Tips Mengatur Anggaran bagi Siapapun yang Malas Melakukannya


Coba jawab pertanyaan berikut:

  1. Apakah Anda memiliki kesulitan dalam mengatur anggaran?
  2. Sudahkah Anda mencoba menulis semua barang yang Anda beli atau mencatat pengeluaran Anda, tapi merasa itu sangat merepotkan, kemudian menyerah setelah beberapa hari?    
  3. Apakah Anda sadar kalau mengumpulkan struk belanja tidak begitu membantu dan hanya akan meninggalkan banyak kertas berantakan yang membuat dompet Anda tebal?        
  4. Apakah Anda masih kekurangan uang di pertengahan bulan?

Jika jawaban Anda YA, maka "Pengaturan Uang Sepotong Demi Sepotong" mungkin sesuai untuk Anda. Yang dibutuhkan hanya 3 langkah sederhana berikut:

1. Pilih satu pengeluaran yang cenderung melampaui batas anggaran

2. Tetapkan anggaran per bulan dan frekuensi pembelanjaannya. Misalnya, anggaran Anda untuk belanja online Rp 1 juta per bulan dan Anda biasanya belanja 4 kali sebulan   

3. Bagi jumlah anggaran bulanan dengan frekuensi belanja Anda dalam sebulan itu. Ini adalah batas belanja yang perlu diingat untuk selanjutnya. Ambil contoh saja Rp 250.000 adalah angka batas belanja Anda --jumlah maksimal yang dapat Anda belanjakan setiap melakukan pembelian lewat web.                                  

Cukup mudah, kan?

Nah, bagaimana seandainya Anda ingin membeli barang seharga Rp 500.000? Untuk itu, Anda harus menunggu minggu ke-2 untuk membelinya, atau membeli sekarang dan melewatkan acara belanja selanjutnya --meskipun Anda masih punya Rp 500.000 di dompet. 

Ini alasannya…

Jika Anda terus membelanjakan uang hingga anggaran Anda habis, Anda tidak akan punya uang di pertengahan bulan --atau bahkan sebelum itu-- dan karena Anda kekurangan uang untuk belanja, maka kemungkinan besar Anda akan melampaui anggaran atau menggunakan kartu kredit.

Dengan menunda pembelanjaan atau melewatkan acara belanja untuk satu minggu ke depan, Anda bisa mengatur anggaran Anda kembali dan tidak merasa "miskin" tiap akhir bulan.  

Coba mulai dengan 2-3 pengeluaran yang menurut Anda sulit diatur, sehingga Anda tidak perlu mengingat banyak angka.    

Apakah Anda punya cara praktis untuk mengatur anggaran yang bisa dibagi ke pembaca LiveOlive? 

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×