Apa yang Harus Dilakukan Saat Kehilangan Kartu Kredit


Sebagian besar bank di seluruh dunia, termasuk pengelola kartu kredit, sudah memiliki fasilitas maju terkait layanan kartu kredit, sehingga ketika kejadian buruk terjadi --seperti kehilangan atau pencurian kartu-- Anda dapat melanjutkan aktivitas di manapun Anda berada. Tentu saja, hal pertama yang Anda ingin lakukan adalah menghindari kerugian finansial jikalau kartu tersebut jatuh ke tangan yang salah, terutama jika Anda memiliki limit kartu cukup tinggi.

Berikut 4 langkah utama yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hal tersebut:

1. Segera Laporkan Kehilangan

Jangan buang waktu untuk mencari dompet atau kartu kredit Anda, terutama jika Anda menduga seseorang telah mencurinya. Segera hubungi bank penerbit kartu melalui nomor kontak darurat 24 jam yang disediakan. Ada baiknya menyimpan nomor kartu kredit Anda beserta nomor hotline bank penerbit di dalam catatan tersendiri --tidak dalam dompet atau smartphone Anda. Minta bank untuk memblokir kartu Anda. Setelah pelaporan tersebut, Anda tidak lagi bertanggung jawab terhadap segala transaksi yang menggunakan kartu Anda.

2. Minta Kartu Pengganti

Begitu Anda telah melaporkan kartu yang hilang atau tercuri, mintalah petugas Customer Service untuk menghubungkan Anda kepada bagian Kartu Kredit.
Petugas di bagian tersebut akan membantu Anda untuk memperoleh kartu kredit pengganti. Kartu tersebut bisa dikirim ke hotel atau alamat tempat Anda tinggal, biasanya dalam 24 jam atau lebih cepat. Bank akan melakukan verifikasi alamat dan Anda perlu memberikan nama orang yang akan menerima kartu pengganti tersebut di tempat tujuan.

3. Minta Nomor Referensi Laporan Anda

Selalu catat nomor referensi dari laporan Anda, selain nomor Bebas Pulsa, sehingga Anda dapat menelepon kembali seandainya terjadi penundaan dalam pengiriman kartu kredit pengganti.

4. Gunakan Kartu Kredit Pengganti dengan Bijak

Saat menggunakan kartu pengganti untuk pembayaran, Anda mungkin akan mengalami masalah kecil saat petugas di kasir berusaha menggesek kartu tersebut. Jika penggesakan tidak berhasil, minta ia untuk memasukkan nomor kartu tersebut.

Kehilangan kartu kredit bisa menimbulkan stres, terutama jika itu terjadi saat Anda sedang berada di luar negeri. Tujuan utama Anda adalah untuk menghindari kerugian finansial dari pemakaian ilegal yang dilakukan orang tak bertanggung jawab yang menyimpan kartu Anda. Bisa saja Anda dianggap berhutang oleh bank jika Anda tidak melaporkan kehilangan tersebut sesegera mungkin, jadi lebih baik berjaga-jaga daripada menyesal di kemudian hari.

Pernahkah Anda kehilangan kartu kredit? Apa akibatnya? Apakah pencurinya berhasil tertangkap? Bagi pengalaman Anda kepada LiveOlive tentang bagaimana Anda menangani masalah tersebut.

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×