Worth it or Not Worth it: Memulai Bisnis Bersama Teman


 

PERTANYAAN:

Saya berusia 30 tahun dan saya bekerja sebagai manager di sebuah perusahaan multinasional. Penghasilan saya Rp 15 juta per bulan dan pengeluaran bulanan saya adalah sebagai berikut:

 

Saya selalu ingin memiliki bisnis sendiri dan kini seorang teman menawarkan kesempatan untuk berinvestasi di restoran miliknya (sebuah kafe kecil di area perkantoran). Saya akan menjadi rekan bisnis pasif — teman saya akan menjalankan bisnis tersebut, termasuk strategi pemasarannya. Jumlah investasi bagian saya adalah sekitar Rp 100 juta dan menurut teman saya kami akan memperoleh keuntungan dalam 6 bulan. Saya memiliki Rp 100 juta di tabungan (dimana bunganya kecil sekali) — Bisakah saya menaruh uang tersebut untuk bisnis ini?

1. Setelah Anda menaruh Rp 100 juta untuk usaha ini, berapa tabungan tersisa yang Anda miliki di bank (dengan perhitungan jumlahnya setara dengan berapa bulan pengeluaran Anda)?
a. Sangat sedikit.Saya harus menguras tabungan saya untuk ini
b. 6 bulan, jadi setidaknya Rp 60 juta
c. Lebih dari 6 bulan, atau lebih dari Rp 60 juta

2. Mana yang sesuai dengan fakta mengenai rekan bisnis Anda?
a. Ini adalah bisnisnya yang pertama, tetapi ia membaca banyak buku mengenai kewirausahaan dan manajemen.
b. Ia memiliki latar belakang bisnis yang bagus dan telah menjalankan beberapa bisnis untuk orang lain
c. Ia adalah wiraswasta yang jago — ia memulai banyak usaha dan telah menghasilkan keuntungan

3. Mana yang menggambarkan hubungan Anda dengan rekan bisnis ini (jawab dengan jujur dan hati-hati)?
a. Ia teman baik saya dan saya tidak ingin kehilangannya sebagai teman
b. Kami adalah kenalan, saya sudah beberapa lama mengenal dia tetapi kami tidak begitu sering menghabiskan waktu luang bersama.
c. Kami hanya dikenalkan oleh seorang teman yang lain. Saya lebih mengenal dia secara bisnis daripada secara pribadi.

Jika Nilai Anda 50 atau kurang:    

Anda mungkin sebaiknya menahan keinginan untuk menjadi wiraswasta saat ini, karena Anda mungkin belum memiliki cukup tabungan atau bisnis ini beresiko besar karena rekan bisnis Anda tidak memiliki pengalaman cukup yang bisa menjamin kesuksesan bisnis ini. Coba pertimbangkan deposito yang akan memberi Anda 2-3 kali lipat bunga dibanding tabungan biasa.

Jika Nilai Anda antara 50 – 80:

Anda dapat menjalankan bisnis ini apabila:

1. Anda tetap akan mempunyai tabungan sebesar 6 bulan pengeluaran setelah menyisihkan Rp 100 juta untuk investasi bisnis tersebut, dan
2. Rekan bisnis ini memiliki pengalaman dalam menjalankan usaha dan memiliki model bisnis yang kuat (dan Anda mengerti jelas bagaimana akan menghasilkan keuntungan).

Jika Nilai Anda 80 atau lebih:

Anda sudah mampu untuk menjadi seorang penanam modal! Anda memiliki keuangan yang dibutuhkan dan rekan bisnis Anda nampaknya memiliki track record yang baik dalam hal menjalankan bisnis yang sukses. Selain itu, kenyataannya hubungan Anda dengan si rekan bisnis yang tidak hanya berdasarkan pertemanan, karena Anda tidak ingin kehilangan teman baik hanya karena pertikaian soal uang, bukan? Memperkerjakan seorang teman adalah satu hal, tetapi melakukan bisnis bersama teman adalah hal yang berbeda.

Ingat…

 

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×