalah pengalaman pribadi, saya tidak pernah menyadari bahwa menjadi peserta BPJS Kesehatan yang awalnya karena ketidaksengajaan ternyata bermanfaat untuk saya saat ini, terutama dalam kondisi sakit saya dengan vonis penyakit yang tidak pernah terlintas dipikiran saya sebelumnya. BPJS Kesehatan ternyata dapat menanggung biaya penyakit kritis yang saya alami.

Tertarik untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan?

Berdasarkan pengalaman, di sini saya ingin berbagi beberapa tips untuk Anda yang berkeinginan mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan untuk mendapatkan manfaat perlindungan kesehatan seperti saya.

Cara Mendaftar BPJS

Untuk menjadi anggota BPJS kesehatan ternyata sangat mudah, tersedia dua cara yang bisa dipilih untuk mendaftar, yaitu:

Pendaftaran Online

Pilihan ini disediakan bagi Anda yang sibuk bekerja dan tidak memiliki banyak waktu. Silahkan kunjungi situs BPJS untuk melakukan pendaftaran online.
Sayangnya cara ini tidak berlaku apabila salah satu dari anggota keluarga yang tercantum namanya di Kartu Keluarga Anda ternyata sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Bila hal demikian terjadi, satu-satunya cara Anda mendaftar yaitu harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

Pendaftaran Langsung ke Kantor BPJS Kesehatan

Pendaftaran langsung dapat dilakukan dengan datang ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat, sesuai dengan dari daerah mana KTP Anda dikeluarkan. Misalnya, jika Anda pemegang KTP Jakarta Selatan datanglah ke Kantor BPJS Kesehatan di Pasar Minggu. Untuk alamat BPJS Kesehatan lainnya silahkan klik di sini

*Tips:
Mengingat bahwa jam operasional layanan BPJS Kesehatan yaitu setiap hari Senin – Jumat, pukul 08.00WIB – 17.00WIB, sebaiknya Anda datang setelah jam 1 siang dan sebelum jam 3 sore, karena pada saat itu antrian sudah tidak terlalu banyak.

Syarat Mendaftar BPJS

Hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan adalah :

Melengkapi Isian dan Dokumen Yang Diperlukan

Mengisi Formulir Daftar Isian Peserta (DIP) yang disediakan oleh kantor BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia dengan melampirkan :

  1. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  2. Fotokopi KTP/Paspor, masing-masing 1 lembar
  3. Fotokopi Buku Tabungan BRI/ Mandiri/ BNI salah satu peserta yang ada didalam Kartu Keluarga. Buku tabungan ini untuk auto debit jumlah pembayaran BPJS kesehatan Anda, untuk hal ini Anda perlu datang ke Bank untuk mendaftarkan auto debit pembayaran BPJS Kesehatan Anda.
  4. Pasfoto 3 x 4, masing-masing sebanyak 1 lembar, background bebas

*Tips:

  1. Untuk fotokopi dokumen persyaratan, sebaiknya persiapkan lebih dari 2 salinan, sehingga jika ada kekurangan Anda tidak perlu menghabiskan waktu bolak balik ke tempat fotokopi.
  2. Persiapkan semua dokumen sehari sebelum ke BPJS Kesehatan, kemudian staples semua dokumen masukan semua dokumen ke dalam map atau amplop coklat besar
  3. Bawalah pulpen warna hitam, untuk mengisi form bila diperlukan
  4. Jangan ragu untuk bertanya kepada petugas jika saat pengisian Formulir Daftar Isian Peserta ada yang tidak Anda pahami
  1 of 2  

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×