4 Biaya yang Perlu Dipersiapkan untuk Naik Haji


Haji merupakan kulminasi dari segala kewajiban dan aspirasi umat Islam. Nilai pahala yang besar membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menunaikan ibadah haji setiap tahunnya. Meski begitu, untuk bisa berangkat haji tidaklah semudah itu. Selain perlu persiapan mental dan fisik, Anda juga harus menyiapkan anggaran dana yang tidak sedikit. Berikut ini beberapa biaya yang harus dipersiapkan jika ingin menunaikan ibadah haji.

1. Biaya Paket Perjalanan

Besarnya ongkos naik haji tergantung pada paket haji yang dipilih. Di Indonesia, ada 2 jenis paket haji,  yaitu haji reguler dengan biaya mulai dari Rp 34 juta hingga Rp 39 juta --tergantung embarkasi keberangkatan-- serta haji plus dengan biaya mulai dari Rp 75 juta hingga  Rp 95 juta --tergantung lama calon jamaah berada di Tanah Suci. 

Perbedaan harga antara haji reguler dan haji plus disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Waktu tunggu keberangkatan. Jamaah haji reguler berada dalam daftar antrian keberangkatan selama 4-10 tahun sedangkan untuk jamaah haji plus hanya perlu menunggu maksimal 3 tahun. 
  • Lama berada di Tanah Suci. Jamaah haji reguler berada di Tanah Suci selama 40 hari, sedangkan jamaah haji plus berkisar antara 19-26 hari.
  • Konsumsi. Jamaah haji reguler harus mengurus konsumsinya sendiri saat berada di Mekkah –sekitar 30 hari, sementara jamaah haji plus tidak perlu lagi memikirkan tentang konsumsi karena telah sepenuhnya diurus oleh pihak penyelenggara.
  • Lokasi penginapan. Jamaah haji reguler akan tinggal di penginapan yang berada sekitar 2-4 km dari Masjidil Haram, masjid terbesar di dunia yang dibangun mengelilingi Ka’bah. Perjalanan menuju lokasi ibadah dapat dilakukan menggunakan kendaraan yang disediakan oleh pemerintah Saudi Arabia atau naik transportasi umum. Sementara itu, jamaah haji plus akan menempati penginapan yang berada dekat dengan lokasi ibadah, sehingga perjalanan dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki.

2. Biaya Syukuran 

Jika Anda berencana merayakan syukuran haji, baik sebelum berangkat maupun setelah pulang, maka sebaiknya hitung dulu jumlah tamu yang akan diundang. Hal ini agar Anda tahu pasti berapa dana  yang harus disiapkan untuk makanan dan minuman yang akan disajikan dan dibawa pulang.  Jika Anda mengundang lebih dari 100 orang, maka lebih ekonomis untuk menyajikan makanan secara prasmanan.

3. Nafkah dan Dana Darurat untuk Keluarga di Tanah Air

Meski Anda berada di Tanah Suci selama 40 hari, keluarga Anda di Indonesia tetap menjalani kehidupan mereka seperti biasa. Seandainya Anda adalah pencari nafkah dalam keluarga, siapkan anggaran untuk biaya hidup rumah tangga. Setidaknya Anda menyiapkan sebesar dua bulan pengeluaran atau lebih –tentunya di luar dana darurat sebesar enam bulan biaya hidup.  

4. Biaya Oleh-oleh

Jika Anda berencana untuk memberikan oleh-oleh kepada banyak orang, maka Anda bisa memilih barang-barang yang relatif lebih murah, misalnya tasbih, peci, parfum, aksesoris wanita, serta siwak. Harga yang ditawarkan beragam mulai Rp 3000-Rp 15.000 per buah. Belilah lebih dari satu barang di satu toko agar Anda dapat menawar dan mendapatkan harga diskon.

Jangan berkecil hati jika Anda belum mampu naik haji dalam waktu dekat. Yang terpenting adalah melakukan persiapan matang, termasuk menyisihkan dana di tabungan terpisah, agar Anda tidak sampai memaksakan diri. 

Biaya persiapan sebelum keberangkatan* Biaya paket perjalanan dan saat di Tanah Suci* Biaya lain-lain* Jumlah*
Pemeriksaan kesehatan dan pemberian vaksin Rp 600.000
Pembuatan paspor Rp 225.000
Airport tax dan handling Rp 750.000
Haji reguler Rp 34.000.000
Konsumsi (dengan asumsi 40 hari x makan 3 kali sehari @Rp 50.000) Rp 6.000.000
Transportasi (dengan asumsi 40 hari x 2 kali perjalanan @Rp 15.000) Rp 1.200.000
Biaya kursi roda (jika diperlukan) Rp 1.100.000
Syukuran sebelum keberangkatan (dengan asumsi undangan 100 orang x @Rp 30.000) Rp 3.000.000
Syukuran setelah kedatangan (dengan asumsi undangan 100 orang x @Rp 30.000) Rp 3.000.000
Oleh-oleh (dengan asumsi 50x Rp 20.000) Rp 1.000.000
TOTAL Rp 50.905.000
    

 

*Ini adalah perkiraan kasar yang dibuat LiveOlive berdasarkan wawancara dengan beberapa orang yang sudah menunaikan ibadah haji. Silakan hubungi agen travel untuk memperoleh keterangan yang lebih akurat.

 

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×