Berapa Nilai Seorang Sarjana Baru?


Sejujurnya, semuanya terserah anda. Apakah anda pikir anda cukup baik? Apakah anda memiliki nilai tambahan yang dicari oleh perusahaan?

Berikut ini adalah 5 saran untuk membantu anda bernilai tambah:

Curriculum Vitae

CV anda menjelaskan tentang pendidikan, pencapaian, pengalaman dan keistimewaan anda. Jadi, jika anda menghabiskan waktu anda tidak mempelajari apa – apa, tidak mencapai apa – apa, dan tidak punya pengalaman apa – apa maka anda termasuk gagal. Kesan baik itu penting!

Peringatan: Sangat penting untuk membuat CV yang sesuai dengan standard dan terlihat professional. Kebanyakan perusahaan melihat dari CV anda terlebih dahulu sebelum mewawancarai anda. Jika anda tidak tahu bagaimana menulis CV yang baik, cek di Google.

Nilai Tambah

Nilai tambah seseorang tidak terbatas dari pencapaian pendidikan anda; bahkan kepercayaan diri dan jaringan kenalan anda juga bisa menjadi nilai tambah… Jadi apa nilai tambah anda?

Peringatan: Jangan arogan dengan nilai tambah anda. Hanya karena anda memiliki sesuatu yang belum tentu orang lain miliki, tidak memberikan hak kepada anda untuk menjadi sombong. Dan juga, jika anda merasa tidak memiliki nilai tambah apapun, itu tidak benar! Gali terus diri anda!

Optimis

Hanya karena anda seorang yang baru lulus sarjana bukan berarti anda bodoh. Perusahaan – perusahaan mungkin bisa saja memperlakukan anda seperti anak kecil, namun, namun anda perlu berbangga hati karena anda adalah generasi yang akan mengambil alih perusahaan itu nantinya. Jika anda malah bertingkah seperti anak kecil, mereka akan tambah memperlakukan anda seperti anak kecil. Oleh karena itu anda perlu tetap optimis dan membuktikan kepada mereka bahwa anda bisa dan layak.

Peringatan: Buktikan dengan bekerja keras dan melakukan sedikit kesalahan saja.

Komitmen dan Konsisten

Berkomitmenlah dan Konsistenlah. Ketika anda menjadi dua hal tersebut, anda tidak akan gagal. Memang hal ini sulit dilakukan, tapi hal ini akan menunjukkan kepada dunia seperti apakah anda, focus dan pekerja keras.

Peringatan: Komitmen tidak sama dengan terobsesi.

"Stay hungry, stay foolish

Seperti almarhum Steve Jobs berkata, “Stay hungry, stay foolish” (Tetaplah merasa lapar, tetaplah merasa bodoh”). Ini adalah kutipan yang sempurna untuk seorang lulusan baru.

Tetaplah merasa lapar akan pengetahuan, tidak mudah merasa puas dengan apa yang anda ketahui sekarang, melainkan terus memburu hal – hal baru yang anda belum ketahui. Ambil resiko karena anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi jika anda tidak pernah mencoba.

Peringatan: Kutipan diatas adalah mencakup hal yang positif!

Pilih klien yang ingin dikirimi artikel:

Select all
Nama Email

Saat ini Anda belum memiliki klien

×
×
×
×