Saya Ingin Membeli Motor






Saya baru saja diterima kerja di sebuah perusahaan dan ditempatkan di posisi dengan karier yang cukup menjanjikan. Masalahnya kini saya harus sering bertemu orang dan pergi ke banyak tempat. Saya berpikir untuk membeli sebuah sepeda motor yang dapat memudahkan mobilitas saya.  



1. Bagaimana Anda akan membelinya?
A. Saya akan mengambil cicilan beberapa tahun   
B. Saya akan mengambil dari dana darurat 
C. Saya akan membelinya secara tunai dengan dana liburan

2. Apakah Anda memiliki utang? 
A. Ya --misalnya utang kartu kredit   
B. Utang saya akan lunas dalam 1-2 bulan 
C. Tidak

3. Apakah Anda pernah terlibat kecelakaan kendaraan bermotor?   
A. Ya, beberapa kali
B. Pernah terserempet
C. Tidak pernah

Jika Nilai Anda Kurang dari 50:

Transportasi memang merupakan hal yang sangat penting demi kelangsungan aktivitas kita. Masalahnya Anda belum berpikir untuk mengumpulkan dana darurat hingga kini, namun berencana membeli sepeda motor melalui program cicilan. Pembelian kendaraan bermotor bukanlah sebuah investasi, karena nilainya semakin turun semakin sering terpakai. Oleh karena itu, jangan memaksakan diri jika Anda belum mampu membelinya saat ini. Coba sisihkan 10%-20% penghasilan Anda tiap bulan untuk mengumpulkan dananya.

Jika Nilai Anda 50-80:

Mungkin dalam beberapa bulan lagi Anda akan tidak punya utang lagi atau akan memiliki dana darurat yang cukup. Namun, Anda akan memulai utang baru saat membeli motor tersebut. Jika dana Anda baru separuh, coba pertimbangkan untuk membelinya tahun depan atau mencari motor bekas yang masih relatif baru --dengan masa STNK yang masih berlaku. 

Jika Nilai Anda Lebih dari 80:

Anda tidak punya utang dan dengan keadaan kota yang penuh sesak ini Anda merasa akan menghemat banyak waktu jika mengendarai motor. Jika Anda yakin akan kemampuan Anda bersepeda motor keliling kota, maka ide untuk membeli motor tentu akan menghemat biaya transportasi hingga 50% lebih murah dibandingkan jika Anda naik kendaraan umum atau ojek. Selalu utamakan kenyamanan dan keamanan pribadi, serta hitung biaya pemeliharaan saat Anda memutuskan untuk melakukan pembelian besar.

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×