Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Berinvestasi Properti


 

Dengan ibukota Indonesia menduduki peringkat tinggi sebagai pasar investasi real estat di Asia Pasifik --berdasarkan laporan “Emerging Trends in Real Estate Asia Pacific 2013”, maka tidak mengherankan bahwa investasi properti sedang meningkat.

Tahun ini, sektor properti diperkirakan akan terus berkembang seiring pertumbuhan ekonomi negara yang konsisten, tingkat suku bunga rendah --yang dipertahankan oleh bank sentral sebesar 5,75% sejak Februari tahun lalu, peningkatan pendapatan per kapita, serta bertambahnya aliran dana investasi.

Jika Anda saat ini berpikir untuk berinvestasi di properti, bisa jadi sekarang adalah saat yang tepat untuk melakukannya. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar uang Anda benar-benar berada di “keranjang” yang tepat. Kami berbicara dengan seorang eksekutif dari konsultan properti Cushman & Wakefield, Kevin Gunawan, yang membantu  mengidentifikasikan 4 hal utama:

Lokasi

“Pertama – tama, Anda harus memiliki visi yang jelas tentang apa yang Anda inginkan.” Kalau Anda ingin berinvestasi untuk rumah yang akan Anda tinggali, pastikan Anda menjabarkan semua hal yang Anda inginkan dalam sebuah rumah sebelum melakukan pembelian. 

Di sisi lain, kalau tujuan Anda adalah untuk investasi saja, pastikan Anda membeli properti yang mudah untuk disewakan; harganya harus terjangkau dan lokasinya dekat kompleks pertokoan dan fasilitas lainnya. 

Developer/ Perusahaan Pembangun

“Jauh lebih baik jika Anda membeli properti dari developer yang cukup terkenal untuk meminimalkan risiko proyek mandek ditengah jalan atau mengalami kebangkrutan.” 

Pastikan bahwa developer yang Anda pilih memiliki portofolio dan track record yang baik. Jika Anda yakin akan kredibilitasnya, berarti ada satu hal yang tidak perlu Anda kuatirkan lagi. Dengan begitu, Anda bisa memerhatikan hal yang lain.

Kemampuan Keuangan Anda

“Anda perlu mencari properti yang harganya sesuai dengan daya beli Anda. Jangan membuat keputusan terburu-buru karena terbawa suasana. Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki kemampuan membayar, dan ini memerlukan pemikiran dan perencanaan yang cermat.” 

Perhatikan syarat pembayaran –berapa total uang muka, berapa lama angsuran, dan lain-lain– serta cari tahu apakah tipe pinjaman investasi tertentu sesuai dengan kondisi Anda. 

Pastikan Anda melakukan perbandingan dan studi yang cukup untuk menjamin bahwa Anda telah memilih penawaran yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Inspeksi & Asuransi

“Anda harus tahu dengan tepat kondisi dari hunian yang Anda beli. Anda perlu tahu segala sesuatu mengenai properti tersebut sehingga Anda tahu apakah ini merupakan investasi yang baik atau tidak.” 

Dengan bantuan dari para profesional, lakukan inspeksi untuk mengurangi kemungkinan adanya kejutan-kejutan yang tidak diinginkan. Ada baiknya juga Anda memiliki asuransi untuk semua properti yang Anda beli. 

Jika Anda berpikir untuk menyewakan, Anda harus pertimbangkan  asuransi untuk pemilik (landlord) dan pendapatan. “Investasi properti akan menjadi salah satu transaksi terbesar yang pernah Anda lakukan selama hidup Anda... 

Jangan terpancing untuk membeli sesuatu yang ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan atau keadaan Anda, dan jangan menjadi korban promosi ini-itu," ujar Gunawan.

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×