Hidup Senang Selepas Masa Kerja, Bisa Nggak Sih?


Terlepas dari berapa usia Anda sekarang, coba jawab pertanyaan ini: "Seandainya setiap hari adalah hari Sabtu, apa yang akan saya lakukan?" Tentu jawabannya tergantung dari jumlah dana yang telah Anda tabung dan investasikan, berikut taraf gaya hidup yang bisa dibiayai dengan jumlah tersebut.

Pensiun bukanlah sesuatu yang biasa kita pikirkan pada usia 25 atau 35. Kita cenderung berasumsi bahwa masa itu masih jauh, tidak membutuhkan banyak biaya, atau bahwa itu akan ditanggung oleh anak-anak kelak. Pada kenyataannya, tidak ada kepastian apakah keturunan Anda --yang sudah Anda miliki atau dalam imajinasi Anda-- di masa depan akan mampu menanggung hidup Anda. Lebih dari itu, banyak orang di usia 55 tahun masih sehat, aktif, dan akan melanjutkan hidup puluhan tahun lagi. Jika Anda tidak mempunyai cukup biaya untuk mendukung aktivitas Anda, bisa jadi Anda akan lebih cepat menua, sedih dan mudah sakit.

Pensiun, atau hidup tanpa pekerjaan, membutuhkan uang tak sedikit. Anggaplah cicilan rumah dan mobil Anda sudah lunas, anak-anak Anda kelak sudah mandiri dan Anda sudah tidak punya utang. Anda masih perlu memberi makan rumah tangga sebanyak 2-3 orang, mungkin mempekerjakan PRT, mungkin punya hobi --sesekali makan di luar, nonton di bioskop, dan berlibur.

Coba lihat gaya hidup Anda sekarang, kemudian bayangkan ekspektasi Anda saat pensiun nanti. Bila Anda sudah puas dengan taraf kehidupan Anda sekarang, maka hitung saja pos-pos pengeluaran tersebut sebanyak tahun yang berlalu hingga Anda mencapai usia pensiun yang Anda inginkan --tentu saja dengan memperkirakan kenaikan karena inflasi tahunan.

Berikut adalah ilustrasi pengeluaran Anda, dengan catatan bahwa Anda tidak punya masalah kesehatan yang serius dan punya asuransi yang memadai:

Biaya hidup Anda SEKARANG Gaya Hidup Sederhana Gaya Hidup Nyaman Gaya Hidup Mewah
Belanja bulanan (2-3 orang) Rp 1,6 juta (Rp 400 ribu /minggu) Rp 3 juta (Rp 750 ribu /minggu) Rp 6 juta (Rp 1,5 juta /minggu)
Transportasi Tanpa mobil atau sopir/ naik kendaraan umum Mobil tanpa sopir Mobil + sopir
Asisten rumah tangga Tidak ada Satu asisten tinggal di rumah Dua asisten tinggal di rumah
Rekreasi (belanja/ jalan-jalan) Rp 500 ribu /minggu Rp 1 juta/minggu Rp 2 juta/minggu
Liburan tahunan Liburan domestik Rp 5 juta Seputar Asia Rp 10 juta Keliling Asia atau benua lain Rp 20 juta
    

 

Katakanlah inflasi sekitar 3,5% per tahun, Anda ingin berhenti kerja atau pensiun 25 tahun dari sekarang dan masih akan hidup 25 tahun setelah masa itu. Menurut perhitungan LiveOlive, Anda akan membutuhkan sejumlah berikut saat masa pensiun tiba:  

Biaya hidup Anda SETELAH PENSIUN Gaya Hidup Sederhana Gaya Hidup Nyaman Gaya Hidup Mewah
Jumlah yang dibutuhkan (setelah disesuaikan inflasi) Rp 2,7 miliar Rp 6,2 miliar Rp 13,8 miliar

Apakah menurut Anda ini dapat tercapai? Nantikan tulisan berikutnya yang akan membahas kiat-kiat untuk " Mencapai 3 Miliar". Dengan perhitungan yang matang, siapapun --baik wiraswasta ataupun karyawan-- bisa merencanakan hari tua yang layak.

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×