Bicara Anggaran


Kini saat Anda telah memiliki pemikiran yang lebih baik mengenai uang Anda, mari berpikir tentang menyusun anggaran.

Tunggu dulu! 

Jangan dulu berpikir menyusun anggaran itu membosankan atau sesuatu yang tidak mungkin karena ketidakdisiplinan Anda. Itu tidak benar. Bagaimana Anda membuat rumah tangga Anda tetap berjalan? Dengan membayar sewa dan tagihan  tepat waktu dan menyimpan persediaan makanan di lemari es. Bagaimana membuat anak Anda tetap bersekolah dan tetap dapat mengikuti kelas ekstrakulikuler mereka seperti musik, tari, drama, pidato atau olahraga?

Ya, jawaban Anda benar!

Anda telah menyusun anggaran dan telah berdisiplin atas beberapa anggaran yang Anda tentukan untuk membuat hidup Anda tetap berjalan. 

Menyusun anggaran untuk kesehatan keuangan Anda sama pentingnya seperti makan untuk kebugaran tubuh Anda. Saat Anda menjalin hubungan yang sehat dengan uang yang Anda miliki, Anda akan menyusun anggaran belanja dengan serius. Ayo mulai disusun dengan rapi!

Menggunakan kategori di artikel pertama, pikirkan jajaran item dalam setiap grup dan bagaimana melakukan pengelolaan yang baik pada setiap grup.

Untuk kredit/ sewa, berapa porsi kredit/ sewa yang harus terwakili dalam penghasilan bersih Anda? Idealnya adalah tidak melebihi 25% dari penghasilan bersih Anda. Jika memungkinkan, pertahankan di angka 20%.

Untuk pengeluaran perkakas kebutuhan rumah tangga, Apakah Anda menggunakan barang yang menggunakan listrik seperti lemari es dan mesin cuci? Apakah Anda mematikan TV, computer, AC, dan yang lainnya saat tidak sedang digunakan? (Matikan barang-barang elektronik langsung dengan mencabut kabel stop kontaknya. Mematikan barang-barang eletronik sementara kabel masih tercolok itu berarti barang elektronik tersebut masih dalam keadaan stand by dan menguras listrik). Berapa banyak Anda memangkas tagihan air Anda dengan menghemat air bilasan untuk mencuci garasi mobil Anda?

Untuk transportasi, pengeluaran ini idealnya tidak melebihi dari 8 – 10 persen dari penghasilan bersih Anda.

Kini Anda telah memiliki gambaran penanganan keuangan yang lebih baik dengan  menjalani cara menggunakan uang hasil kerja keras Anda. Ini merupakan sebuah permulaan untuk memahami saat Anda menggunakan uang sesuai atau melebihi anggaran, dan mengambil tindakan untuk mengatasi kelebihan pengeluaran. Seperti penghasilan yang terdiri dari pendapatan tetap (gaji), pendapatan variabel/ tidak tetap (bonus) atau pendapatan bebas (hadiah atau warisan), maka pengeluaran juga terbagi dalam tiga kategori tersebut. Anda akan mampu mengontrol pengeluaran bebas dengan lebih mudah dan menurunkan pengeluaran variabel (tidak tetap). 

Pengeluaran Tetap

 

1.0 Pengeluaran rumah tangga

 

1.1 Kredit/Sewa

 

1.2 Biaya perlindungan alam

 

1.3 Asuransi rumah/ kredit

 

2.0 Pengeluaran Transportasi

 

2.1 Kredit kendaraan

 

2.3 Asuransi & pajak jalan raya

 

 

 

3.0 Pendidikan/ Anak-anak

 

3.1 Biaya Sekolah/ Kursus

 

3.2 Biaya Les/ Bimbingan Belajar

 

3.3 Ongkos transportasi

 

3.4 Biaya perawatan/ kesehatan anak

 

 

 

4.0 Pengeluaran Pribadi

 

4.1 Asuransi

 

Pengeluaran Tidak Tetap

 

1.0 Pengeluaran rumah tangga

 

1.1 Internet/TV Kabel

 

1.2 Jasa (Listrik, Gas, Air, dsb)

 

2.0 Pengeluaran transportasi

 

2.1 Kendaraan umum

 

2.2 Bensin

 

2.3 Perawatan kendaraan

 

3.0 Makanan/ bahan makanan

 

4.0 Pakaian/ laundry – dry cleaning

 

Pengeluaran Bebas

 

Makan di luar

 

Hiburan

 

Liburan

 

Susun daftar anggaran Anda sendiri dan pegang kendali dalam menggunakan uang Anda dan di bagian mana Anda ingin mengendalikan pengeluaran Anda.

Bagikan tulisan



Translation

BACAAN LAIN

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×