Kami Ingin Memasukkan Anak ke Prasekolah






Saya dan suami berencana untuk mendaftarkan anak kami satu-satunya ke sebuah prasekolah terkenal yang lokasinya dekat dengan kantor saya. Berhubung kami berdua bekerja, kami bisa sedikit lebih tenang mengetahui si kecil belajar dan bermain bersama teman-teman seusianya dalam pengawasan yang baik. Kami mungkin harus mengurangi biaya belanja kami karena sekolah ini cukup mahal dan kami belum mempersiapkan dana pendidikan.

1. Apakah Anda masih memiliki utang?
A. Ya, utang kartu kredit dan cicilan rumah
B. Kami sedang melunasi cicilan rumah
C. Tidak, kami berusaha tak berutang

2. Apa pendapat anak Anda tentang sekolah?
A. Dia lebih suka bermain di rumah 
B. Dia senang bertemu dengan anak seusianya
C. Dia tidak sabar untuk memakai seragam sekolahnya

3. Apa harapan Anda dari aktivitas prasekolah?
A. Anak saya akan berada dalam pengawasan intensif
B. Anak saya bisa masuk SD lebih cepat dari anak lain
C. Anak saya bisa mengembangkan kemampuan bersosialisasi

Jika Nilai Anda Kurang dari 50:

Anda masih punya waktu 1-2 tahun untuk memasukkan anak Anda ke sekolah. Meski banyak orang tua kini memasukkan anak mereka ke sekolah sedini mungkin, bukan berarti Anda harus mengikutinya. Jangka waktu tersebut seharusnya cukup untuk melunasi utang kartu kredit, sekaligus untuk mempersiapkan anak Anda sebelum ia sepenuhnya dilepas ke "dunia" luar. Selain itu, coba lihat reaksi anak Anda tentang pergi ke sekolah; apakah ia terlihat takut atau penasaran ingin mencobanya. Banyak prasekolah yang menawarkan jadwal bervariasi, sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kesiapan anak Anda untuk menyerap informasi.       

Jika Nilai Anda Antara 50 & 80:

Berhubung biaya prasekolah ini cukup memengaruhi anggaran belanja Anda, ada baiknya pertimbangkan segala faktor sebelum memilih institusi yang tepat. Cari tahu dari keluarga dan kenalan Anda mengenai manfaat serta fasilitas yang tersedia di berbagai prasekolah. Seandainya Anda memang merasa anak Anda siap, cobalah mendampinginya di hari pertama untuk melihat apakah lingkungan tersebut mendukung perkembangan mental dan motoriknya. Pastikan sekolah bukan sekedar menjadi tempat penitipan atau menghabiskan waktu. 

Jika Nilai Anda Lebih dari 80:

Saat Anda menjelaskan tentang sekolah kepada anak Anda, ia nampak bersemangat dan tidak sabar ingin bertemu teman-teman baru seusianya. Ini tanda yang bagus bahwa ia siap untuk bersosialisasi di lingkungan luar. Keputusan Anda untuk memilih prasekolah yang dekat dengan kantor Anda nampaknya tepat, sehingga Anda pun bisa menghampirinya dalam keadaan darurat. Komunikasikan dengan calon guru anak Anda tentang karakter anak Anak, sehingga guru tersebut punya lebih banyak petunjuk tentang dia dan lebih memerhatikannya.


 

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×